Home Ford Tips Beli Ford Everest Bekas, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Tips Beli Ford Everest Bekas, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

0 1325

Mobil SUV Ford  Everest Bekas, Saat ini keberadaan Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia sedang naik daun. Banyak masyarakat yang beralih dari model Multi Purpose Vehicle (MPV) ke SUV. Segmen SUV di Tanah Air kini mulai diisi oleh beragam model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Pasar SUV memang didominasi oleh merek Jepang. Namun jika Anda bosan dengan SUV buatan Negeri Samurai, masih ada pilihan alternatif. Ford Everest adalah salah satunya. Mobil buatan produsen otomotif asal Amerika Serikat ini juga memiliki banyak penggemar.

Anda juga bisa memilih Ford Everest bekas jika sedang berhemat. Berstatus sebagai mobil bekas, tentu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Dilansir Okezone, Antonius Pribadi, pemilik bengkel di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten memiliki beberapa tips membeli Ford Everest dalam kondisi bekas. Berikut akan diulas satu per satu.

Cek Mesin

Untuk sektor ini, periksa history dengan meminta bantuan ke bengkel resmi atau bengkel rekanan lainnya. Jangan lupa cek komponen apa saja yang sudah pernah diganti sesuai dengan angka kilometernya. Cek angka kilometer apakah sesuai dengan aslinya atau tidak. Di samping itu periksa pula apakah odometer pernah dimundurkan.

Penggunaan kilometer tinggi dapat Anda ketahui dari kondisi setir yang lapisannya mulai terkelupas. Di samping itu Anda juga dapat memperhatikannya melalui tuas transmisi apakah sudah botak atau belum, kondisi pedal gas dan kopling. Sistem pengereman juga tidak boleh luput dari pemeriksaan. Cek apakah peranti penghenti laju kendaraan tersebut sudah aus atau belum.

Pengecekan berikutnya adalah dipstick oil. Caranya adalah dengan mencabut dan lap menggunakan kertas tisu. Perhatikan apa ada bekas garam atau tidak. Bila anda menjumpai garam, maka lebih baik batalkan keinginan Anda untuk membeli mobil bekas tersebut.

Jika masih awam dalam dunia otomotif, mintalah bantuan mekanik yang mengerti seutar mobil untuk mendengarkan suara mesin. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah mesin masih normal atau tidak.

Periksa Bodi, Sasis dan Kaki-kaki

Ford Everest Bekas Indonesia 2

Pintu bagasi Ford Everest terdapat tanda berupa stiker bulat transparan. Stiker ini akan hilang jika pemilik sebelumnya pernah melakukan perbaikan.

Selain itu lihat apakah ada karat pada sambungan bodi mobil. Mobil yang sering dipakai di pertambangan umumnya memiliki banyak karat dan sisa lumpur kerng di bagian kolong.

Jika di sisi interior Anda mencium aroma yang terlalu wangi, Anda patut curiga. Bisa jadi hal tersebut menjadi trik penjual untuk menyamarkan mobil bekas banjir agar terkesan masih bagus. Di samping itu, pria yang memiliki sapaan akrab Anton itu menganjurkan para pembeli untuk melakukan tes jalan bersama mekanik.

“Rasakan performanya, masih normal atau tidak. Suspensinya masih layak atau tidak. Perpindahan gigi transmisi halus atau tidak. Apakah masih dalam batas kewajaran usia. Baca angka kilometer dan kondisi saat pengetesan. Umumnya pemakaian mobil dalam satu tahun itu kurang lebih angka kilomoternya berada di rentang 15.000-20.000 km,” papar Anton yang juga anggota Ford Community Indonesia (FCI).

Langkah akhir yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa identitas For Everest. “Everest keluaran 2010 tipe limited, bedanya pelek berukuran 18 inci, ada tweeter built in di doortrim, CD 6 buah in dash, nomor rangka awalan MNBUS. Kalau non limited MNBLS,” ujarnya.

Sekedar informasi, tahun lalu Ford Motor Indonesia menghadirkan All new Everest. Mobil ini tampil lebih modern dibanding model sebelumnya. Di sisi eksterior terdapat lampu LED DRL. Sedangkan di sisi interior menonjolkan kesan mewah dan nyaman.

Mobil ini dilengkapi dengan sejumlah fitur, di antaranya Curve Control, Blind Spot Information System dengan Cross Traffic Alert, Roll Stability Control, Electronic Stability Program dan Active Park Assist.

Source: tips membeli ford everest bekas, ford everest bekas tambang, tips membeli ford everest, cara memilih mobkas ford everest, cara miluh mobil bekas rengger, memilih everest second, mobil bekas tambang 2016, modif ford everest, tips membeli mobil bekas ford, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply