Tuesday, April 26th, 2016 - Honda, Motor Sport, Oto Guide
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, Tips Merawat Honda Verza, Lakukan Servis Setiap 4.000 Km.

Cara Merawat Honda Verza, Honda Verza merupakan salah satu motor buatan Honda yang didukung dengan mesin 150 cc SOHC fuel injection. Motor ini memiliki beberapa kelebihan, seperti hemat bahan bakar, kaki-kaki dual shock di bagian belakang yang ampuh untuk membawa beban berat dan harga yang cukup terjangkau.

Namun seiring pemakaian, Honda Verza juga membutuhkan perawatan, sama seperti motor pada umumnya. Hal tersebut perlu agar motor selalu dalam kondisi prima. Pemilik disarankan untuk melakukan servis motor setiap kelipatan 4.000 km.

“Dari pabrikan direkomendasikan tiap 4.000 km. Tapi lebih cepat lebih baik. Untuk pemakaian sehari-hari yang menempuh rute cukup jauh, bisa servis dan ganti oli tiap kelipatan 3.000 km,” kata Titut Winarto, kepala Mekanik AHASS yang bertempat di Kalimalang, Jakarta Timur, sebagaimana dilansir Otomotifnet.

Untuk olinya cukup 1 liter saja, pilihannya adaah AHM Oil MPX-1 dan SPX-1. “Bedanya, SPX1 sudah full syntectic, oli ini viskositasnya lebih stabil di suhu tinggi dan rendah, sehingga penguapan oli jadi lebih rendah. Juga mampu mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin,” terang Titut.

Berikutnya adalah pemeriksaan celah klep. Langkah pertamanya adalah dengan membuka cover kepala silinder. Bila telah melewati batas toleransi maka harus diatur kembali dengan jarak 0,08 mm untuk in dan 0,12 untuk ex. Busi Honda Verza berkode NGK CPR9EA-9 juga perlu diperiksa secara berkala. “Gap businya berada pada jarak 0,8 – 0,9 mm dan jangan lupa untuk menggantinya tiap kelipatan 8.000 km,” katanya.

Honda Verza 2016 Indonesia 2

Perlu diingat, bensin yang memiliki kualitas buruk atau tidak sesuai dengan anjuran dapat membuat performa Honda Verza menurun dan pompa bensin mampat. Endapan di dasar tangki bahan bakar menjadi penyebab mengapa pompa bensin tersumbat. Oleh karenanya dianjurkan untuk menguras tangki setiap kelipatan 10.000 km. Hal tersebut juga berguna untuk mencegah adanya air yang tercampur dalam bensin.

Berikutnya adalah bagian filter udara. Honda Verza menggunakan filter udara tipe kertas dengan pori-pori rapat dan dilapisi cairan khusus yang disebut viskos. Filter tersebut sangat efektif untuk menangkap debu halus dari udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Hanya saja filter udara ini tidak dapat dibersihkan. Jika disemprot dengan menggunakan kompresor justru akan merusak cairan viskosnya.

“Paling hanya dipukul ke lantai untuk merontokkan debu yang menempel. Jika sudah terlalu kotor langsung ganti, lakukan tiap kelipatan 16.000 km atau bisa lebih cepat jika sering melewati kondisi jalan yang berdebu,” kata Fendi Ismawan, salah satu mekanik AHASS Kalimalang.

Jika Anda adalah pemilik yang sering menggunakan motor untuk membawa beban berlebih, ada baiknya untuk rutin memeriksa kondisi suspensi belakang, kopling dan gir set. “Yang sering membawa beban berat akan membuat gir set cepat kendor jadi harus lebih sering disetel dan dilumasi,” ujar Titut.

Setel dan atur jarak bebas 25 mm. Apabila sudah aus, alangkah baiknya untuk menggantinya satu set. Cara ini dilakukan tentu ada maksud tertentu. Penggantian komponen satu-satu justru akan mempercepat keausan komponen yang baru. Hal tersebut tentu merugikan pemilik. Satu set gir depan dan belakang ditambah rantai dijual seharga Rp 247 ribu.

“Selain itu kampas kopling juga akan lebih cepat aus karena sering selip kopling demi mencapai torsi dalam membawa beban berat. Wajib dicek juga,” pungkas Titut.

Dengan rutin melakukan servis motor, Honda Verza akan selalu dalam kondisi baik dan memiliki performa yang optimal.

Biaya servis dan harga komponen Honda Verza:

  • Servis lengkap: Rp 105.000
  • Kuras tangki: Rp 50.000
  • Busi: Rp 17.5000
  • Kampas rem depan: Rp 45.500
  • Kampas rem belakang: Rp 57.000
  • Gir set: Rp 247.000
  • Oli SPX1: Rp 52.000
  • Oli MPX1: Rp 44.5000
  • Filter udara: Rp 49.500
  • Sok belakang: Rp 260.000 / piece

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×