Home Auto News Suzuki S-Cross 2016 Indonesia Andalkan Mesin Bensin Ertiga?

Suzuki S-Cross 2016 Indonesia Andalkan Mesin Bensin Ertiga?

0 1315

SUV Suzuki S-Cross Indonesia 2016, Tampaknya di tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah fokus untuk meningkatkan image mobil penumpang, khususnya mobil dengan dimensi kompak. Bahkan untuk mengikuti tren pasar yang bergeser ke segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Suzuki juga akan mengandalkan mobil kompak untuk terjun di sana.

Seperti yang diketahui, SUV kompak yang dimaksud adalah Suzuki S-Cross. Mobil baru ini merupakan penerus Suzuki SX4. S-Cross sudah memulai debutnya di India, dan sukses mendapat respon positif dari masyarakat. Melihat keberhasilannya di Negeri Bollywood, SIS juga tertarik untuk memasarkan Suzuki S-Cross di Indonesia. Belum lagi segmen SUV di Tanah Air yang memang menggiurkan bagi Agen Pemegang Merek (APM). Lantas sejauh apa persiapan Suzuki Indonesia?

“Ini kita sedang siap-siapin semuanya. Sebentar lagi kok hadir, sebelum lebaran lah,” kata seorang sumber, dilansir Otomotifnet.

Suzuki S-Cross untuk pasar India dijual dalam dua pilihan mesin diesel dan 7 varian tipe. Untuk masalah harga, SUV ini dibanderol dengan harga mulai Rp 176 jutaan untuk varian terendah. Jika dipasarkan di Indonesia ataupun dirakit secara lokal, harga Suzuki S-Cross kemungkinan bisa menembus Rp 200 juta hingga Rp 250 jutaan.

Untuk tipe standar, Suzuki S-Cross hadir dengan dukungan mesin berkapasitas 1.3 liter DDiS 200. Mesin diesel tersebut mampu menghembuskan daya hingga 89 dk dengan torsi maksimum 200 Nm. Mesin 1.3 liter itu dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan. Menurut hasil pengujian yang dilakukan lembaga pengujian bahan bakar di India, ARAI, konsumsi bahan bakar mesin ini dapat mencapai 23,65 km/liter.

Suzuki S-Cross 2016 Indonesia 2

Jika ingin lebih bertenaga, konsumen bisa memilih mesin diesel satunya yang memiliki kapasitas sebesar 1.6 liter DDiS 320. Menariknya dapur pacu tersebut disandingkan dengan teknologi variable geometry turbocharger. Teknologi ini juga diterapkan pada Toyota Fortuner VNT dan Mitsubishi Strada Triton VGT.

Alhasil tenaga yang dapat ditorehkan mesin tersebut mencapai 120 dk dengan torsi sebesar 320 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya mencapai 22,7 km/liter.

Di India, Suzuki S-Cross mengusung fitur rem ABS untuk semua roda dan dual airbag yang menjadi kelengkapan standar. Suzuki juga menghadirkan fitur Electric folding ORVMs, AC otomatis dan sandaran tangan di kursi belakang.

Masih ada fitur lain seperti cruise control, sistem smartplay infotainment, sensor hujan pada wiper, parcel tray, tombol start/stop, projector headlamp otomatis dan pelek dengan ukuran 16 inci.

Lantas bagaimana dengan Suzuki S-Cross untuk pasar Indonesia?

Sang sumber menerangkan, S-Cross untuk Tanah Air akan sedikit konvensional, tidak seperti yang dipasarkan di India. SIS nantinya tidak akan menjual versi mesin dieselnya dan diganti dengan mesin bensin.

“Kemungkinan terbesar pakai mesin Ertiga, K14B 1.400cc. Tapi masih kita pelajari semua kemungkinannya,” ujar sumber yang tidak ingin namanya terkenal itu.

Sebagai informasi, mesin K14B yang dibenamkan pada New Suzuki Ertiga sudah mendapat ubahan. Hal ini membuat efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik. Hanya saja konsekuensinya tenaga mesin tersebut turun. Jika model sebelumnya memiliki tenaga sebesar 95 dk, kini turun menjadi 92 dk. Kendati demikian Suzuki mengklaim distribusi tenaganya lebih memuaskan.

Mesin tersebut juga mendapat sentuhan ubahan pada kompresi ruang bakarnya. Kompresi bahan bakar dibuat lebih tinggi. Di samping itu cover mesinnya dibuat dari bahan resin yang lebih ringan. Sistem pendingin mesin New Ertiga juga disempurnakan. Water jacket dibuat lebih besar, dimana spacer-nya dibuat secara khusus agar liquid cooling lebih cepat mengalir ke setiap silinder.

Source: suzuki S CROSS atau ertiga, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply