Home Mobil Teknik Engine Brake pada Mobil, Bagaimana Caranya?

Teknik Engine Brake pada Mobil, Bagaimana Caranya?

0 1215

Engine Brake pada Mobil, Untuk menurunkan laju kendaraan, pengemudi biasanya mengandalkan pedal rem. Namun ada cara lain yang dapat dilakukan, yakni dengan optimalisasi teknik engine brake. Umumnya pengemudi melakukan hal tersebut untuk meringankan kerja dari sistem pengereman.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor mengungkapkan, engine brake merupakan salah satu teknik untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Untuk melakukannya, pengemudi harus mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi rendah, semisal dari empat ke tiga, tanpa kembali di gas.

“Engine brake ialah pengereman laju kendaraan, yang terjadi akibat hambatan putaran yang terjadi pada mesin. Walaupun tidak menurunkan posisi transmisi, dengan mengendurkan gas dan terasa mobil sudah tertahan, itu juga bisa disebut engine brake. Namun, kondisi ini akan terasa pada posisi transmisi 1 sampai  3,” papar Iwan, dikutip dari laman KompasOtomotif.

Ia menambahkan, di samping menurunkan gigi transmisi 1 atau 2 tingkat tanpa di gas, hambatan pada mesin mobil yang menyebabkan adanya efek engine brake terjadi karena asupan bensin yang dihentikan. Hal ini membuat mesin tertahan oleh gigi transmisi.

“Kedua hambatan pada mesin itu yang nantinya akan berefek pada naiknya RPM mesin, tetapi tidak disertai dengan power atau tenaga,” kata Iwan.

Engine brake, kata Iwan, dapat dilakukan dalam kondisi jalan apapun. Hanya saja teknik tersebut tidak dapat dilakukan saat jalan menanjak. Tetapi, waktu yang tepat untuk melakukan engine brake adalah saat melalui jalan menurun yang panjang ataupun saat kecepatan tinggi di jalan lurus.

“Tetapi, sebagian besar, saran engine brake adalah pada saat melintasi jalan yang menurun,” jelasnya.

Demikian adalah teknik engine brake yang bisa Anda terapkan saat mengemudikan mobil.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply