Home Auto News Suzuki Ertiga 2016 Diesel Segera Meluncur di Indonesia

Suzuki Ertiga 2016 Diesel Segera Meluncur di Indonesia

0 1731

Suzuki Ertiga 2016 Indonesia, Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah berusaha untuk memikat banyak konsumen di Indonesia. Seperti yang diketahui bersama, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Suzuki di Tanah Air itu akan menghadirkan beberapa mobil baru, seperti Suzuki Jimny dan S-Cross.

Rupanya tidak hanya itu saja, Suzuki juga bersiap untuk menghadirkan varian mesin diesel untuk salah satu model andalannya. Hal ini cukup menarik, sebab selama ini Suzuki hanya memasarkan mesin bensin di Indonesia. Lantas model apa yang mendapat pilihan mesin diesel tersebut?

Mobil yang mendapat pilihan mesin diesel itu adalah Suzuki Ertiga. Sebagai informasi, di Negeri Hindustan, India Suzuki tersedia dalam pilihan mesin bensin maupun diesel.

Sebenarnya wacana untuk menghadirkan Suzuki Ertiga diesel sudah ada sejak lama. Hanya saja banyak permasalahan yang harus diatasi SIS agar dapat memasarkan varian tersebut. Salah satunya yang sudah menjadi rahasia umum adalah kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Namun masalah tersebut sepertinya sudah selesai saat Pertamina menghadirkan Dexlite beberapa waktu lalu. Bahan bakar ini menjadi solusi BBM solar yang lebih berkualitas namun dijual dengan harga yang terjangkau.

Dilansir Otomotifnet, salah seorang sumber mengungkapkan bahwa Ertiga diesel akan meluncur di Indonesia. “Ini sejarah baru, Ertiga diesel siap kita jual, mungkin di GIIAS sudah ada,” kata sumber tersebut.

Suzuki New Ertiga 2016 Indonesia 2

Perlu diketahui, kualitas mesin diesel Suzuki, terutama yang sudah dijual di India sudah sangat mumpuni. Mesin tersebut memiliki tenaga dan efisiensi bahan bakar yang baik. Selain itu mesin diesel Suzuki mengusung teknologi DDiS. Alhasil mesin diesel 1.3 liter milik Ertiga mampu menghasilkan tenaga hingga 90 dk.

Walaupun tenaga yang dikeluarkan lebih rendah dari mesin bensin K14B DOHC 4 silinder 1.400 cc, namun torsi yang diraih lebih melimpah dari versi bensin, yakni dapat mencapai 200 Nm. Sehingga Ertiga diesel ini cocok untuk lalu lintas stop and go.

Mesin bensin tipe K14B 1.4 liter VVT yang dibenamkan pada Suzuki New Ertiga dapat menghasilkan tenaga sebesar 92 hp. Sedikit lebih rendah dari model sebelumnya yang mencapai 95 hp. Namun Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar mesin tersebut menjadi lebih hemat. Tidak hanya itu, mesin tersebut juga dapat menyalurkan tenaga yang hampir merata pada setiap putaran.

Di sektor mesin, Suzuki melakukan beberapa revisi. Salah satunya adalah dengan mengubah kompresi ruang bakar menjadi lebih tinggi. Selain itu cover mesin ini dibuat dari bahan resin yang lebih ringan. Sentuhan ubahan juga dilakukan pada squish ruang bakarnya.

Sistem pendingin mesin New Ertiga juga tidak luput dari perubahan. Water jacket dibuat lebih besar, di mana spacer-nya dibuat secara khusus agar liquid cooling lebih cepat mengalir ke setiap silinder. Selain itu Suzuki juga memperbesar durasi exhaust camp dan diameter klep masuk dan buang, termasuk piston dome. Hal inilah yang membuat efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik.

Di samping ubahan pada sektor dapur pacu, Suzuki New Ertiga juga terlihat lebih segar dengan sentuhan penyegaran di sisi eksterior. Beberapa bagian yang mendapat penyegaran adalah alloy wheel, front/rear grille, front/rear bumper, chrome fog lamp bezel dan chrome back door garnish with lamp back door. MPV pesaing Toyota Avanza ini juga dilengkapi dengan fitur baru, yaitu sensor parkir dan electrically folding mirror.

Suzuki juga menawarkan New Ertiga Dreza dan New Ertiga Dreza GS untuk konsumen yang ingin memiliki mobil dengan tampilan elegan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply