Home Mobil 3 Penyebab Mobil Turun Mesin dan Cara Menghindarinya

3 Penyebab Mobil Turun Mesin dan Cara Menghindarinya

0 2068

Penyebab Mobil Turun Mesin, Hingga saat ini mobil masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Penjualan mobil baru di Tanah Air juga masih tinggi. Namun satu hal yang perlu diingat pemilik mobil, seiring pemakaian mobil juga membutuhkan perawatan. Hal ini harus dilakukan jika sang pemilik tidak ingin mobil kesayangannya mengalami permasalahan.

Ada berbagai masalah yang bisa menimpa mobil, mulai dari yang kecil hingga parah. Mungkin sebagian pemilik mobil, khususnya yang pernah mengalami permasalahan pada bagian mesin pernah mendengar istilah turun mesin. Turun mesin atau disebut juga dengan istilah overhaul adalah pemeriksaan dan perawatan dapur pacu pada mobil secara menyeluruh.

Hal ini dilakukan dengan membongkar mesin mobil untuk dicek dan diukur dengan teliti komponen-komponen yang ada di dalamnya. Apabila terdapat komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak, maka dilakukan penggantian dengan komponen baru. Setelah itu komponen dirakit kembali.

Biaya yang harus dibayarkan pemilik mobil untuk turun mesin tidaklah murah, meliputi biaya jasa dan komponen yang diganti karena rusak. Oleh karenanya, agar pemilik mobil terhindar dari turun mesin, disarankan untuk mengenali gejala-gejala mesin yang abnormal supaya tidak mendadak rusak. Setidaknya ada tiga kondisi penting yang harus dicermati dan diantisipasi pemilik mobil agar tidak sampai mengalami turun mesin.

Penyebab Mobil Turun Mesin 2

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tiga kondisi tersebut, sebagaimana dilansir AstraWorld dan dikutip Viva, Rabu (27/04/2016):

Mesin mati mendadak karena overheating

Ketika mesin mobil mati secara tiba-tiba saat digunakan, hindari untuk langsung menghidupkan mesin kembali. Perhatikan terlebih dahulu jarum penunjuk temperatur mesin. Jika jarum tersebut menunjukkan H (hot), disarankan untuk tidak menghidupkan mesin. Lakukan pemeriksaan sistem pendingin yang meliputi kebocoran air radiator dan kipas pendingin radiator.

Jika pengecekan yang Anda lakukan tidak menemukan penyebab, jangan paksa menghidupkan mesin mobil. Sebab hal tersebut justru membuat mesin kembali overheating. Sebaiknya mintalah bantuan teknisi untuk melakukan perbaikan atau minta bantuan menderek mobil ke bengkel terdekat. Hal ini dilakukan jika mobil tidak dapat diperbaiki di lokasi.

Mesin tetap menyala meski tidak ada pelumas

Ketika mesin mobil tidak terlumasi oli, indikator oli di dasbor akan menyala. Apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya matikan mesin mobil lalu periksalah kapasitas oli melalui tongkat (stick) oli. Tambahkan oli mesin jika kurang atau habis.

Selain itu periksalah kemungkinan adanya kebocoran oli. Jika terdapat kebocoran, segera perbaiki permasalahan tersebut. Selama kebocoran belum ditangani, jangan menyalakan mesin mobil. Di samping itu lakukan pengecekan kuantitasnya. Sirkulasi oli juga perlu dicek untuk memastikan apakah mesin mobil layak untuk dinyalakan. Jangan hidupkan mesin jika tidak ada sirkulasi. Sebab, tidak menutup kemungkinan pompa oli tidak bekerja atau ada saluran oli yang tersumbat.

Mesin kemasukan air (water hammer)

Air dapat masuk ke mesin mobil melalui saluran hisap yang mengambil udara luar ke dalam mesin. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika mobil melintasi jalanan yang tergenang air dengan yang tingginya mencapai ketinggian lubang saluran hisap. Lantaran daya hisap di saluran hisap tersebut tinggi, maka air akan mudah untuk ikut terhisap ke dalam mesin.

Air yang masuk ke dalam mesin akan menekan piston. Hal tersebut dapat menyebabkan pecahnya piston, connecting rod patah, katup bengkok atau bahkan mesin macet total. Agar hal semacam itu tidak terjadi, jangan menghidupkan mesin mobil dan memaksanya untuk melalui genangan jika ketinggian air di sekitar mobil sudah melebihi roda.

Source: overhaul mesin mobil, cara membongkar mesin mobil, cara turun mesin mobil, bagaimana kondisi engine mobil setelah dilakukan overhaul, testimoni setelah mbobil turun mesin, mobil bongkar mesin, membongkar mesin mobil toyota, jechog buat bongkar mesin mobil, foto turun mesin, ciri ciri mobil pernah turun mesin, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply