Home Mobil Mobil Pintu Geser, Ini Cara Merawatnya Agar Panjang Umur

Mobil Pintu Geser, Ini Cara Merawatnya Agar Panjang Umur

0 1593

Tips Perawatan Mobil Pintu Geser, Akhir-akhir ini pasar MPV dengan pintu geser tengah memanas. Pasalnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan mobil baru, yakni Toyota Sienta. Mobil ini akan berhadapan dengan Honda Freed yang juga mengusung pintu geser.

Pintu geser atau sliding door akan memberikan kemudahan kepada penumpang untuk keluar atau masuk kendaraan. Bahkan beberapa mobil ada yang dilengkapi dengan pintu geser otomatis yang mengandalkan motor elektrik.

Sama halnya dengan komponen lain, pintu geser ini juga membutuhkan perawatan. Caranya tidaklah sulit, Anda pemilik mobil pintu geser dapat melakukan perawatan sendiri di rumah.

Dikutip dari Otomania, Arif Dedy, Service Manager Honda Megatama Kalimalang mengatakan, perawatan pintu geser pada kendaraan cukup mudah. Pemilik hanya perlu memberikan cairan penetran secara berkala.

“Biasanya kalau sudah dirasa agak berat diberi cairan penetran ke bagian rel pintu. Bisa juga pakai gemuk namun harus hati-hati menggunakannya, jangan terlalu banyak,” kata Arif.

Ia menambahkan, penggunaan gemuk atau grease dioleskan pada rel bagian bawah dekat pijakan kaki. Akan tetapi perlu diingat, jangan terlalu banyak mengoleskan gemuk. Karena hal itu dapat menyebabkan interior kendaraan kotor karena gemuk terinjak kaki penumpang.

“Kalau kena sepatu dan masuk ke dalam kendaraan akan kotor. Terutama kalau interior kendaraannya berwarna coklat muda. Maka lebih mudah gunakan cairan penetran,” jelas Arif.

Proses perawatan pintu geser dapat dimulai dari membersihkan rel di bagian bodi kendaraan. Gunakan kuas kering dan semprotkan cairan pembersih. Hal ini dilakukan untuk melarutkan kotoran dan sisa gemuk yang sudah kotor. Setelah itu gunakan lap bersih untuk membersihkan bagian tersebut hingga beberapa kali sembari membuka tutup pintu geser. Oleskan cairan penetran atau dengan gemuk tipis untuk melapisi rel bodi kendaraan.

Kemudian bagian berikutnya adalah rel bagian bawah kendaraan. Prosesnya sama saja, tetapi dibersihkan dengan keadaan pintu geser terbuka. Dianjurkan untuk melakukan perawatan tersebut secara rutin agar kondisi pintu terawat baik.

Source: harga mobil pintu geser, Mobil pintu dorong, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply