Home Auto News KTM RC390 2016 Resmi Meluncur, Sudah Berstandar Euro4

KTM RC390 2016 Resmi Meluncur, Sudah Berstandar Euro4

0 1926

KTM RC390 2016, Beberapa waktu lalu KTM di India mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan penyegaran pada salah satu motor sport andalannya, KTM RC390. Kini motor tersebut telah dirilis dengan serangkaian pembaruan.

Hadir sebagai model 2016, KTM RC390 dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 373,2 cc, single cylinder, liquid cooled engine. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 43 hp dengan torsi maksimum mencapai 35 Nm.

Motor sport full fairing itu kini sudah memenuhi standar Euro4. Hal ini diperoleh dari beberapa revisi yang dilakukan di beberapa sektor yang menyangkut efisiensi bahan bakar, performa, keamanan dan kenyamanan.

Di sektor mesin KTM RC390 terbaru dilengkapi dengan perangkat slipper clutch yang bersifat terpisah dari KTM. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa memakai sistem kopling pada model sebelumnya. Teknologi tersebut berfungsi untuk meningkatkan performa motor. Tidak hanya itu, perangkat tersebut juga dapat memaksimalkan traksi roda belakang saat posisi menikung.

KTM juga melakukan penyegaran pada sistem gasnya. Kini motor baru KTM itu mengandalkan ride-by-wire throttle yang diklaim dapat membuat RC390 lebih efisien. Pengaplikasian teknologi tersebut juga diklaim membuat motor ini lebih responsif. Untuk bagian tangki bahan bakar juga mendapat revisi yang bertujuan untuk meminimalisir reaksi penguapan.

Agar performa KTM RC390 lebih maksimal, desain sistem knalpot turut diperbarui. Desain terbarunya tampak lebih ramping dan dapat menekan kadar gas sisa pembakaran. Sistem pengereman depan yang menggunakan disc brake diperbesar diameternya menjadi 320 mm.

KTM RC390 2016 2

KTM juga memperbarui tuas kopling dan rem RC390 2016 dengan model yang dapat disesuaikan jangkauan tuasnya. Spion kanan dan kiri juga hadir baru dengan desain yang lebih sporty. Agar pengalaman berkendara lebih nyaman, desain jok belakang dipertebal sekitar 12 mm.

Sekedar informasi, KTM RC390 juga sudah dipasarkan di Indonesia. Motor sport ini hadir pertama kali pada tahun 2014. PT Moto KTM Indonesia (MKI), agen pemegang merek KTM di Tanah Air mengklaim, meski mesinnya berkonfigurasi satu silinder sederhana, RC390 memiliki torsi yang  melimpah.

“Banyak yang mengasumsikan mesin 1 silinder juga menghasilkan efek getaran besar. Namun, KTM mengadopsi teknologi Moto3 dengan menggunakan kruk-as dengan balanser untuk mengatur dan mengontrol getaran. Hasilnya, banyak yang menyebut RC390 sebagai monster,” kata Alam, Direktur Marketing PT Motor KTM Indonesia saat peluncuran KTM RC390 kala itu.

Motor sport ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam catatan waktu 5,5 detik. Sementara kecepatan puncakya mencapai 171 km/jam.

Mesin RC390 dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas. Contohnya adalah komponen forged piston yang mempunyai karakteristik kuat dan lebih ringan. Piston tersebut dilapisi silinder yang terbuat dari bahan Nikasil. Hal ini memungkinkan pemakaian piston dengan diameter besar namun memiliki kerapatan yang tinggi tanpa menghasilkan panas berlebih.

Walaupun torsinya melimpah, kemampuan KTM RC390 belum dapat menandingi motor sejenis yang mengandalkan mesin dua silinder. Untuk hal ini KTM memiliki jawaban tersendiri. Produsen motor asal Austria ini mengutamakan aspek keamanan dan kecepatan maksimal yang dapat diperoleh di jalan raya.

Oleh karena itu KTM RC390 dilengkapi dengan dua fitur pembatas kecepatan maksimal. Kedua fitur tersebut adalah rpm sensor cut off dan speed limiter cut off. Limiter rpm dibatasi pada 10.500 rpm.

Di samping itu motor ini juga dibekali perangkat pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Fitur ini terdapat di roda depan dan belakang. Dengan demikian pengendara akan merasa lebih aman selama perjalanan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply