Home Motor Ciri Disc Brake Motor Harus Diganti, Perhatikan Agar Aman

Ciri Disc Brake Motor Harus Diganti, Perhatikan Agar Aman

0 1427

Tips Disc Brake Motor, Sistem pengereman merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Selama ini jenis rem yang umum dipakai adalah rem tromol dan cakram. Dengan bentuk dan cara kerja yang berbeda, kedua jenis rem ini juga membutuhkan perawatan yang tak sama.

Untuk rem motor cakram, seiring pemakaian disc brake akan menipis. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara disc brake dengan kampas rem saat sedang menghentikan laju motor.

Dilansir Liputan6, Zainu Furqon, punggawa bengkel yang berlokasi di Mako Brimob Depok mengatakan, disc brake harus diganti jika sudah terkikis 0,5 milimeter.

“Kalau disc brake itu ada yang disebut dengan batas toleransi ketebalan. Kalau ketebalannya sudah berkurang sampai 0,5 mm, itu memang harus diganti. Ini berlaku untuk disc brake asli atau after market,” kata pria yang memiliki sapaan akrab Inul itu.

Lantas apa yang terjadi jika sang pemilik tidak segera mengganti piringan cakram yang menipis?

Inul menerangkan, bila tidak segera tidak diganti akan membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Bahkan lebih parahnya disc brake bisa patah. Hal ini tentu membahayakan keselamatan pengendara motor dan pengguna jalan lain.

“Besar kemungkinan kalau disc sudah tipis, itu bisa patah,” jelasnya.

Inul mengatakan, salah satu konsumennya harus mendapat penanganan medis di bagian tangannya karena hal tersebut. “Padahal itu sudah saya peringatkan empat hari sebelum kejadian,” ucapnya.

Salah satu alasan yang membuat pemilik motor malas untuk mengganti disc brake adalah harganya yang terbilang cukup mahal. “Misalnya Yamaha Mio. Disc brake yang asli harganya bisa sampai Rp 400 ribu. Padahal Jupiter saja aslinya hanya Rp 170an ribu,” papar Inul.

Alhasil, untuk mengakali hal tersebut pemilik motor menggunakan produk after market. Padahal, kata Inul, produk after market memiliki kualitas jauh di bawah yang asli.

Source: Batas ketebalan pad dan disc brake yamaha jupiter, tanda tanda piringan cakram motor harus diganti, tanda piringan rem cakram harus diganti, tanda piringan cakram harus diganti, tanda cakram motor harus diganti, piringan rem mio yang sudah tipis apa perlu diganti, disk brake motor tipis, ciri2 disc brake mobil harus diganti, ciri2 cakram harus diganti, ciri rem disk harus di ganti, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply