Home Auto News Hasil F1 Rusia 2016, Rosberg Menang Lagi Rio Haryanto Tersisih

Hasil F1 Rusia 2016, Rosberg Menang Lagi Rio Haryanto Tersisih

0 1365

Hasil F1 Rusia 2016, Lagi-lagi Nico Rosberg berhasil tampil gemilang di seri F1 Rusia 2016 yang berlangsung Minggu (01/05/2016). Rosberg berhasil meraih kemenangan yang sekaligus menjadi kemenangan keempat beruntun di musim ini. Sejak balap dimulai, rekan satu tim Lewis Hailton ini tak mendapat perlawanan dari rivalnya.

Rosberg menuntaskan balap dengan jarak 25 detik lebih dari Hamilton. Sementara Hamilton menyentuh garis finis di urutan kedua. Pebalap yang mengawali balapan dari posisi ke-10 ini diuntungkan dengan hadirnya safety car di awal balapan.

Sementara pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen berhasil merebut podium ketiga. Kesuksesan ini memberikan keuntungan bagi Ferrari, setelah Sebastian Vettel tersisih di lap pertama lantaran terlibat tabrakan. Keberhasilan Raikkonen tidak lepas dari serangan yang diberikan Valtteri Bottas di paruh pertama balapan.

Sementara Vettel harus menyudahi balap lebih awal lantaran mengalami benturan dengan dua pebalap Red Bull Racing sesaat setelah start. Di tikungan kedua, Vettel diapit Daniel Ricciardo dan Daniel Kvyat disundul oleh Kvyat dari belakang. Beberapa detik kemudian Vettel mendapat tabrakan dari Kvyat di tikungan 3.

Insiden yang terjadi di lap pembuka itu melibatkan beberapa pebalap lain, termasuk Rio Haryanto yang harus gugur setelah bersinggungan dengan Force India. Selain itu ada juga Nico Hulkenberg yang tersingkir di lap 1.

Hamilton yang selamat dari insiden tersebut langsung melesat dan mengambil alih posisi kelima dalam satu lap. Selepas periode safety car, Hamilton secara bertahap sanggup mengasapi Felipe Massa, Raikkonen dan Bottas.

F1 2016 Rusia 2

Sedangkan posisi ketiga Raikkonen yang menjadi podium ke-700 bagi Ferrari di F1 didapat setelah menyusul Bottas di pitstop pertama. Raikkonen sempat mengambil alih posisi yang dipertahankan Bottas setelah start. Akan tetapi posisinya kembali direbut Bottas setelah safety car.

Kemenangan Rosberg semakin memperkuat posisinya di puncak klasemen sementara. Rosberg unggul 42 poin dari rekan satu timnya, Hamilton. Begitu pula dengan Mercedes yang berada di peringkat pertama klasemen konstruktor. Mercedes berada di atas Ferrari dengan 157 poin. Sementara Ferrari memperoleh 76 poin.

Dilansir Dapurpacu, sebagai pemimpin klasemen sementara pebalap saat ini, Rosberg mengungkapkan bahwa dirinya menerapkan pendekatan ‘balapan demi balapan’ untuk merebut gelar juara dunia musim ini. “Ini empat balapan dari 21,” ujarnya.

“Lewis akan kembali. Dia sedang melakukannya dan termotivasi seperti biasa. Ini masih awal, saya melakukannya balapan demi balapan, dan saya hanya ingin mencoba dan memenangkan balapan,” terang Rosberg.

Bila digabungkan dengan balap musim lalu, kemenangan di Rusia ini menjadi yang ketujuh berturut-turut bagi Rosberg. Ia juga memuji kerja keras tim dan Hamilton yang finish kedua setelah start di posisi ke-10.

“Mobil terasa fantastis, baik di kualifikasi dan balapan hari ini. Terasa sangat spesial di sana,” ungkapnya.

“Kerja yang hebat juga dari Lewis naik ke posisi kedua sangat cepat dari posisi ke-10 di grid. Saya selalu mengetahui yang dia lakukan dan saya hanya mencoba membuat jarak sejauh mungkin,” jelas Rosberg.

Hasil balap F1 Rusia 2016:

  1. Nico Rosberg Mercedes    1:32:41.997
  2. Lewis Hamilton Mercedes    +25.022
  3. Kimi Raikkonen Ferrari        +31.998
  4. Valtteri Bottas Williams    +50.217
  5. Felipe Massa Williams    +1:14.427
  6. Fernando Alonso McLaren        +1 Lap
  7. Kevin Magnussen Renault        +1 Lap
  8. Romain Grosjean Haas        +1 Lap
  9. Sergio Perez Force India    +1 Lap
  10. Jenson Button McLaren        +1 Lap
  11. Daniel Ricciardo Red Bull    +1 Lap
  12. Carlos Sainz Toro Rosso    +1 Lap
  13. Jolyon Palmer Renault        +1 Lap
  14. Marcus Ericsson Sauber        +1 Lap
  15. Daniil Kvyat Red Bull    +1 Lap
  16. Felipe Nasr Sauber        +1 Lap
  17. Esteban Gutierrez Haas        +1 Lap
  18. Pascal Wehrlein Manor        +2 Laps
  • Max Verstappen Toro Rosso    DNF
  • Sebastian Vettel Ferrari        Tabrakan
  • Rio Haryanto     Manor        Tabrakan
  • Nico Hulkenberg Force India    Tabrakan

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply