Home Komparasi Perbedaan Headlamp dan Foglamp Mobil, Fungsi Tak Sama

Perbedaan Headlamp dan Foglamp Mobil, Fungsi Tak Sama

0 1886

Perbedaan Headlamp dan Foglamp Mobil, Lampu menjadi salah satu komponen tak terpisahkan pada sebuah kendaraan, baik pada sepeda motor ataupun mobil. Pasalnya lampu memiliki peran penting dalam menerangi jalanan dan membantu penglihatan pengemudi. Terlebih lagi jika berkendara di malam hari, tentu akan berbahaya jika mobil tidak dilengkapi dengan sistem pencahayaan.

Untuk mobil, ada beberapa jenis lampu yang lazim dijumpai. Salah satunya adalah headlamp dan foglamp. Kedua lampu ini memiliki fungsi yang berbeda. Lantas apa perbedaan antara headlamp dan foglamp?

Headlamp adalah lampu utama penerang jalan. Seiring berkembangnya zaman, headlamp terus mengalami kemajuan. Saat ini komponen tersebut telah mengadopsi teknologi mulitreflektor. Teknologi ini membuat lampu utama dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Tidak hanya itu, pada beberapa mobil baru yang dijual di pasaran, headlamp juga mengusung proyektor. Teknologi ini membuat sorotan cahaya tertahan dan tidak menyorot langsung ke jalan. Hal ini tentu memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan lain dari arah berlawanan.

Perbedaan headlamp dan foglamp 2

Selain kehadiran headlamp, penerangan juga dibantu dengan lampu lain, yakni foglamp atau yang juga disebut lampu kabut. Lampu ini umumnya diletakkan di bawah headlamp. Keberadaan foglamp baru populer dalam satu dekade ke belakang.

Awalnya foglamp berfungsi untuk memecah kabut, sebab intensitasnya lebih kuat dari headlamp. Namun, saat ini foglamp juga berfungsi untuk membantu penglihatan pengemudi saat berkendara di jalanan bercuaca eksterm, seperti kabut tebal, hujan deras dan gelap.

Warna foglamp yang paling cocok adalah kuning. Alasannya, kuning merupakan warna yang paling mampu menembus kabut.

Dengan perbedaan fungsi ini, foglamp sebenarnya sangat diperlukan pada jenis mobil tertentu. Contohnya untuk mobil yang memiliki karakter penjelajah seperti Sport Utility Vehicle (SUV).

Demikian adalah ulasan perbedaan headlamp dan foglamp.

Source: perbedaan lampu kabut dan lampu depan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply