Home Auto News Fungsi Tombol Setir F1 yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Fungsi Tombol Setir F1 yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0 2559

Fungsi Tombol Setir F1, Hingga saat ini Formula 1 masih menjadi olahraga motorsport yang digemari banyak orang. Dalam perlombaan bergengsi ini, pembalap tidak hanya dituntut untuk memacu mobil sekencang-kencangnya saja, namun juga harus mengetahui bagaimana performa mobil yang ia gunakan.

Hal ini cukup menarik untuk dibahas. Seperti yang diketahui, mobil F1 memiliki pengaturan-pengaturan tersendiri yang berbeda dari mobil konvensional. Melihat bagian setir kemudinya, terdapat banyak tombol yang menempel. Setiap tombol memiliki fungsinya masing-masing yang harus dipahami oleh pembalap.

Mungkin tidak sedikit yang penasaran apa fungsi dari setiap tombol yang ada pada setir kemudi itu. Berikut akan dijelaskan satu per satu, sebagaimana dilansir dari Okezone:

1. Tombol KERS

Saat ini mobil F1 dilengkapi teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System). Teknologi tersebut dapat menyimpan energi dari pengereman dan dipakai untuk memberikan tenaga lebih pada mobil. Melalui tombol tersebut pembalap dapat memakai KERS pada zona yang telah ditentukan di masing-masing sirkuit.

2. Lap

Indikator penunjuk waktu dalam satu lap yang telah ditempuh oleh pembalap.

3. Harvest

Dengan tombol ini, pembalap dapat mengatur besarnya energi yang akan dihembuskan ketika melakukan pengereman. Dengan menekan tombol tersebut, pembalap bisa menyesuaikan dan mengubah energi dari pengereman mobil.

4. Downshift Paddle

Tuas ini digunakan pembalap untuk menurunkan gigi. Downshift paddle diletakkan di sebelah kiri.

Fungsi Tombol Setir F1 2

5. Mix

Fungsi dari tombol ini adalah untuk mengatur konsumsi bahan bakar. Sebab F1 saat ini tidak lagi memberlakukan peraturan isi ulang. Dengan demikian para pembalap harus mengatur konsumsi bahan bakar yang digunakan. Selain berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, pengaturan ini juga mempengaruhi berat mobil yang digunakan.

6. Bite Point

Bite point merupakan pengaturan untuk mengatur kecepatan mobil saat awal balapan. Saat start, seluruh mobil dalam keadaan berhenti. Jika pembalap dapat mengaturnya dengan tepat maka mobil dapat meraih kecepatan yang maksimal.

7. Bite Point Find

Umumnya Bit Point Find memiliki fungsi yang krusial ketika sesi latihan. Pembalap harus mengetahui kecepatan optimum mobil selama sesi latihan. Kemudian nantinya para ahli teknik akan memberikan instruksi seputar titik mana yang haru digunakan pada Bite Point saat balapan agar memperoleh start yang memuaskan.

8. Knop Kopling

Knop ni digunakan sebagai kopling. Dengan begitu pembalap dapat mengganti gigi mobil tanpa harus melepas tangan dari setir kemudi. Knop ini disematkan di sebelah kiri dan kanan setir.

9. Break Balance

Tombol ini dipakai pembalap untuk mengetahui keseimbangan dalam pengereman mobil bagian depan dan belakang. Tombol ini cukup penting karena pembalap dapat melakukan pengereman yang tepat.

10. Reverse Gear

Sesuai dengan namanya, tombol ini berfungsi untuk memundurkan mobil.

11. Shift Lights

Merupakan indikator penunjuk yang membantu pembalap untuk mengetahui kapan harus berganti gigi mobil.

12. Limiter

Saat seorang pembalap melakukan pit stop, kecepatan mobil harus diubah ketika memasuki area pit. Untuk itulah fungsi tobol limiter ini. Tombol ini bertugas sebagai pembatas kecepatan mobil secara otomatis ketika memasuki area pit.

13. Engine Parameter

Indikator yang menunjukkan parameter mesin yang digunakan.

14. Upshift Paddle

Tuas yang dipakai pembalap untuk menaikkan gigi. Letaknya berada di sebelah kanan.

15. Torque

Mesin pada mobil F1 terkenal kompleks. Itulah yang membuat pembalap juga dapat melakukan pengaturan tenaga perputaran mesin. Biasanya setiap sirkuit pengaturan yang diterapkan berbeda-beda.

16. Tyre

Banyak tipe ban yang digunakan mobil F1. Hal ini juga merupakan bagian dari strategi agar pembalap dapat melesat dengan baik. Dengan tombol ini, sistem komputerisasi mobil dapat mengetahui ban jenis apa yang cocok dipakai sehingga sistem dapat menghitung kecepatan ban.

17. Differential

Pengaturan ini dipakai saat pembalap masuk tikungan, berada di tengah-tengah tikungan atau saat keluar dari tikungan. Totalnya ada 12 pengaturan yang berbeda. Menariknya para pembalap hafal dengan seluruh pengaturan tersebut dan dapat mengetahui perbedaan pengaturan yang digunakan di tiga fase yang disebutkan sebelumnya.

Source: setir f1, stir F1, fungsi tombol pada setir f1, fungsi dari tombol sebelah setir espass, stir formula one, setir mobil f1, setir f1 fungsi, mengetahui tombol di setir f1, indikator pada steer f1, tutorial tombol setir f1 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply