Home Mobil Pemakaian Rak Atap Mobil Bisa Membuat Konsumsi BBM Boros?

Pemakaian Rak Atap Mobil Bisa Membuat Konsumsi BBM Boros?

0 1797

Aksesoris Rak Atap Mobil, Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan seseorang saat hendak membeli mobil baru adalah tingkat konsumsi bahan bakarnya. Harga yang tidak menentu sepertinya membuat banyak orang berusaha untuk meminimalisir pengeluaran untuk pembelian bahan bakar. Oleh sebab itu mobil yang irit BBM memiliki nilai lebih tersendiri di mata masyarakat, tak terkecuali di Indonesia.

Tahukah Anda, selain performa mesin mobil dan cara mengemudi masih ada faktor lain yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Salah satunya adalah penggunaan roof rack atau rak atap.

Tidak dipungkiri, aksesori yang satu ini memudahkan pemilik mobil untuk membawa lebih banyak barang bawaan, terutama saat akan mudik atau pulang kampung. Roof rack ini lazim dijumpai pada kendaraan crossover dan SUV. Akan tetapi tak jarang pemilik MPV menyematkan aksesori ini. Hanya saja dalam jangka panjang, pemakaian rak atap justru berdampak pada konsumsi bahan bakar mobil kesayangan Anda.

Sebagaimana dilansir liputan6, berdasarkan sebuah studi ditemukan fakta bahwa roof rack dapat membakar 100 juta galon bahan bakar setiap tahunnya. Yuche Chen dari National Renewable Energy Laboratory dan Alan Meier dari Berkeley Lab mengatakan, rak atap dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih boros hingga 25 persen.

Rak Atap Mobil 2

Tidak hanya itu saja, rak untuk membawa sepeda atau perlengkapan outdoor turut bertanggungjawab atas peningkatan konsumsi bahan bakar hingga 1 persen dari kendaraan ringan dalam setahun.

Dilansir Leftnews, roof rack menghasilkan hambatan aerodinamika, sehingga membuat kendaraan mengonsumsi BBM lebih banyak untuk menghantam angin, terutama pada kecepatan tinggi. Peneliti juga percaya bahwa desain rak atap yang lebih aerodinamis dapat membuat konsumsi BBM mobil tetap ekonomis.

Sayangnya rak atap sering tidak diperhitungkan pada uji konsumsi BBM karena dinilai sebagai aksesori tambahan yang dipasang setelah mobil dijual. Jika ingin menghemat bahan bakar, lebih baik berkendara dengan kondisi rak kosong meskipun hal tersebut juga kurang berpengaruh signifikan.

Source: rak atas mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply