Home Motor Motor Vespa Cara Merawat Vespa Tua Agar Panjang Umur dan Prima

Cara Merawat Vespa Tua Agar Panjang Umur dan Prima

0 1555

Cara Merawat Vespa Tua, Merawat motor tua tidak bisa disamakan dengan merawat motor keluaran baru, terlebih jika motor tua itu adalah Vespa. Untuk merawatnya memerlukan kecakapan dan kesabaran. Selain itu perawatannya juga membutuhkan biaya besar. Kendati demikian Vespa tua tetap menjadi pilihan favorit sebagian masyarakat di Indonesia.

Namun bukan berarti kita tak dapat melakukan perawatan sendiri. Ada satu masalah umum yang ditemui pada Vespa, yakni mogok. Hal ini membutuhkan perhatian sendiri agar kita tidak banyak tergantung dengan bengkel.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara perawatan Vespa yang bisa Anda terapkan:

  1. Periksa aki

Untuk Vespa keluaran tahun 80-an sudah mengandalkan aki untuk menyalakan mesin. Komponen ini membutuhkan perawatan khusus dan harus dicek secara rutin. Sebab, jika tidak dirawat komponen vital ini akan dihinggapi kerak di bagian kepala aki, sama seperti motor lain. Untuk membersihkannya, lepas kepala aki dan siram dengan air panas, lalu sikat.

  1. Cek busi

Kendala teknis lain yang biasa dijumpai pada Vespa tua terdapat pada bagian busi. Sistem kerja mesin 2 tak memungkinkan munculnya kerak pada busi. Hal tersebut akan membuat busi tidak bekerja secara optimal. Jika tidak ditangani dengan baik, busi bisa saja harus diganti setiap 6 bulan. Agar usia pakai komponen ini lama, bersihkan kerak secara rutin. Perhatikan selalu kondisi busi sebelum berkendara dengan Vespa. Tujuannya agar perjalanan Anda tdak terganggu.

Tips Merawat Vespa 2

  1. Periksa kran bensin

Beberapa tipe Vespa telah dilengkapi 2 tangki khusus untuk memisahkan antara oli dan bensin. Untuk itu jangan lupakan memeriksa kran bensin. Hal ini bertujuan agar bensin dan oli tidak tercampur sebelum waktunya yang dapat membuat Vespa kesayangan mogok.

  1. Gunakan BBM beroktan tinggi

Motor tua bukan berarti dapat menggunakan bahan bakar oplosan. Agar kondisi motor tetap baik dan prima, dianjurkan untuk memakai bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi Vespa Anda. Perlu diketahui, banyak Vespa tua yang menggunakan mesin Vespa generasi yang lebih baru. Contohnya, Excel atau Exlusive sudah mengusung mesin dengan rasio 9,2. Dengan demikian Vespa tersebut memerlukan bahan bakar bensin dengan RON di atas 90. Bila masih mengandalkan mesin lama seperti Sprint, rasio kompresinya hanya 7,5-7,7. Vespea ini masih bisa mengonsumsi bensin beroktan 88.

  1. Perhatikan pemakaian oli

Seperti mesin 2 tak, mesin motor Vespa juga membutuhkan oli samping untuk mendukung pelumasan komponen gerak. Agar umur mesin lebih panjang, gunakan oli samping berkualitas dan terpercaya.

  1. Periksa karburator

Di samping busi dan aki, jangan lupa untuk memeriksa karburator. Salah satu bagian penting dari Vespa ini berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ruang bakar. Banyak dijumpai kasus karburator kotor lantaran kualitas BBM dan udara yang tidak memadai. Oleh karenanya karburator harus tetap bersih agar performa Vespa tetap memuaskan.

Selain memeriksa komponen-komponen tersebut, pemilihan bengkel juga tak kalah penting. Pastikan bengkel langganan Anda paham benar seputar mesin Vespa tua.

Demikian adalah beberapa tips perawatan Vespa tua. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk tetap menjadi pengendara yang bijak dan taat berlalu lintas.

Source: motor vespa, Cara merawat vespa, cara membersihkan karburator vespa, vespa lebih kecil dari pts, vespa 2 tak, tips merawat vespa, motor vespa terbaru, cek performa vespa, Cara merawat vespa tua, vespa pts, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply