Home Auto News Detail Spesifikasi Motor Listrik Gesits Indonesia 2016

Detail Spesifikasi Motor Listrik Gesits Indonesia 2016

0 1570

Spesifikasi Motor Listrik Gesits, Prototype motor listrik kerjasama Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya baru saja diperkenalkan. Melihat ke belakang, tepatnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 motor listrik ini masih berwujud kerangka dan komponen. Lain halnya dengan sekarang yang sudah berbentuk motor. Seperti apa detail spesifikasi motor listrik Garasindo-ITS ini?

Skuter listrik ini diberi nama GESITS yang merupakan singkatan dari Garasindo Electric Scooter ITS. Skuter ini mengusung motor listrik dengan spesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat digunakan untuk berkendara sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Motor listrik ini diklaim dapat melesat hingga kecepatan 100 km/jam.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sekitar 1,5 hingga 3 jam. Tidak hanya itu, motor listrik GESITS juga dilengkapi fitur canggih bernama regenerative brake.

“GESITS juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listrik akan melakukan pengisian baterai. Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan,” ujar DR. M. Nur Yuniarto selaku ketua tim riset GESITS, sebagaimana dikutip Otomotifnet.

Menurut Nur, skuter listrik ini dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar bensin yang mengandalkan mesin 125 cc. Menariknya lagi, sistem GESITS juga terintegrasi dengan smartphone berbasis Android. “Mulai kecepatan, rpm, suhu hingga voltase bisa terpantau lewat smartphone dengan operating system android,” ungkap Nur yang ditemui di Gedung Riset Mobil Listrik ITS, Rabu (03/05/2016).

Skuter Listrik Gesits 2016 Indonesia 2

Untuk sistem penggerak rodanya menggunakan belt dengan single ratio yang memiliki perbandingan final gear 1:3,57. Dengan begitu pengendara tinggal tarik tuas gas dan motor akan berjalan otomatis tanpa perlu memindahkan gigi.

Sementara sasisnya memakai besi tubular berdiameter 1 inci. Lalu untuk sokbreker belakang tampak berbeda dengan skuter matik pada umumnya, tetap 1 sokbreker namun posisinya berada di tengah. Alhasil terlihat seperti sokbreker pada motor sport. Untuk sistem pengeremannya mengandalkan disc brake di kedua roda.

Diciptakan sebagai kendaraan listrik, GESITS tidak menghasilkan emisi gas buang. Pengembangan motor listrik GESITS juga tak lepas dari kemampuan ITS dalam mengembangkan kendaraan listrik yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Motor listrik ini dikembangkan dengan menuangkan kemampuan dan pengalaman seluruh tim yang dilibatkan, tak terkecuali pengalaman Garasindo di dunia otomotif yang hampir memasuki 15 tahun.

Motor listrik GESITS diusahakan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 20 jutaan. “Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal. Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,” kata Harun Sjech, Project Director motor listrik Garasindo-ITS.

Harun menambahkan, motor listrik tersebut akan diuji selama 5 hingga 10 ribu kilometer di segala kondisi cuaca sebelum diproduksi massal tahun depan.

Sebagai tambahan, motor listrik GESITS ini diperkenalkan Selasa (03/05/2016) di Gedung Riset Mobil Listrik, ITS, Surabaya. Perkenalan perdana tersebut juga dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Ak), Rektor ITS (Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D) dan Ketua Team Riset Gesits (DR. M. Nur Yuniarto) dan beberapa tamu undangan.

Spesifikasi motor listrik GESITS:

  • Sasis : Tubular
  • Panjang : 1910 mm
  • Lebar : 695 mm
  • Tinggi : 1.110 mm
  • Jarak Tempuh : 85 – 100 km
  • Motor listrik : 5 KW
  • Baterai : 50 V, 40 AH
  • Berat total : 120 kg
  • Kapasitas angkut : 150 kg
  • Max speed : 110 km/jam
  • Konsumsi energi : 50 km/kwh
  • Pemindah daya : Belt

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply