Home Auto News Mobil Esemka Terbaru Akan Meluncur Agustus Mendatang

Mobil Esemka Terbaru Akan Meluncur Agustus Mendatang

0 1541

Mobil Esemka Terbaru, Seiring berjalannya waktu, proyek mobil Esemka semakin berkembang. PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku inisiator mobil Esemka itu sedang mempersiapkan diri untuk memproduksi mobil nasional tersebut secara massal.

Untuk mewujudkannya, PT SMK bekerjasama dengan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) milik AM Hendropriyono dan beberapa perusahaan pendukung lainnya.

Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH mengatakan, mobil Esemka akan resmi dirilis di Indonesia pada Agustus mendatang.

“Kita targetkan bulan Agustus sudah bisa diperkenalkan kepada publik. Kalau bisa terpaut dengan semangat kemerdekaan. Produk kita kan sudah ada brand-nya sendiri dan kita sudah tahu, jadi tinggal kita kokohkan saja,” jelasnya, sebagaimana dilansir dari Viva.

Hosea mengungkapkan, Mobil buatan anak bangsa ini menjadi salah satu manifestasi keberhasilan Indonesia untuk menciptakan kendaraan roda empat yang dapat diproduksi secara massal. “Kita sudah mantapkan visi dan misi yang jelas. Jadi kita bukan sekadar perusahaan yang ada, tapi kita mau (jadi) perusahaan yang eksis, mampu bersaing dan dapat memberikan nilai tambah untuk kita,” ujar Hosea.

Lantas kapan mobil baru Esemka tersebut meluncur di Indonesia? Saat ditanya mengenai tanggal peluncuran, Hosea tidak bersedia untuk membocorkannya. Ia hanya mengatakan bahwa mobil tersebut akan terjun di segmen mobil komersial.

“Segmennya kita bilang secara bisnis segmen komersial, kalau spesifiknya itu segmen pikap. Insya Allah sebelum tanggal 17 Agustus peluncurannya,” ucap Hosea.

Hingga saat ini, berbagai persiapan menjelang debut mobil baru Esemka terus dilakukan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan membangun pabrik di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah.

Seno Samudro, Bupati Boyolali, Jawa Tengah menuturkan, pabrik Esemka yang kini sedang dibangun menempati lahan seluas 13 hektare. Secara teknis, tanah tersebut separuhnya merupakan sewaan dan separuhnya lagi milik PT ACEH. Nilai investasi yang disodorkan untuk proyek tersebut mencapai Rp 2,1 triliun.

“Proses pendirian pabrik sudah berlangsung, proses perizinan juga sudah clear hingga RT/RW termasuk analisis dampak lingkungan (AMDAL). Direncanakan pabrik ini running Juni 2016. Ini juga merupakan arahan dari Pak Jokowi,” terang Seno.

Seno melanjutkan, lantaran sebagian tanahnya merupakan sewaan, nantinya setiap tahun PT ACEH akan membayar cicilan.

Untuk mendukung rencana tersebut, Pemerintah Daerah Boyolali telah menganggarkan sekitar Rp 13 miliar yang berasal dari APBD untuk pembangunan jalan dan pengembangan wilayah. “Pak Jokowi juga janji akan bantu,” ungkap Seno.

Pabrik Esemka tersebut disebutkan juga akan menyerap banyak tenaga kerja dari wilayah sekitar. Tidak hanya itu saja, Seno mengatakan, berdasarkan pembicaraannya dengan Hendropriyono, ribuan lulusan SMK se-Solo Raya siap direkrut untuk menjadi tenaga kerja di pabrik Esemka. “Nantinya pabrik Esemka di Boyolali ini akan jadi basis produksi,” jelasnya.

Selain Boyolali, Esemka juga akan memanfaatkan pabriknya yang berada di kawasan Cileungsi, Jawa Barat. Pabrik tersebut rencananya akan berbagi tempat dengan mobil asal China, Geely.

Untuk masalah harga, Hosea meyakini masyarakat dapat membeli mobil Esemka dengan harga yang kompetitif dan dapat bersaing degan mobil di segmen yang sama.

“Agar harga mobil dapat bersaing, jalur distribusi akan kita perpendek. Jadi misalnya saja dari Esemka langsung dijual kepada pemakai tanpa harus mengangkat banyak jaringan seperti diler, main diler dan distributor,” jelasnya.

Di samping itu, Hosea optimis bahwa mobil Esemka dapat bersaing di industri otomotif lantaran tidak adanya ikatan harus memproduksi sesuai yang sudah tidak bisa diubah. “Kita juga belajar dari yang sudah ada. Semua pengaturan kita itu berhubungan dengan original equipment manufacturing (OEM), berhubungan langsung dengan hal-hal yang original dan pabrikan. Jadi tidak ada istilah sekadar tempel satu merek saja,” paparnya.

Source: mobil esemka terbaru, harga mobil esemka 2017, mobil esemka terbaru 2017, mobil smk 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply