Home Motor Fungsi Lubang pada Rem Cakram Sepeda Motor, Bukan Sekedar Keamanan

Fungsi Lubang pada Rem Cakram Sepeda Motor, Bukan Sekedar Keamanan

0 1263

Fungsi Lubang Rem Cakram Sepeda Motor, Saat ini banyak motor baru yang mengadopsi sistem pengereman jenis cakram. Penggunaan rem cakram tentu bukan tanpa alasan. Rem cakram atau juga disebut dengan istilah disk brake memiliki daya pengereman hingga mencapai 100%. Hal ini dimungkinkan karena seluruh pad bergesekan langsung dengan cakram. Alhasil pengereman dapat dilakukan dengan maksimal.

Melihat bentuknya, rem cakram menggunakan lempengan atau piringan sebagai media untuk kampas bekerja memberhentikan laju kendaraan. Umumnya kita jumpai piringan tersebut memiliki lubang yang jumlahnya lebih dari satu. Modelnya juga dibuat bervariasi.

Hanya saja tidak banyak yang tahu fungsi dari lubang tersebut. Sehingga tidak sedikit yang menganggap lubang tersebut hanya untuk menempatkan gembok atau perangkat keamanan tambahan.

Dikutip dari laman Otomania, lubang pada cakram memiliki fungsi lain.  “Fungsi lubang pada cakram sebenarnya di desain bukan untuk menaruh gembok, tapi sebagai pelepas panas dari gesekan dengan kampas saat rem digunakan,” jelas Slamet Pamuji, dari Selta Motor.

Ia mengatakan, lubang pada piringan cakram berfungsi seperti ventilasi udara. Ketika rem digunakan, kampas akan menekan dengan keras yang membuat laju kendaraan menjadi pelan dan diam.

Proses ini memanfaatkan gesekan yang terjadi antara kampas dan piringan. Hal tersebut juga akan membuat piringan menjadi panas. Supaya panas dapat dilepas dengan cepat, maka piringan tersebut dilengkapi dengan lubang-lubang yang berfungsi layaknya saluran pembuangan.

“Ibaratnya seperti ventilasi saja, makin banyak lubangnya makin cepat membuat panasnya. Tapi biasanya sudah dilakukan pengetesan di pabrik, jadi jangan dimodifikasi sembarangan seperti menambah lubang,” terang Slamet.

Di samping itu, fungsi adanya lubang pada cakram adalah untuk mengurangi berat sekaligus memperluas penampang pelepasan panas saat terjadi pengereman. Perlu diketahui, ukuran diameter piringan cakram dan lebar kampas rem juga berpengaruh pada tenaga pengereman.

Source: mengapa pada disc brake dilengkapi dengan ventilasi, mengapa pada cakram dilengkapi dengan lubang ventilasi, Apakah kegunaan ventilasi pada rem cakram yang berguna untuk, mengapa pada rem cakram dilengkapi lubang ventilasi, mengapa pada rem cakram dilengkapi dengan lubang ventilasi, mengapa pada disc brake, mengapa cakram dilengkapi lubang ventilasi, jelaskan mengapa pada disc brake dilengkapi dengan ventilasi, fungsi ventilasi pada disc brake kendaraan, fungsi master cakram pada motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply