Home Auto News MotoGP Prancis 2016, Valentino Rossi Bisa Saja Juara

MotoGP Prancis 2016, Valentino Rossi Bisa Saja Juara

0 1133

MotoGP Prancis 2016, GP Prancis yang berlangsung di sirkuit Le Mans, Minggu (08/05/2016) menyisakan kesan tersendiri di mata Valentino Rossi. Setelah melakukan start buruk, Rossi berjuang sangat keras sehingga ia berhasil finish di urutan kedua. Namun hal tersebut sepertinya tidak akan terjadi jika Rossi mampu start barus.

Pembalap asal Italia itu memulai balapan dari posisi tujuh. Menurut Rossi itu merupakan start yang buruk untuk menyelesaikan lomba. Meski pada akhirnya berhasil menjadi yang tercepat kedua di putaran kelima GP Prancis.

Start dari baris ketiga, Rossi harus berusaha ekstra keras untuk melalui pembalap yang ada di depannya. Tak terkecuali menyalip Marc Marquez dari Repsol Honda di lap 13. Lap berikutnya Ross juga berhasil menyusul Andrea Dovizioso (Ducati).

Lalu sebuah insiden menimpa Dovizioso dan Marquez. Hal ini mempermudah Rossi untuk meraih posisi kedua dan mengejar rekan satu timnya, Lorenzo yang melesat di posisi terdepan. Sebelumnya, pembalap Ducati lainnya Andrea Iannone yang menempati posisi ketiga juga terjatuh di lap 8. Kesempatan tersebut membuat posisi Rossi terdongkrak.

Rossi beranggapan, bila ia memiliki start yang baik ia bisa lebih dekat dengan Lorenzo. Sang juara dunia MotoGP 2015 ini berhasil keluar sebagai juara di GP Prancis dengan keunggulan sepuluh detik di depan Rossi.

MotoGP 2016 Prancis 1

Kendati demikian Rossi tetap senang dapat meraih 20 poin yang membuatnya memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara dunia tahun ini. Ia juga mempunyai perasaan yang baik dengan Yamaha YZR-M1 yang ia kendarai. Kuda besi ini mempunyai kecepatan solid dalam balapan di sirkuit Le Mans.

“Start yang jelek, tahun lalu saya mulai dari baris ketiga, tetapi start sangat baik, namun hari ini tidak. Pada awalnya itu sangat rumit, tetapi ketika Anda mulai dari baris ketiga Anda harus berjuang,” kara Rossi selepas lomba, sebagaimana dilansir Otomotifnet.

“Tetapi saya punya kecepatan yang baik dan saya memiliki perasaan yang bagus dengan motor dan finish kedua sangat baik,” tambah pembalap bernomor 46 ini.

“Duapuluh point ini sangat penting, karena kami berada di posisi ketiga di kejuaraan. Kami bekerja dengan baik dan motor  lebih cepat, saya pikir kita berada dalam kondisi yang baik. Saya pikir kita harus seperti di Jerez,” ujar Rossi.

Menurut pembalap berjuluk The Doctor itu, saat start dari baris ketiga dan finish kedua itu merupakan hal yang bagus. Terlebih lagi ia memperoleh 20 poin yang membuatnya tak tertinggal dalam perebutan puncak klasemen sementara pembalap yang kini dipegang oleh Lorenzo.

“Dari baris ketiga saya bertarung untuk bisa lolos dari kelompok kedua. Saya coba menyalip secepat mungkin dan saya melakukan beberapa lap yang baik. Kemudian Marquez dan Dovi melakukan kesalahan, saya bisa menjadi sedikit lebih santai di bagian kedua dari balapan,” papar Rossi.

Rossi menjelaskan, di klasemen juara dunia ia tertinggal 12 poin dari Lorenzo. Hal ini membuat Rossi masih mempunyai kesempatan untuk meraih juara dunia.

“Di klasemen Juara Dunia saya 12 poin di belakang Jorge dan tujuh di belakang Marquez. Artinya di antara kita masih ada peluang konsentrasi raih Juara Dunia. Saya masih di posisi tiga (klasemen) sekarang, saya harus memikirkan balapan demi balapan dan terutama memikirkan Mugello dan mencoba lebih kompetitif di sana,” ucap pembalap yang sebelumnya juara di Jerez itu.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply