Home Motor Cara Menurunkan Gigi Motor Kopling dengan Halus dan Mulus

Cara Menurunkan Gigi Motor Kopling dengan Halus dan Mulus

0 2742

Cara Menurunkan Gigi Motor Kopling, Saat mendengar kata sepeda motor, tentu ada beragam pikiran yang terlintas di dalam hati mengenai kendaraan roda dua itu. Mungkin ada pula yang bertanya bagaimana cara menurunkan gigi sambil mengerem secara halus. Hal ini memang menjadi salah satu teknik yang harus dipahami oleh pemotor yang mahir. Pasalnya, dua faktor tersebut akan mempengaruhi keseimbangan dalam berkendara.

Kondisi tersebut sebenarnya tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Sebab pengendara harus menyelaraskan putaran mesin supaya tidak overrev atau menjerit saat proses deselerasi. Oleh karena itu, praktek deselerasi antara menurunkan gigi dan mengerem untuk pemula awalnya dilakukan secara terpisah sebelum dilaksanakan secara bersamaan.

Teknik tersebut tidak hanya membutuhkan kepiawaian dari pengendara saja, namun juga kondisi dari sepeda motor yang digunakan. Pada motor sport atau kendaraan lain yang berkarakter balap, umumnya pabrikan sudah menyertakan fitur yang diberi nama slipper clutch.Teknologi ini jika dikombinasikan dengan metode kopling slow release dapat menyeimbangkan antara gigi dengan putaran mesin yang tepat sesuai kecepatan.

Dalam laman Motorcycle, sebagaimana dilansir Liputan6, proses menurunkan gigi juga mempunyai teknik khusus. Yakni dengan tidak langsung mengoper lebih dari satu transmisi sekali tarik kopling. Cara yang tepat adalah dengan menurunkan satu per satu dengan menarik kopling beberapa kali sesuai jumlah gigi yang diturunkan.

Selain itu, usahakan agar tuas kopling tidak sampai terlalu dekat dengan jari saat ditarik. Pergerakan yang tidak efisien semacam itu dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar. Cara tersebut meminimalisir kesalahan ketika sinkronisasi gigi transmisi dengan putaran mesin dan kecepatan motor.

Posisi tangan saat mengerem juga mempunyai tugas penting, yakni agar proses deselerasi dapat dilakukan dengan baik. Posisi dua jari pada tangan kanan diusahakan dapat menjangkau rem depan dengan mudah. Saat gas tertutup, telunjuk dan jari tengah bisa dengan mudah menarik tuas rem depan.

Source: cara menurunkan gigi motor kopling, cara mengurangi gigi motor secara halus, cara oper gigi motor kopling yang benar, cara mengurangi gigi pada motor kopling, cara menurunkan gigi motor kopling yang benar, cara menurunkan gigi mobil manual, cara mengurangi gigi motor kopling, cara menurunkan gigi motor yang benar, cara mengoper gigi motor kopling yang benar, cara mengoper gigi motor kopling vixion, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply