Home Motor Rem Depan Motor MotoGP 2016 Berukuran 340 Mm, Ini Alasannya

Rem Depan Motor MotoGP 2016 Berukuran 340 Mm, Ini Alasannya

0 1245

Rem Depan Motor MotoGP 2016, Hingga saat ini balap MotoGP masih menjadi balap bergengsi di mata pecinta roda dua. Performa motor dan para pembalap saling diadu untuk melihat siapa yang terbaik dan layak menjadi juara. Seluruh hal tersebut juga tidak lepas dari riset yang dilakukan pihak yang bersangkutan.

Walaupun Dorna selaku pihak penyelenggara telah mengeluarkan aturan untuk menekan pengeluaran saat balap, riset terus dijalankan dan performa motor balap terus meningkat. Performa motor MotoGP yang dahsyat tidak terlepas dari peran penting sistem pengereman. Oleh karenanya, Brembo sebagai vendor penyedia rem di MotoGP menyiapkan rem depan dengan ukuran 340 mm untuk tunggangan MotoGP.

“Dalam beberapa tahun terakhir, aturan yang diberlakukan membuat sepeda motor jadi sangat berat menyesuaikan kecepatan tinggi. Ini membuat kami harus memperbarui sistem pengereman karbon kami,” jelas Lorenzo Bortolozzo, Brembo MotoGP Customer Manager, sebagaimana dikutip Liputan6 dari Motorcycle.

Melihat ke belakang, tepatnya pada tiga musim lalu balap MotoGP masih mengandalkan rem cakram berdiameter 320 mm. Dengan kata lain rem depan pada musim ini lebih lebar 20 mm. Penambahan tersebut bertujuan untuk mendukung peningkatan performa dan aspek keselamatan.

Bortolozzo melanjutkan, material piringan rem pada motor MotoGP memakai karbon yang dapat bekerja pada temperatur tinggi.

“Pengereman pada sepeda motor melalui energi kinetik yang berakibat menghasilkan panas akibat gesekan dari piringan dan kampas yang keduanya dibuat dari bahan karbon,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan diameter tersebut juga berpengaruh terhadap berat dari cakram tersebut. Meski demikian diameter 340 mm dinilai lebih baik untuk melepas panas yang memiliki pengaruh terhadap aspek keselamatan pembalap ajang MotoGP.

“Peningkatan bobot sekira 100 gram namun tidak terlalu berpengaruh bagi pembalap yang sebelumnya menggunakan cakram berbobot 1,3 kilogram. Sementara itu, velg dan roda menyumbang bobot yang jauh lebih besar. Ada perbedaan suhu hingga 100 derajat antara cakram 320 dan 340 mm, yang jelas intervensi ini sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pengendara” pungkasnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply