Home Motor Engine Brake Merusak Mesin Motor, Benarkah Demikian?

Engine Brake Merusak Mesin Motor, Benarkah Demikian?

0 2308

Teknik Engine Brake Motor, Selain mengandalkan peranti pengereman, pengguna kendaraan bermotor biasanya menggunakan teknik engine brake. Teknik tersebut tidak hanya bisa dilakukan mobil, namun juga sepeda motor, terutama motor konvensional yang memakai transmisi manual.

Hanya saja penggunaan teknik engine brake masih mengundang pro dan kontra di kalangan pemakai kendaraan bermotor. Sebagian orang beranggapan wajib melakukan engine brake untuk menghemat kanvas. Sementara lainnya melarang hal tersebut lantaran dapat menimbulkan kerusakan mesin. Lalu bolehkah melakukan engine brake pada motor? Dan apakah teknik tersebut dapat merusak mesin?

Dikutip Otomania, M. Abidin, General manager After Sale dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, teknik engine brake boleh saja dilakukan, namun dalam kondisi tertentu.

“Engine brake membuat putaran mesin menjadi tertahan, cara kerjanya sama dengan mobil yakni membuat laju kendaraan menjadi lebih pelan. Sepeda motor boleh saja memakai teknik ini, tapi jangan keseringan hanya pada situasi urgent yang benar-benar membutuhkan quick respon saja,” ungkap Abidin.

Menurut Abidin, jika dilakukan terus-menerus dapat membuat kerusakan pada komponen mesin. Salah satunya adalah pada bagian bearing craft. Bahkan kerusakan bisa lebih parah lagi. Bila pengndara sering melakukan engine brake, dapat menyebabkan kerusakan pada gir rasio.

“Kerusakan akibat terlalu sering melakukan engine brake umumnya menyerang bearing craft dan metal dudukan, tapi bila kondisi mesin sudah parah ditambah pemakaian oli yang tidak sesuai bisa lebih buruk sampai kerusakan pada gir rasio,” kata Abidin.

Selain itu, Abidin mengatakan pengendara harus mengetahui teknik engine brake motor.

“Engine brake pada sepeda motor ada caranya, tidak boleh asal yang penting motor bisa berhenti saja. Mulai dari penurunan gigi secara teratur, sampai tidak memelintir handel gas yang membuat rpm juga tinggi,” jelasnya.

Source: engine brake merusak mesin, engine brake motor, cara engine brake motor kopling, cara menggunakan angine brake di motor, efek engine brake, engine brake pada motor adalah, engine brake motor kopling, engine brake pada motor bagaimana, gejala menyendat pada lever brake pada motor apa nama gejala tersebut, engine break motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply