Home Auto News Motor Listrik ITS-Garasindo Laris Manis, Terpesan 5.000 Unit

Motor Listrik ITS-Garasindo Laris Manis, Terpesan 5.000 Unit

0 834

Motor Listrik ITS-Garasindo, Meski baru resmi diperkenalkan, motor listrik hasil kerjasama Garasindo dengan Institut Teknlogi Sepuluh November (ITS) Surabaya sudah dipesan sebanyak 5 ribu unit. Pembeli pertama berasal dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom).

Ketua tim Motor Listrik ITS, M Nur Yuniarto membenarkan bahwa motor listrik bernama Gesits itu dipesan PT Telkom. Pria yang akrab disapa Nur itu mengatakan, Dian Rachmawan yang menjabat sebagai Direktur Consumer Service PT Telkom bertemu dengan Rektor ITS soal pemesanan skuter listrik karya anak bangsa itu.

“Dapat infonya kalau Telkom pesan untuk para teknisi,” ungkap pria yang berprofesi sebagai Dosen ITS itu, sebagaimana dilansir Dapurpacu.

Tidak hanya PT Telkom saja, ada beberapa perusahaan lain yang tertarik dengan motor listrik ITS-Garasindo. Beberapa diantaranya adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bali. Akan tetapi kedua pihak tersebut masih dalam tahap pitching atau negoisasi.

“Kadin Bali mulai merilik Gesits untuk usaha penyewaan, karena Bali seperti kita tahu banyak obyek wisata. Selain perusahaan kita juga menawarkan secara personal. Ada beberapa yang sudah berminat atau tertarik,” kata Nur.

Nur memaparkan, untuk memperluas jangkauan sekaligus area promosi dan edukasi, pihaknya tengah mempersiapkan portal khusus Gesits. Web tersebut bertujuan untuk mengakomodir keinginan publik yang penasaran dengan motor listrik tersebut.

Motor Listrik Gesits Indonesia 2

Hingga saat ini, motor listrik Gesits masih dalam tahap prototipe. Motor tanpa bahan bakar ini juga harus melalui beberapa tahap uji coba. Garasindo-ITS rencananya akan menjual skuter listrik tersebut dengan harga Rp 15 jutaan. Sementara tahap produksinya baru dimulai pada tahun 2017 dan dipasarkan pada 2018.

Untuk tambahan, nama Gesits merupakan singkatan dari Garasindo Electric Scooter ITS. Skuter ini dibekali dengan motor listrik berspesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat dipakai untuk menempuh jarak sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kecepatan maksimum yang dapat diraih motor listrik tersebut mencapai 100 km/jam.

Untuk pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 3 jam. Selain itu motor Listrik ITS-Garasindo ini juga memiliki fitur canggih regenerative brake. Fitur ini memungkinkan motor melakukan pengisian baterai secara otomatis saat deselerasi.

“Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan,” jelas DR. M. Nur Yuniarto, ketua tim riset Gesits, dilansir dari Otomotifnet.

Nur mengatakan, skuter listrik tersebut dapat disejajarkan dengan motor berbahan bakar bensin dengan kapasitas mesin 125 cc. Di samping itu sistem Gesits juga terintegrasi dengan ponsel pintar berbasis Android. Hal ini memungkinkan pengendara memantau kecepatan, rpm, suhu sampai voltase.

Untuk sistem penggerak roda mengandalkan belt dengan single ratio yang mempunyai perbandingan final gear 1:3,57. Dengan demikian pengguna tinggal menarik tuas gas dan motor akan berjalan otomatis.

Untuk bagian sasis mengandalkan besi tubular berdiameter 1 inci. Sementara shockbreaker belakang tampil beda dari skuter matik pada umumnya. Gesits mengusung 1 shockbreaker yang diletakkan di tengah, sehingga tampak seperti pada motor sport. Sistem pengereman motor listrik ini menggunakan jenis disc brake di kedua roda.

Pengembangan motor listrik Gesits dilakukan oleh anak bangsa. Motor ini memiliki teknologi canggih yang tak kalah dengan motor lain yang dijual di pasaran. Dari sekian banyak komponen yang terkandung di dalamnya, hanya baterai lithium yang diimpor untuk keperluan pembuatan prototipe motor listrik tersebut.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply