Home Auto News Detail Spesifikasi BMW X1 Indonesia 2016, Canggih dan Sporty

Detail Spesifikasi BMW X1 Indonesia 2016, Canggih dan Sporty

0 879

Spesifikasi BMW X1 Indonesia Terbaru, BMW Group Indonesia baru saja merilis generasi terbaru BMW X1. Mobil yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak ini mendapat sejumlah sentuhan penyegaran.

Perubahan meliputi sisi eksterior, interior sampai dapur pacunya. Di sisi luar, All New BMW X1 menyajikan tampilan yang lebih sporty dan tegas. Mobil baru ini diklaim nyaman dan memiliki ruang kabin yang lebih luas, dengan mempertahankan kualitas premium dan fitur berkelas.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah detail perubahan pada All New BMW X1 sebagaimana dilansir dari detikOto.

Eksterior

SUV mewah ini memiliki dimensi panjang 4.439 mm, lebar 1.821 mm dan tinggi mencapai 1.598 mm. Proporsi All New BMW X1 tetap sesuai dengan konsep Sports Activity Vehicle (SAV) kompak.

BMW X1 terbaru lebih tinggi 53 mm dibandingkan dengan model sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan ruang yang lebih lapang di sisi interior.

Tampilan eksterior di sisi samping memiliki kesan atletik yang semakin menarik dengan perpaduan garis atap berbentuk wedge yang dinamis. Tidak hanya itu, terdapat pula garis-garis berkarakter dan jendela yang didesain meruncing di bagian belakang. Alhasil tampilannya terlihat semakin menarik hati.

Sama seperti body depan, apron belakang mempunyai ground clearance atau jarak bebas ke tanah yang lebih tinggi. BMW menyematkan lampu full-LED di bagian belakang, dengan dua baris lampu berbentuk L yang memiliki pencahayaan lebih terang.

Bentuknya yang pipih dan panjang menekankan lebar bagian belakang body, berpadu serasi dengan desain aeroblade vertikal berwarna hitam yang terintegrasi dengan roof spoiler. Hasilnya, nuansa sporty tampak lebih kental.

Di Indonesia, All New BMW X1 rakitan lokal dijual dalam 12 pilihan warna yang bisa dipilih konsumen. Antara lain Mineral Grey, Black Saphire, Mediteranian Blue, Mineral White, Glacier Silver, Atlantic Grey, Chesnut Bronze, Alpine White, Black, Platinum Silver, Sparkling Brown, dan Sparkling Storm.

BMW Group Indonesia menawarkan dua varian, yakni BMW X1 sDrive18i dan BMW X1 sDrive18i xLine. Untuk varian xLine hadir dengan BMW kidney grille yang memiliki kisi-kisi yang terbuat dari aluminium. Karakter khas varian xLine yang kokoh juga hadir melalui aksen silver di bagian saluran udara, pelindung underbody dan side skirts.

BMW X1 Indonesia 2016 2

Interior

Beralih ke bagian interior, BMW X1 terbaru memiliki tata letak yang mengutamakan kenyamanan dalam berkendara. Posisi dibuat sedikit lebih tinggi seperti BMX X pada  umumnya. Bagian kokpit khas BMW berfokus pada pengemudi yang menjadi interpretasi baru. Di samping itu tampilan elegan dan kabin yang lapang semakin terlihat menarik melalui kesan mewah yang muncul berkat pemakaian material berkualitas tinggi.

Trim interior terdiri dari kombinasi material kain dan kulit dalam warna Granite Brown/Black, dengan aksen hitam dan dashboard high-gloss berwarna hitam dengan sentuhan aksen Pearl Gloss Chrome.

Keseimbangan kokpit yang memberikan fokus lebih pada pengemudi dan dashboard yang elegan serta lapang menjadikan All New BMW X1 sangat kental dengan konsep klasik Sports Acitivity Vehicle. Desain panel instrumen dan konsol tengah yang datar dan mengarah pada pengemudi membuat pengendalian BMW X1 terbaru lebih mudah.

BMW turut menghadirkan sistem operasi iDrive dengan Control Display yang dibenamkan pada monitor 6,5 inci. Tampilan dashboard semakin cantik dengan garis pada interior dan kisi pendingin udara yang dilengkapi aksen silver.

All New BMW X1 juga memiliki fitur BMW Apps. Terdapat aplikasi BMW Connected yang canggih dengan kemampuan menghidupkan fitur-fitur inovatif di dalamnya. Interior mobil ini juga dilengkapi konektivitas audio USB, AUX-IN dan Bluetooth. Dukungan sambungan ini memungkinkan pengguna memutar musik pada BMW HiFi loudspeaker dengan aplifier berkekuatan 205 W.

Generasi terbaru BMW X1 dibekali sistem navigasi canggih yang memiliki peta sangat detail dengan berbagai sudut pandang sehingga pengemudi dapat menemukan rute terbaik. Pengemudi bisa memilih beberapa tampilan rute. Misalnya tanda panah, map yang mengarah ke utara, map dengan tujuan khusus dan perspektif 3D.

Sistem navigasi tersebut dikendalikan melalui iDrive Controller dengan direct select menu dan voice control. Sistem tersebut membantu pengemudi sampai dalam keadaan aman, cepat dan efisien.

Posisi duduk di bagian depan dibuat lebih tinggi 36 mm dan 64 mm di bagian belakang dibanding model pendahulunya. Selain itu ruang kaki pada baris kedua bertambah 66 mm berkat kursi belakang yang dapat diatur. Lalu kapasitas bagasinya mencapai 505 liter, bertambah 85 liter dari generasi pertamanya.

Menariknya pengguna dapat menambah kapasitas hingga 1.550 liter dengan melipat bangku kursi kedua yang mempunyai konfigurasi 40:20:40. Bangku ini juga dapat diatur maju dan mundur hingga 13 mm dengan konfigurasi 60:40. Kenyamanan lebih terjamin dengan pengaturan yang memungkinkan pengguna menyesuaikan sudut sandaran kursi. Tidak sampai di situ saja, proses pelipatan bangku baris kedua dapat dilakukan dari belakang melalui tombol.

BMW X1 terbaru juga dilengkapi konektivitas yang menggabungkan elemen kendaraan, pengemudi dan lingkungan sekitar ke dalam sistem digital yang terhubung dengan kendaraan. Fitur tersebut diberi nama ConnectedDrive, yang merupakan kombinasi sistem untuk membantu pengemudi dalam berkendara.

Mesin

All New BMW X1 dilengkapi dengan mesin dan teknologi sasis terbaru. Kedua varian BMW X1 dibekali exhaust system dengan desain twin-tailpipe yang memperkuat kesan sporty mobil baru ini.

Untuk dapur pacunya, BMW X1 terbaru mengandalkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 136 hp pada putaran 4.400 rpm dengan torsi maksimum 220 Nm pada putaran mesin 1.250 rpm. BMW memadukannya dengan transmisi Steptronic delapan percepatan.

Berbekal mesin tersebut, All New BMW X1 dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam catatan waktu 9,7 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 18,9 km/liter dengan emisi CO2 124 g/km (sesuai dengan siklus tes rata-rata EU).

Di samping itu SUV baru ini mengandalkan teknologi sasis yang dikembangkan secara menyeluruh untuk model terbaru ini. Di bagian depan, BMW X1 mengandalkan suspensi single-joint strut dan multi-link axle di bagian belakang. Aluminium swivel bearings, axle carriers dan control arms terbuat dari baja berkekuatan tinggi, mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan as roda depan. Alhasil mobil memiliki respon belokan yang tangkas.

As roda bagian belakang juga menggunakan material sama. Kenyamanan dan kelincahan BMW X1 terbaru dibantu dengan anti-roll bars berbentuk silinder pada as roda depan dan belakang, koneksi suspensi ke body lewat three-ways support mounts, pemasangan as roda yang inovatif dan elastokinematics yang diselaraskan secara khusus.

Fitur

All New BMW X1 dilengkapi fitur standar seperti Servotronic Speed-sensitive steering. Sistem tersebut memungkinkan manuver parkir dan perpindahan jalur yang aman dan nyaman dengan kemudi yang lincah. Mobil ini juga memiliki kemudi yang presisi dan kestabilan khas BMW, meski saat melesat dalam kecepatan tinggi.

BMW menyertakan tombol Driving Experience Control pada konsol tengah. Tombol ini memungkinkan pengemudi untuk mengubah karakter berkendara semakin sporty, menjadi lebih nyaman atau lebih efisien. Terdapat tiga mode yang ditawarkan, yakni COMFORT, SPORT dan ECO PRO. Ketiganya memiliki respon akselerasi dan sensitivitas kemudi yang berbeda.

Karakteristik transmisi otomatis dan peredaman suspensi juga berubah tergantung mode yang dipilih. Pada mode ECO PRO, pengemudi dapat mengaktifkan fungsi coasting. Pada kecepatan antara 50 hingga 160 km/jam, putaran mesin akan segera berkurang saat pengemudi mengangkat kaki dari akselerator.

Efisiensi All New BMW X1 lebih maksimal berkat penggunaan reduced-friction wheel bearings dan ban dengan resistansi putaran yang lebih rendah.

Sistem Dynamic Stability Control (DSC) yang disematkan pada mobil ini meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Dynamic Traction Control (DTC), Cornering Brake Control (CBC), Dynamic Brake Control (DBC), Brake Assist system, Fading Compensation, Dry Braking function dan Start-Off Assistant.

Teknologi lain yang juga tersedia sebagai pilihan yakni Active Differential Brake (ADB), fungsi trailer stabilization, Attentiveness Assistant dan Performance Control. Saat DSC dimatikan, fungsi penguncian elektronik pada as roda depan akan aktif. Pada tikungan tajam, teknologi tersebut akan menghentikan putaran roda sebagaimana diperlukan dan memastikan tenaga dialihkan ke roda lainnya.

Source: spesifikasi bmw x1 indonesia, bmw x1 2017 spesifikasi, spesifikasi bmw x1 sdrive18i xline, spesifikasi bmw x1 interior indonesia, sistem transmisi mobil bmw x1, sepesifikasi BMW x1, interior bmw x1 2016 indonesia, dinensi bmw x1, dimensi panjang bmw x1, dimensi bmw x1, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply