Home Komparasi Mobil Diesel Vs Mobil Bensin, Pilih Sesuai Selera

Mobil Diesel Vs Mobil Bensin, Pilih Sesuai Selera

0 1622

Mobil Diesel Vs Mobil Bensin, Di Indonesia umumnya terdapat dua jenis mesin mobil, yakni bensin dan diesel. Kedua mesin ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kerap dipertimbangkan konsumen sebelum membeli mobil baru. Baik mesin bensin maupun diesel memiliki penggemarnya masing-masing. Terlepas dari hal tersebut, pemilihan mesin juga tergantung dari selera konsumen.

“Memilih diesel atau bensin, tentu tergantung dari masing-masing selera. Namun tetap ada sisi objektif yang bisa jadi bahan pertimbangan,” kata Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, Jakarta Timur, sebagaimana dilansir KompasOtomotif.

Dikutip dari Autoexpress.co.uk, ada tiga hal objektif yang dapat dijadikan alasan untuk memilih mobil bermesin diesel atau bensin. Berikut adalah ketiga hal objektif tersebut:

Performa

Dalam hal performa, mesin diesel cenderung mempunyai performa yang baik pada torsi rendah. Akan tetapi terkadang hentakan tersebut juga masih terasa pada gigi tinggi. Hal tersebut akan membantu pengemudi saat akan berakselerasi seperti hendak menyalip.

Lain halnya dengan diesel, performa mesin bensin umumnya dapat dirasakan pada putaran mesin atas untuk mencapai kinerja yang maksimal. Pengemudi yang suka mengebut dan memanfaatkan fungsi gearbox akan cocok dengan mesin ini. Di samping itu, pengaplikasian teknologi turbocharger pada mesin bensin akan membuat pengalaman berkendara serupa mesin diesel.

Mobil Diesel Vs Mobil Bensin 2

“Benar, kebanyakan konsumen yang memilih diesel, tertarik dengan performanya di putaran bawah untuk berakselerasi. Berbeda dengan mesin bensin yang mengincar power untuk memacu kecepatan mobil,” ungkap Saiful.

Harga

Perbedaan lain selain performa adalah harga. Produsen mobil telah banyak menanamkan dananya untuk pembangunan mesin diesel dalam beberapa tahun terakhir. Dari sejumlah produsen kendaraan roda empat, ditarik sebuah kesepakatan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan lebih mahal dari mesin bensin biasa.

Mesin diesel memiliki komponen bertekanan tinggi, seperti pompa bensin dan sistem common rail injector. Komponen-komponen tersebut memiliki harga yang mahal. Dengan begitu, mobil yang didukung dengan mesin diesel memiliki harga jual yang lebih mahal dari mobil bermesin bensin.

Lingkungan dan Emisi

Banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa mesin diesel memiliki ciri khas yang cukup mengganggu, yakni suara berisik, asap tebal dan bau. Perlu diketahui, sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia otomotif, mesin diesel keluaran terbaru sudah semakin baik meskipun dalam beberapa kondisi suara mesin masih terdengar nyaring.

Tidak hanya itu saja, kelebihan yang dimiliki mesin diesel adalah kadar emisi CO2 yang lebih kecil dibandingkan mesin bensin. Sekedar informasi, emisi CO2 merupakan zat yang menyebabkan pemanasan global. Oleh karenanya pemberlakuan pajak yang didasarkan pada emisi CO2 menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik mobil bermesin diesel.

Akan tetapi, walaupun zat CO2 kecil, mesin diesel dapat menghasilkan zat nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon dan partikulat. Zat tersebut dapat menyebabkan penyakit asma atau gangguan pernafasan lainnya. Amerika menjadi salah satu negara yang memberlakukan peraturan ketat mengenai emisi NOx. Hal ini berdampak pada penjualan mobil diesel yang lebih kecil dibanding bensin. Kondisi ini bertolak belakang dengan Negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Di sana lazim dijumpai mobil bermesin diesel.

“Perbedaan mudahnya, mesin diesel punya suara lebih kasar dibanding mesin bensin. Tapi kembali lagi semua dari selera masyarakat, ini hanya sebagai gambaran umum perbedaan keduanya,” kata Saiful.

Demikian adalah ulasan seputar mobil diesel vs mobil bensin. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua mesin tersebut, semuanya tergantung selera masyarakat.

Source: bensin yang bagus untuk ninja 250 fi, ciri ciri sistem bahan bakar tipe common rail, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply