Home Komparasi Perbedaan SUV dan MPV yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan SUV dan MPV yang Perlu Anda Ketahui

0 1251

Perbedaan Mobil SUV dan MPV, Saat ini sudah tidak terhitung seberapa banyak kendaraan roda empat yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jika melihat ke belakang, dulu masyarakat hanya mengetahui beberapa model, yakni sedan, hatchback, jip, pikap dan minibus.

Seiring berjalannya waktu industri otomotif mengalami perkembangan yang signifikan. Banyak produsen mobil yang menghadirkan inovasi-inovasi terbaru. Selain itu, segmen kendaraan roda empat juga bertambah. Kini kita juga mengenal model sport utility vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Mungkin ada yang bertanya-tanya atau bingung mengenai perbedaan SUV dan MPV. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan kedua model tersebut, sebagaimana dikabarkan Howstuffworks dan dilansir laman Viva.

MPV merupakan mobil yang dirancang dengan mengutamakan kenyamanan penumpang. Mobil jenis ini juga menawarkan ruang bagasi yang luas. Model MPV didesain tinggi dan lebar agar ruang kabin menjadi luas.

Kabin tersebut dapat dipakai untuk menampung hingga tujuh penumpang. Bila ingin memperoleh bagasi ekstra, pengguna dapat melipat kursi sehingga dapat memuat barang lebih banyak.

Di Tanah Air ada banyak model MPV. Wajar saja, model ini banyak diminati masyarakat lantaran dapat membawa hingga tujuh penumpang. Beberapa model yang berada di segmen ini adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Toyota Alphard, Toyota Kijang Innova dan lain sebagainya.

Toyota Avanza 2016 Indonesia

Selanjutnya mari kita bahas seputar SUV. Mobil SUV digolongkan ke dalam beberapa tipe, di antaranya Low SUV, Medium SUV dan High SUV. Mobil ini sengaja dibuat untuk penggemar petualangan dengan mengendarai mobil. Awalnya model ini dirancang dengan struktur body on frame. Artinya, bodi mobil diletakkan di atas sasis.

Struktur tersebut biasanya banyak digunakan pada mobil-mobil yang ditujukan untuk menaklukkan medan off-road, mulai dari batu, tanah hingga lumpur. Dengan adanya sasis, struktur mobil menjadi lebih kuat dan tidak mudah berubah bentuk.

Hanya saja struktur ini memiliki kekurangan, yakni bobot mobil yang menjadi lebih berat. Bobot yang berat akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros dari model MPV. Tidak hanya itu saja, kenyamanan penumpang pada model SUV juga bukan menjadi prioritas.

Hal ini tentu menjadi permasalahan tersendiri bagi para pemilik SUV, terutama bagi mereka yang tidak lagi banyak menghabiskan waktu di daerah yang belum ada jalur beraspal. Kebanyakan mobil SUV digunakan untuk bepergian ke kantor atau perjalanan ke luar kota.

Untuk mengatasi masalah tersebut, produsen mobil menghadirkan model crossover. Mobil yang masuk ke dalam kategori ini bisa dikatakan merupakan kendaraan yang memadukan tampilan kekar layaknya SUV dengan kenyamanan model sedan.

Crossover menggunakan struktur unibody atau monokok. Struktur ini terdiri dari sasis yang dirancang menyatu dengan rangka bodi. Hal ini membuat bobot mobil menjadi lebih ringan. Alhasil konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Lantaran crossover ditujukan untuk penggunaan jalur aspal, maka mobil ini tidak memiliki kemampuan off-road layaknya SUV sejati.

Hanya saja kini banyak pabrikan yang meluncurkan crossover lengkap dengan kemampuan semi off-road. Di samping itu beberapa mobil SUV juga dirancang dengan struktur unibody, yang bertujuan untuk mereduksi konsumsi bahan bakar.

Langkah serupa juga diterapkan pada MPV yang notabene model ini menggunakan struktur rangka unibody. Akan tetapi masih dijumpai pula MPV dengan ladder frame. Contohnya adalah Toyota Kijang Innova, baik untuk model lama ataupun yang terbaru.

Source: beda minibus dan mpv, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply