Home Motor Tips Mengganti Oli Motor, Lakukan Saat Mesin Masih Hangat

Tips Mengganti Oli Motor, Lakukan Saat Mesin Masih Hangat

0 1226

Tips Mengganti Oli Motor, Keberadaan oli seakan sudah melekat erat pada sebuah kendaraan, tak terkecuali pada sepeda motor. Oli memiliki tugas penting meliputi pelumas, pembersih dan pendingin. Namun terkadang pemilik motor mengabaikan penggantian oli.

Padahal seiring pemakaian, oli motor juga perlu diganti. Penggantian oli bertujuan untuk menjaga kinerja motor agar selalu prima. Tentunya Anda tidak mau jika mengalami masalah di perjalanan hanya karena mengabaikan komponen yang satu ini. Agar hal yang tidak ingin terjadi, lakukanlah penggantian oli secara berkala.

Hanya saja banyak orang yang bingung saat kondisi mesin yang bagaimanakah sebaiknya penggantian oli dilakukan. Apakah saat mesin masih panas atau saat dingin?

Menanggapi hal tersebut, Tatang Supriyadi, pemilik bengkel di kawasan Depok, Jawa Barat mengatakan, penggantian oli sebaiknya justru dilakukan saat mesin masih hangat, tidak terlalu panas atau dingin.

“Baiknya diganti saat motor agak panas. Jadi kalau ganti oli di rumah, sebaiknya nyalakan motor dulu sebentar,” jelas Tatang, sebagaimana dilansir Liputan6 belum lama ini.

Ia berpendapat, dalam kondisi hangat oli masih encer sehingga dapat mengalir dengan mudah ketika tutup oli dibuka.

“Sementara kalau dingin, biasanya ada kotoran yang masih menempel di bagian mesin. Jadi kotorannya tidak terbuang. Sementara kalau hangat, kotoran tercampur dengan oli, sehingga ikut terbuang,” kata Tatang.

Ia melanjutkan, bila dalam kondisi mesin dingin, oli masih lumayan kental. “Itu (oli) bentuknya seperti bubur. Jadi lumayan susah mengalir,” ungkapnya.

Selain itu, Tatang menganjurkan untuk melakukan kick starter. Hal ini dilakukan untuk memastikan hanya sedikit sisa oli lama yang masih ada di dalam mesin motor. Setelah oli selesai diganti, jangan lupa tutup kembali saluran oli saat kondisi mesin sudah dingin.

Source: ganti oli saat mesin panas atau dingin, ganti oli saat mesin panas, ganti oli baik mesin panas apa mesin dingin, ganti oli sebaiknya saat mesin panas atau dingin, ganti oli yang bagus pada mesin panas atau dingin, menguras oli motor saat panas atau dingin, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply