Home Motor 4 Komponen Motor Matic yang Mudah Rusak, Cek Secara Berkala

4 Komponen Motor Matic yang Mudah Rusak, Cek Secara Berkala

0 1092

Komponen Motor Matic, Masyarakat Tanah Air saat ini lebih menyukai motor jenis skuter matik atau skutik. Motor matic menjadi pilihan banyak konsumen lantaran mudah digunakan dan tidak perlu memindahkan gigi seperti pada motor bebek atau motor sport.

Namun sama halnya dengan motor jenis lain, skuter matik juga bisa mengalami permasalahan jika sang pemilik mengabaikan perawatannya. Perlu diketahui, ada beberapa komponen pada motor matic yang memiliki usia pendek. Jika tidak pernah melakukan pengecekan, motor kesayangan bisa saja mengalami masalah di tengah jalan.

Menurut WeLoveHonda, sebagaimana dikutip Viva, Selasa (10/05/2016), setidaknya ada empat perangkat yang perlu dicek secara berkala. Berikut adalah keempat komponen motor matic yang mudah rusak:

1. Drive belt

Sudah menjadi rahasia umum bahwa peranti yang satu ini rawan kerusakan. Drive belt memiliki tugas penting, yakni menghubungkan mesin dengan penggerak roda. Oleh karenanya jangan lupa untuk memeriksa komponen ini agar tidak putus saat Anda kendarai.

2. Ban

Ban motor matic juga dianggap lemah, sebab lebih cepat botak dibanding ban motor sport. Hal ini adalah wajar, karena diameter ban skutik memang lebih kecil. Alhasil ban akan berputar lebih banyak dan dapat menyebabkan ban aus lebih cepat.

3. Rem

Sering dijumpai pengendara skutik yang suka menarik tuas rem. Bahkan ada pula yang tetap menarik tuas rem saat skutik sedang berjalan normal. Hal seperti itu justru membuat kampas rem cepat habis.

4. Kopling

Prinsip kerja onderdil ini mirip dengan model motor lainnya. Hanya saja karakteristik kopling pada motor matic berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai dari roller, per, kopling dan lain-lain. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin. Siapkan pula anggaran untuk membeli suku cadang baru untuk antisipasi jika kelak komponen tersebut mengalami kerusakan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply