Home Auto News Hasil Balap F1 Spanyol 2016, Verstappen Cetak Rekor Baru!

Hasil Balap F1 Spanyol 2016, Verstappen Cetak Rekor Baru!

0 1032

Hasil Balap F1 Spanyol 2016, F1 Seri Spanyol 2016 mengukirkan sejarah baru yang tidak terduga. Hal ini terjadi setelah Max Verstappen sukses meraih kemenangan pertamanya di F1. Tidak hanya itu saja, ia juga menjadi pembalap termuda yang berhasil mencetak kemenangan ini. Keberhasilan tersebut diraih Verstappen pada penampilan perdananya sebagai pembalap Red Bull Racing. Ia menggantikan Daniil Kvyat yang didemosi ke Toro Rosso.

Verstappen berhasil menjadi pembalap yang lebih dulu menyentuh garis finish setelah mendapat perlawanan sengit dari pembalap Ferrari, Kii Raikkonen di 10 lap terakhir. Namun Verstappen diuntungkan dengan traksi maksimal mobil RB12. Alhasil ia sanggup meninggalkan Raikkonen yang finish 0,616 detik di belakangnya.

Sementara podium ketiga direbut oleh Sebastian Vettel. Sebelumnya ia juga mendapat tekanan dari Daniel Ricciardo di lap-lap akhir. Namun persaingan di antara keduanya berakhir satu lap menjelang finish karena Ricciardo mengalami permasalahan pada ban.

F1 2016 Spanyol juga diwarnai dengan insiden tak terduga. Kedua pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton bertabrakan di lap pembuka.

Rosberg melakukan manuver bertahan yang agresif. Hal ini membuat Hamilton terpaksa merumpun dan kehilangan kendali menuju tikungan 4. Terlambat untuk bereaksi, Hamilton pun melintir dan menabrak mobil Rosberg. Akibat insiden ini keduanya harus mengakhiri balap di lap 1.

F1 Spanyol 2016 2

Usai Rosberg dan Hamilton tidak dapat meneruskan balap, alhasil jalannya pertandingan diambil alih oleh Red Bull dan Ferrari di barisan depan. Ricciardo memimpin jalannya balapan, disusul oleh Verstappen yang merupakan rekan setim barunya.

Ricciardo dan Vettel sempat menjadi kandidat utama untuk kemenangan sirkuit Catalunya. Hanya saja strategi dua kali pitstop Verstappen dan Raikkonen terbukti lebih baik untuk merebut posisi terdepan.

Sementara itu, beberapa aksi menyalip juga ditunjukkan pembalap Haas, Esteban Guiterrez dari persaingan baris tengah. Gutierrez yang mengincar point pertamanya di musim ini finish di urutan ke-11, hanya satu posisi dari posisi finish poin.

Sedangkan Carlos Sainz Jr dari Toro Rosso berhasil menunjukkan performa terbaiknya di balap kandang dengan finish di posisi keenam. Sementara rekan satu negaranya, Fernando Alonso tidak berhasil menyentuh garis finish lantaran mengalami masalah teknis. Pembalap Manor asal Indonesia, Rio Haryanto menutup GP Spanyol dengan finish di urutan ke-17.

Terdapat beberapa pembalap yang harus gugur di sirkuit Catalunya. Diantaranya Rosberg, Hamilton, Nico Hulkenberg, Alonso dan Romain Grosjean.

Verstappen mengaku tidak percaya dapat meraih kemenangan di F1 Spanyol 2016. Pembalap berusia 18 tahun itu mengalahkan rekor Sebastian Vettel yang meraih kemenangan di F1 Italia 2008 saat berusia 21 tahun.

“Rasanya menakjubkan. Saya tidak percaya. Itu balapan yang hebat,” jelas pembalap asal Belanda itu.

“Saya harus berterimakasih kepada tim yang membuat mobil hebat. Untuk menang langsung di balapan pertama rasanya menakjubkan,” ungkapnya.

Hasil balap F1 Spanyol 2016:

  1. Max Verstappen Red Bull Racing : 1:41:40.017
  2. Kimi Räikkönen Ferrari : +0.616
  3. Sebastian Vettel Ferrari : +5.581
  4. Daniel Ricciardo Red Bull Racing : +43.950
  5. Valtteri Bottas : Williams : +45.271
  6. Carlos Sainz Toro Rosso : +61.395
  7. Sergio Perez Force India : +79.538
  8. Felipe Massa Williams : +80.707
  9. Jenson Button McLaren : +1 lap
  10. Daniil Kvyat Toro Rosso : +1 lap
  11. Esteban Gutierrez Haas : +1 lap
  12. Marcus Ericsson Sauber : +1 lap
  13. Jolyon Palmer Renault : +1 lap
  14. Kevin Magnussen Renault : +1 lap
  15. Felipe Nasr Sauber : +1 lap
  16. Pascal Wehrlein Manor : +1 lap
  17. Rio Haryanto Manor : +1 lap

Gagal finish:

  • NC Romain Grosjean : Haas : DNF
  • NC Fernando Alonso McLaren : DNF
  • NC Nico Hulkenberg Force India : DNF
  • NC Lewis Hamilton Mercedes : DNF
  • NC Nico Rosberg Mercedes : DNF

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply