Home Auto News Detail Spesifikasi dan Harga Ducati XDiavel 2016 Indonesia

Detail Spesifikasi dan Harga Ducati XDiavel 2016 Indonesia

0 801

Moge Ducati XDiavel 2016, Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT Garasindo Euro Sports (GES) akhirnya resmi meluncurkan Ducati XDiavel di Indonesia. American Cruiser ini mengusung performa khas motor Italia dan dipadukan dengan konsep low-speed excitement.

Dhany Yahya, Managing Director PT GES mengatakan, nama X pada XDiavel merupakan perpauan dua dunia berbeda dalam satu sepeda motor tanpa kompromi.

“X (pada XDiavel) merupakan penggabungan dua culture. X merupakan penggabungan dengan pleasure tipikal Amerika long sasis dengan digabungkan teknologi, performa, dan style desain,” ungkap Dhany, dikutip dari DetikOto, Senin (16/05/2016).

Motor seri cruiser kebanggaan Ducati ini digambarkan dalam angka 5.000, 60 dan 40. Angka 5.000 memiliki makna putaran mesin (rpm) dari Ducati XDiavel yang mengusung dapur pacu twin-cylinder dengan raihan torsi maksimum 13,1 kgm.

Sementara angka 60 bermakna jumlah konfigurasi posisi pengendara. Ducati XDiavel memiliki 4 posisi footrest, dengan 5 posisi tempat duduk dan tiga posisi handlebar.

Lalu angka 40 pada motor gede ini merupakan maksimum sudut berbelok. XDiavel dibekali suspensi, sasis dan rem yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan pengalaman berkendara yang sporty. PT GES juga menawarkan varian XDiavel S yang memiliki tampilan lebih menarik.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah detail spesifikasi dan harga Ducati XDiavel 2016 di Indonesia.

Ducati XDiavel 2016 Indonesia 2

Desain bodi

Motor baru Ducati ini mengusung konsep technocruiser yang menggabungkan konsep motor cruiser dengan DNA Ducati. Para deseainer Ducati juga memperhatikan proporsi, pembentukan dan detail motor ini sehingga dapat menghadirkan motor dengan tampilan cruiser.

Tampilan motor ini terlihat unik dengan lekukan bodi yang menutupi kerangka motor. Mesin Ducati Testastretta DVT 1262 yang dibenamkan pada motor ini tampak menonjol sehingga menjadi daya tarik dari XDiavel.

Frame dibuat pendek dan modern dengan mengadopsi frame klasik dari Ducati Trellis. Sementara tangki berbentuk teardrop menghadirkan ciri khas cruiser namun tetap mewarisi DNA dari Monster dan Diavel.

Lampu depan moge ini memiliki Daytime Running Light sehingga tampilannya terlihat lebih agresif. Di samping itu tailpiece, silincer dan tempat duduk juga dibuat khusus dengan bentuk yang selaras dan harmonis.

Ducati mengaplikasikan teknologi LED pada lampu depan dan belakang. Lampu ini juga dirancang agar XDiavel mudah dikenali. Menariknya lampu dapat menyesuaikan konfigurasi siang hari hari ke malam secara otomatis melalui sensor yang terletak di bagian dashboard. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Melihat bagian bannya, Ducati XDiavel mengandalkan pelek 14 spoke. Bagian depan menggunakan pelek 3.5” x 17” sementara belakang 8” x 17”. Lalu untuk varian S dibekali pelek 12-spoke dengan pelek 12-spoke machine-finished yang memiliki desain menawan.

Kaki-kaki bagian depan dibalut dengan ban 120/70 ZR17 tradisional dengan tapak yang didesain ulang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa saat melintasi jalur basah. Sementara ban belakang memakai 240/45 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II.

Ban belakang XDiavel dilengkapi fitur dual compound technology dan EPT (Enhanced Patch Technology). Teknologi ini berguna untuk meningkatkan traksi terbaik ketika berbelok.

Sedangkan tampilannya terlihat elegan berkat sentuhan warna hitam Dark Stealth dengan Mineral Grey untuk subframe dan swingarm. Khusus untuk varian XDiavel S, Ducati membalut bagian mesin dengan warna hita gloss. Sedangkan penutup belt dibiarkan tanpa warna untuk menonjolkan aksen aluminium.

Posisi berkendara

Ducati XDiavel memiliki kelebihan utama yang terletak pada posisi berkendaranya. Motor premium asal Italia ini dirancang dengan tempat duduk rendah dengan footrest menghadap ke depan dan ergonomis. Footrest moge ini mempunyai tiga posisi (22,5 mm dari setting standar). Pengguna dapat memilih beragam gaya berkendara sesuai dengan keinginannya.

Tidak hanya nyaman untuk dikendarai, motor Ducati ini juga memiliki sistem keamanan yang mumpuni. XDiavel mengusung Ducati Riding Modes yang terintegrasi dengan sistem Ducati Safety Pack.

Terdapat tiga tingkat pengaturan pada sistem tersebut. Untuk level 1 memiliki performa sport riding maksimum dengan mengaktifkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) pada roda depan saja.

Sementara level 2 memastikan keseimbangan antara roda depan dan belakang tanpa deteksi peningkatan traksi ke roda belakang. Akan tetapi tetap terintegrasi dengan Cornering braking system dan dikalibrasi untuk riding sports-style. Lalu level 3 khusus mode touring dan urban yang di optimalisasi dari perangkat ABS.

Pengendara juga bisa merasakan posisi berkendara layaknya motor balap Ducati Performance dengan central footpeg.

Tempat duduk XDiavel dirancang dengan mengutamakan kenyamanan. Ketinggiannya mencapai 755 mm dan dapat diatur lebih tinggi hingga 20 mm atau lebih rendah 10 mm. Tempat duduk tersebut dibuat dari bahan material berkualitas premium. Terdapat pula backrest agar berkendara lebih aman.

Mesin

Beralih ke sektor performa, Ducati XDiavel dilengkapi dengan mesin Ducati Testastretta DVT 1262 twin-cylinder yang sudah memenuhi standar Euro4. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 156 hp pada putaran 9.500 rpm dengan torsi maksimum 13,1 kgm pada 5.000 rpm.

Mesin twin-cylinder XDiavel memiliki kapasitas 1.262 cc dengan bore dan stroke 106 x 71,5 mm. Sebagai pembanding, Ducati Testastretta DVT 1200 memiliki bore dan stroke 106 x 67,9 mm. Sementara kompresi rasionya mencapai 13:1.

Posisi mesin moge ini memiliki nilai estetika, dimana peletakan pompa air di posisi L antara dua silinder. Peletakan mesin juga dibuat agar mudah dilihat di bagian tengah.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan dengan gear sensor yang pernah dipakai model 1299 Panigale. Ini merupakan pertama kalinya Ducati menghadirkan transmisi tipe belt pada model XDiavel.

Sistem pembuangan gas atau knalpot motor ini merupakan sistem 2-in1 dengan bodi chamber type dan dua tail pipes. Konfigurasi pipa knalpot sengaja dirancang agar mesin mudah dilihat seperti posisi central body di depan roda belakang.

Fitur

Motor baru ini juga memiliki sejumlah fitur yang akan menawarkan kemudahan selama perjalanan. Salah satunya adalah hadirnya empat mode display serta mode pengaturan di bagian dashboard.

Ducati XDiavel juga memiliki switchgears khusus dengan tombol red-backlit. Dalam kondisi diam, pengguna dapat memakai switchgear di bagian kiri untuk akses menu dan mengatur beberapa fungsi, misalnya mengatur DTC dan DRL, serta cornering ABS. Untuk mengatur kecepatan, pemilik dapat mengaktifkan fitur Cruise Control.

Motor gede ini juga dilengkapi dengan sistem konektivitas yang menghubungkan pengendara dengan dunia luar. Melalui sambungan bluetooth, pengguna dapat melakukan panggilan atau menerima telepon, menerima pesan singkat dan mengatur musik yang ingin didengar.

Di samping itu pengguna juga dapat menghidupkan mesin tanpa memakai kunci mekanik. Caranya cukup menggunakan kunci elektronik dalam jarak dua meter. Secara otomatis control panel XDiavel akan menyala dan mesin siap untuk dihidupkan. Kunci XDiavel juga dilengkapi dengan sensor.

Tidak hanya itu saja, motor ini juga ditawarkan dengan beberapa pilihan paket, salah satunya adalah Sport Pack. Pilihan paket ini terdiri dari pengaturan untuk memajukan handlebars, handlebar plugs, forged aluminium rim dan fuel filler cap.

Tersedia pula paket lain, yakni Touring Pack (tempat duduk penumpang yang aman, backrest untuk penumpang, magnetic) dan Urban Pack (penutup rear brake fluid reservoir, billet aluminium footrest, billet aluminium frame plugs, billet aluminium handlebar end weights, brake dan clutch fluid reservoir covers, billet aluminium clutch cover, phase inspection cover dan Roadster nose fairing).

Harga

Di Indonesia, Ducati XDiavel dapat dilihat secara langsung di diler Ducati terbesar di dunia yang berada di Jakarta. Bagi konsumen yang berminat membelinya, XDiavel dibanderol dengan harga Rp 799 juta (off the road) dan Rp 899 juta untuk tipe XDiavel S.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply