Home Motor Manfaat Pemakaian Ban Tapak Lebar pada Motor

Manfaat Pemakaian Ban Tapak Lebar pada Motor

0 929

Ban Motor Tapak Lebar, Kemampuan bermanuver pengendara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah penggunaan jenis ban. Ban sepeda motor dengan tapak lebar dapat menawarkan pengalaman berkendara yang stabil.

Selain stabil, pemakaian ban berukuran di atas rata-rata juga memberikan beberapa manfaat bagi pengendara. Apa saja manfaat yang diperoleh pengendara dengan menggunakan ban tapak lebar?

Dapat meredam guncangan lebih maksimal

Sepeda motor yang mengandalkan ban tapak lebar dapat meredam guncangan saat melalui jalanan yang berlubang atau bergelombang. Hal ini dapat terjadi lantaran ban tapak lebar memiliki ruang lebih besar untuk memijak ke aspal. Alhasil ban dapat meredam benturan keras lebih maksimal.

Mempunyai keseimbangan yang baik

Manfaat lain penggunaan ban tapak lebar adalah pengendalian yang lebih stabil dan daya cengkram ke aspal yang lebih kuat. Alasannya, karet ban yang menyentuh aspal lebih banyak sehingga motor mudah untuk dikendalikan. Tidak hanya itu, ban tersebut juga dapat memberikan kenyamanan saat motor digunakan untuk menikung. Hal inilah yang membuat banyak pemilik motor berkeinginan untuk memperbesar ukuran tapak ban.

Tampilan gagah

Selain dari segi kenyamanan, pengaplikasian ban jenis ini juga berdampak pada tampilan motor tersebut. Tunggangan akan menjadi lebih gagah. Secara visual pemakaian ban tapak lebar juga lebih amah karena lebih dapat dilihat oleh pengendara lain yang berada di belakang.

Lebih aman

Ban tapak lebar akan memberikan keamanan yang lebih baik, bahkan meski terkena ranjau paku. Selain itu ban ini umumnya tidak menggunakan ban dalam atau disebut dengan istilah tubeless, sehingga tekanan angin tidak langsung habis bila paku baru tertancap pada ban motor.

Hanya saja ada hal yang harus dipertimbangkan saat hendak mengaplikasikan ban bertapak lebar. Anda harus mengetahui ukuran maksimal yang bisa diaplikasikan supaya tidak membebani kinerja motor. Untuk hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan pihak bengkel resmi atau orang yang lebih paham seputar motor.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply