Home Mobil Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

0 1367

Mobil Penggerak Roda Belakang, Pada dasarnya sistem penggerak roda pada mobil dibagi menjadi tiga, yakni penggerak roda depan (front wheel drive), penggerak roda belakang (rear wheel drive) dan penggerak empat roda (four wheel drive 4WD/AWD).

Perlu diketahui, penggunaan sistem penggerak roda pada mobil tergantung dari alasan penggunaan kendaraan tersebut. Di Indonesia lazim kita jumpai mobil dengan sistem penggerak roda belakang. Sistem ini dikenal fleksibel untuk pemakaian dalam kota, luar kota, beban berat dan jalan menanjak. Sistem gerak roda ini biasanya digunakan pada mobil berpenumpang banyak, seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memiliki daya angkut tujuh penumpang

Lalu apa saja kelebihan dari sistem penggerak roda belakang pada MPV? Berikut akan diulas lebih jauh seputar sistem penggerak roda ini.

Perawatan lebih mudah

Perawatan atau proses pencucian sistem gerak roda ini dinilai lebih mudah. Pasalnya mesin mobil dipasang searah dengan bodi mobil. Hal ini membuat ruang mesin menjadi longgar.

Bertenaga di jalan menanjak

Mobil yang mengandalkan sistem penggerak roda ini akan menyalurkan tenaga ke roda belakang. Karena didistribusikan ke roda belakang, maka tenaga tersebut bertugas mendorong mobil. Lain halnya dengan sistem penggerak roda depan yang tenaganya disalurkan ke roda depan, sehingga bertugas untuk menarik mobil.

Dibanding tarikan, karakteristik dorongan akan memudahkan kemampuan mobil ketika membawa beban yang lebih banyak, bahkan walaupun di jalan menanjak sekalipun. Kemampuan sistem penggerak roda belakang ini tentu cocok dengan MPV tujuh penumpang. Pasalnya jika kursi terisi penuh mobil akan menghasilkan beban yang cukup besar. Belum lagi jika mobil digunakan untuk bepergian ke puncak.

Lebih lincah

Dengan mengusung sistem penggerak roda belakang, mobil akan menjadi lebih tahan banting, terutama di jalanan yang berlubang dan tidak rata. Power steering pada mobil RWD umumnya dibuat lebih enteng karena roda depan hanya bertugas mengarahkan ke kanan atau kiri saja. Hal ini akan membuat mobil lebih lincah dan memudahkan pengemudi untuk melakukan manuver.

Mudah bermanuver di tikungan tajam

Radius putar mobil dengan sistem penggerak ini lebih patah, sebab arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Dengan begini, tidak sulit bagi mobil ini untuk melintasi tikungan tajam. Pengemudi juga tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan sudut parkir.

Lebih tahan lama

Roda depan mobil RWD hanya berfungsi untuk mengatur arah. Hal tersebut membuat sistem mekanisasi, kemudi dan sistem suspensi depan menjadi lebih awet.

Hanya saja, sistem penggerak roda belakang juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah akselerasi yang lebih rendah dari mobil berpenggerak roda depan. Tidak hanya itu, mesin juga lebih sering kehilangan tenaga dan boros bahan bakar. Pasalnya tenaga yang dihasilkan mesin harus melalui beberapa proses sebelum menggerakkan roda belakang.

Di segmen MPV, salah satu mobil yang memakai sistem penggerak roda belakang adalah Toyota Avanza. Model terbarunya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang baru saja meluncur tahun lalu tetap mempertahankan sistem penggerak roda ini. Saudara kembarnya, Daihatsu Xenia juga setia memakai sistem ini. Penggerak roda belakang juga masih cukup populer di segmen sedan.

Demikian adalah kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda belakang. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini. Sesuaikan sistem gerak roda mobil dengan kebutuhan Anda.

Source: kekurangan mobil rwd, keuntungan dan kerugian mobil mesin penggerak roda belakang, kelebihan dan kekurangan Mobil penggerak roda belakang, kelebihan dan kekurangan penggerak belakang mobil, keuntungan kekurangan mobil penggerak roda belakang, mpv bekas 80 jutaan penggerak roda blk, sebutkan 4 kelemahan dari mesin depan penggerak belakang, sistem penggerak roda belakang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply