Home Kawasaki Modifikasi Kawasaki Ninja 150R, Jawara Balap 500 Meter

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R, Jawara Balap 500 Meter

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R, Ada banyak jalan menuju Roma. Tampaknya peribahasa tersebut juga cocok di dunia modifikasi. Ada beragam cara yang bisa ditempuh agar tunggangan kesayangan berubah sesuai keinginan kita.

Untuk Anda pemilik Kawasaki Ninja 150R yang sedang berencana mendongkrak performa motor, ada satu referensi yang bisa Anda simak. Modifikasi Ninja 150R yang satu ini sudah mencetak beberapa kemenangan untuk balap 500 meter. Motor sport ini dirombak oleh Isa Darmawan, pemilik bengkel KMM154 yang bermarkas di Ciledug.

Apa saja ubahan yang diterapkan sehingga membuat motor tersebut bisa meraih kemenangan? Berikut adalah detail modifikasi motor Kawasaki Ninja 150R spek 500 meter.

Head & Silinder

Di bagian ini, sang modifikator melakukan beberapa sentuhan perubahan. Salah satunya adalah volume kubah yang dibuat 13,5 cc. Sementara piston tetap menggunakan standar bawaan pabrik, karena motor ini bermain di kelas standar. Pria yang akbrab disapa Ko Isa itu memangkas exhaust port hingga 7 mm. Jika dalam kondisi standar, tinggi lubang buang dari bibir liner mencapai 36 mm, kini menjadi 29 mm.

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R 2007 2

Di samping itu Ko Isa juga memapas lubang transfer 0,5 mm. Ubahan ini dilakukan agar volume gas yang dislaurkan ke ruang bakar menjadi lebih banyak. Hanya saja, modifikasi tersebut membuat mesin lebih boros bahan bakar. Dengan ubahan pada sektor head dan silinder ini, rasio kompresi Ninja 150R tersebut menjadi 7,1 : 1.

Karburator

Bagian karburator juga tidak luput dari perhatian. Komponen pengabutan bahan bakar motor ini memakai Keihin PWL 28. Akan tetapi venturi karburator ini direamer menjadi 30 mm. Sementara setingan spuyer memakai main jet 130 dan pilot jet 68. Ko isa juga mengganti nozzle dengan lansiran PWK oval. Sementara membran motor sport ini menggunakan merek Boyesen supaya pengabutan bisa lebih sempurna.

Pengapian

Agar tenaga yang dihasilkan mesin dari putaran tengah hingga atas lebih maksimal, sektor pengapian dimodifikasi menjadi total loss. Magnetnya menggunakan milik Honda Nova Dash, tak terkecuali pulsernya. Komponen tersebut dikombinasikan dengan CDI milik Denso berkode 1454.

Rasio transmisi

Ko Isa juga mengungkapkan ubahan di bagian rasio transmisi yang sukses membuat Ninja 150R melesat kencang. “Gigi 1, 2 dan 6 diganti perbandingannya. Yakni gigi I pakai 28/10, gigi II : 25/17 dan gigi VI : 21/22. Lainnya standar. Itu supaya bawah cepat dan atasnya lebih ngacir,” paparnya, dilansir dari laman MotorPlus.

Knalpot

Bagian terakhir yang diubah adalah saluran gas buangnya. Untuk bagian ini sang modifikator membuatnya sendiri. Sentuhan di bagian ini bertujuan untuk membuat hasil pembakaran lebih lancar.

Knalpot buatan Ko Isa dibuat model cacing, dengan diameter lambung sebesar 42 mm. Lalu untuk silincer mengandalkan buatan B’Pro. ”Tujuan custom sendiri knalpotnya, agar tau spek mana yang lebih pas dengan kemauan mesin,” jelasnya. Bagaimana, tertarik untuk melakukan ubahan serupa?

Ninja 150R merupakan motor sport buatan Kawasaki yang mengusung mesin 2-tak, Crankcase Reedvalve, Super KIPS, HSAS. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 22,1 kW pada putaran mesin 10.500 rpm dengan torsi puncak 21,6 Nm pada putaran 9.000 rpm.

Tenaga yang dihembuskan mesin didistribusikan ke ban belakang melalui transmisi 6-percepatan, constant mesh, return shift. Diameter x langkahnya 59,0 x 54,4 mm, sementara perbandingan kompresinya 6,8 : 1.

Kawasaki Ninja 150R menggunakan suspensi depan telescopic fork dan suspensi belakang monoshock. Sementara sistem pengeremannya mengandalkan rem cakram twin port di bagian depan dan belakang.

Data modifikasi Kawasaki Ninja 150R:

  • Pelek depan-belakang : Takasago ring 17”
  • Swing arm : Ninja 150RR
  • Setang : Reprila TZM

Img source: http://motorplus-online.com

Source: pengapian ninja r super kips, modifikasi membran ninja r, Ninja 150 modif, modif membran ninja, ninja balap 500meter, ninja 500 meter, ninja r modifikasi, ninja 4 tak modifikasi, ninja rr tercepat jarak 500 meter, ninja std porting 500m, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply