Home Modifikasi Motor Upgrade Performa Yamaha Xabre, Tenaga Naik Jadi 20 Dk

Upgrade Performa Yamaha Xabre, Tenaga Naik Jadi 20 Dk

0 1368

Upgrade Performa Yamaha Xabre, Yamaha Xabre merupakan produk baru andalan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor baru ini merupakan versi naked dari YZF-R15 yang sudah dipasarkan di Tanah Air. Hanya saja, bagi sebagian orang performa standar Xabre kurang maksimal. Bahkan ada pula pemilik yang tak ragu untuk mendongkrak tenaganya dengan beberapa sentuhan modifikasi.

Salah satunya juga dilakukan oleh pemilik Xabre ini. Meskipun baru saja turun dari dealer, Yamaha Xabre langsung dibawa ke bengkel untuk keperluan upgrade performa.

“Kata pemiliknya standar kurang mantap, jadi minta dibore up,” ujar Afandi, dari bengkel Afandi Motor Sport (Afmos) yang dikutip Otomotifnet.

Menariknya sang pemilik yang berasal dari Tangerang Banten itu tidak ingin hanya melakukan bore up saja. Ia juga ingin motor tunggangannya menggunakan kepala silinder dengan klep lebar. Penasaran dengan hasil ubahan Yamaha Xabre ini? Berikut adalah detail ubahan nakedbike bermesin 150 cc itu.

Bore up 66 mm

Upgrage Yamaha Xabre 2016 2

Seperti yang diketahui, motor ini mengusung mesin yang mirip dengan milik Yamaha Vixion. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik yang ingin meningkatkan tenaganya. Pasalnya part pendongkrak performa banyak dijual di pasaran, tak terkecuali paket bore up-nya.

Untuk Xabre ini, modifikator memilih keluaran KTC yang memiliki piston 66 mm. Bila dihitung, isi silinder naik menjadi 200,7 cc. Hanya saja piston harus dipapas lantaran rasio kompresi terlalu tinggi. “Rasio kompresi dibikin jadi 10,5:1 biar aman dipakai turing,” kata Afandi.

Cylinder head uma 25-22

Upgrage Yamaha Xabre 2016 3

Untuk meningkatkan efisiensi volumetris, kepala silinder diganti satu set dengan milik Uma Racing yang memiliki klep in 25 dan out 22 mm. “Isinya sudah berikut kem, per dan pelatuk, tapi saluran masuk dan buang saya halusin lagi,” tambahnya. Selain itu dipasang pula intake manifold-nya, sebab lubang ini berbeda dengan standar.

Injektor aftermarket

Agar jumlah pasokan bensin lebih banyak, injektor bawaan pabrik dipensiunkan dan diganti dengan produk aftermarket yang memiliki kapasitas 140 cc/menit.

Kampas kopling

Afandi juga melakukan ubahan pada kampas koplingnya. Ia mengganti part asli dengan kampas kopling Scorpio yang dikombinasikan per buatan Afandi. Ubahan ini dibuat agar penyaluran tenaga lebih maksimal. Hasilnya, tuas kopling menjadi lebih responsif meskipun sedikit lebih berat dari sebelumnya.

Knalpot

Upgrage Yamaha Xabre 2016 4

Perubahan juga terjadi pada bagian saluran gas buang. Knalpot asli diganti dengan produk WRX. “Ini special order dengan dudukan O2 sensor di leher, karena cylinder head Uma enggak ada dudukannya,” ungkap Afandi.

Hasil tes dyno

Setelah motor selesai dirombak, kini saatnya mengetahui hasil ubahan. Yamaha Xabre digiring ke Sportisi Motorsport (SM), Rawamangung, Jakarta Timur untuk keperluan tes dyno.

Hasilnya, Xabre dapat meledakkan tenaga hingga 20,38 dk pada 9.900 rpm dengan torsi 17,3 Nm pada putaran 7.200 rpm. Sementara dalam kondisi standar, motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 14,52 dk pada 8.500 rpm. Sementara torsi maksimumnya 13,15 Nm pada 7.200 rpm. Tercatat ada peningkatan tenaga sebesar 5,86 dk dan torsi 4,15 Nm.

Melihat grafiknya, sebenarnya tenaga maksimal motor ini bisa lebih tinggi lagi. Hanya saja limiter ECU standar membuat grafiknya belum mulus.

“Mestinya dipasang piggyback seperti Power Commander V untuk mapping ulang suplai bensinnya, di bawah 7.500 rpm terlalu kering bahkan AFR sampai 16:1. Kalau dimapping bisa tembus 22 dk tuh,” jelas pemilik SM, Brahmantio Prayogo.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: xabre modifikasi, modifikasi mesin yamaha xabre, cara dohgkrak tenaga xabre, motor xabre 2 silinder, Piston scorvio masukan ke vixseon, selinder head xabre 200, tambah tenaga xabre, upgrade kampas kopling yamaha xabre, upgrade mesin yamaha xabre, upgrade motor yamaha, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply