Home Kawasaki Modifikasi Kawasaki Ninja RR Mono, Tiga Ubahan Dongkrak Tenaga

Modifikasi Kawasaki Ninja RR Mono, Tiga Ubahan Dongkrak Tenaga

Modifikasi Kawasaki Ninja RR Mono, Ninja RR Mono memiliki bobot yang ringan dan didukung sasis kompak. Hal ini membuat motor tersebut bisa dengan mudah meraih juara pada ajang balap. Kendati demikian, ada beberapa tips tambahan yang bisa diterapkan agar motor dapat berlari lebih kencang lagi. Berikut adalah hasil modifikasi motor Ninja RR Mono karya Dream Garage, sebagaimana dikabarkan Otomotifnet.

Ubahan motor sport ini tidak terlalu banyak. Totalnya hanya tiga komponen yang mendapat sentuhan modifikasi. Hal ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang tidak memperbolehkan banyak modifikasi.

Porting & polish

Sama halnya dengan ubahan kepala silinder pada umumnya, porting & polish jalur inlet dan exhaust turut dilakukan. Sudut lekukan dibuat tidak terlalu tajam. Tujuannya untuk mengurangi munculnya turbulensi udara yang merugikan di dalam lubang masuk.

Knalpot

Upgrade Kawasaki Ninja RR Mono 2

Untuk sistem pembuangan sisa pembakaran, sang modifikator mempercayakannya kepada knalpot RX8 full system. Alhasil pembuangan menjadi lebih plong.

ECU Standalone & Piggyback

Untuk komponen ini, Kawasaki Ninja RR Mono dilengkapi ECU standalone aRacer SpeedTek RC1 full programmable. Uniknya peranti tersebut masih disandingkan lagi dengan piggyback Power Commander V (PCV) dan auto tune Dynojet.

Upgrade Kawasaki Ninja RR Mono 3

Alasan penggunaan komponen-komponen tersebut bukan karena kurang percaya dengan performa salah satunya. “Karena kami masih belum familier dengan cara penyetingan ECU standealone aRacer ini. Makanya piggyback Power Commander V ikut dipasang,” kata Tegas Adi Prasanda, pemilik Dream Garage. Peranti ECU aRacer SpeedTek RC1 hanya dipakai untuk mengatur pengapian saja, opsi yang tidak ada pada PVC.

Kompresi Ninja RR Mono naik menjadi 12,5:1. Langkah berikutnya adalah memajukan timing pengapian agar bahan bakar dengan oktan 95 mudah terbakar. Sang modifikator mengatur timing pengapian rpm bawah lebih maju. Sementara rpm atas setingannya dibuat mundur. Danny Satria, mekanik Dream Garage menjelaskan, hal itu dilakukan agar mesin lebih basah sehingga tidak mudah jebol.

Upgrade Kawasaki Ninja RR Mono 4

Untuk menambah suplai bahan bakar, penyetingan air fuel ratio (AFR) memakai PVC dengan memanipulasi basic mapping yang ada pada ECU aRacer SpeedTek RC1.

Data tes:

  • Power standar : 24,19 dk/9.800 rpm
  • Power Upgrade : 27,9 dk/10.400 rpm
  • Torsi standar : 19,73 Nm/6.900 rpm
  • Torsi Upgrade : 21,38 Nm/7.000 rpm

Img source: http://otomotifnet.com

Source: upgrade ninja rr mono, hasil balap ninja rr mono 2016, Tambah power ninja mono, rrmono modifikasi mesin, rr mono mesin, porting polish ninja rr mono, porting ninja 250 mono, modip ninja rr mono ringan, modifikasi ringan ninja rr mono, modifikasi ninja warna hijau, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply