Home Mobil Tips Mengemudikan Mobil Mesin Turbo, Pelajari Karakternya

Tips Mengemudikan Mobil Mesin Turbo, Pelajari Karakternya

0 1098

Tips Mengendarai Mobil Turbo, Seiring berkembangnya teknologi di dunia otomotif, mulai banyak mobil yang mengadopsi teknologi canggih. Untuk sektor performa, kita tentu sudah tidak asing dengan mesin turbo. Mesin ini cukup menarik hati lantaran karakternya. Pada putaran mesin tertentu, dorongan tenaga akan meningkat secara tiba-tiba dan memberi dorongan yang kuat. Namun bagi Anda yang belum terbiasa harus mengenal karakter mesin turbo agar tidak kaget.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil bermesin turbo. Saat melaju, ada momen ketika pedal gas mulai diinjak hingga turbo aktif. Hal ini dikenal dengan istilah turbo lag. Karakter tersebut harus Anda pahami sebelumnya. Sebab, begitu turbo aktif lonjakan mesin yang tiba-tiba dapat membuat Anda kehilangan kontrol atas mobil yang Anda kemudikan.

“Mesin yang dilengkapi turbo memiliki rasa yang berbeda dengan mesin biasa. Mesin biasa merespons lebih cepat tapi halus daripada mesin turbo, karena di mesin turbo ada turbo lag, dan kemudian baru ada tendangan tenaga,” jelas Marcell Kurniawan dari Real Driving Course, dikutip dari Autobild.

Pada mesin modern, khususnya diesel turbo gejala turbo lag memang dapat diminimalisir lantaran turbo sudah bekerja di putaran relatif lebih rendah. Hanya saja, tenaga yang secara tiba-tiba melonjak tetap bisa membuat pengemudi lepas kontrol. Oleh karenanya pengemudi harus mempunyai kemampuan mengemudi yang sudah masuk ke pengalaman psikomotoriknya. Pengemudi dituntut harus sanggup beradaptasi dengan keadaan yang ada.

“Seperti dengan melakukan penginjakan pedal akselerator yang tidak menyebabkan kendaraan melompat dan membahayakan dirinya dan pengemudi lain,” terang Marcell.

Tips Mengendarai Mobil Mesin Turbo

Untuk itu, saat mulai mengemudi mobil bermesin turbo disarankan untuk melakukan proses adaptasi dengan membaca karakter mobil turbo tersebut. Injak pedal gas secara bervariasi untuk melihat respon mesin. Coba juga pengereman dan rasakan feedback mobil melalui setir.

Sementara prinsip safety driving tidak ada bedanya dengan berkendara mobil normal. Contohnya seperti saat hendak mendahului mobil lain. Namun selalu ingat bahwa mobil yang Anda kemudikan memakai mesin turbo sehingga Anda selalu waspada. Jangan mudah terbawa emosi ataupun nafsu.

“Tanya dulu pada diri kita sendiri, apakah saya perlu untuk mendahului, apakah peraturan memperbolehkan, apakah keadaan sekitar aman untuk mendahului, apakah secara skill atau kendaraan kita mampu? Jika salah satu pertanyaan di atas jawabannya tidak, jangan lakukan!” kata Marcell.

Prinsip pengereman mobil mesin turbo juga sama. Yang perlu Anda cermati adalah jarak berhenti kendaraan yang dipengaruhi kecepatan reaksi manusia (waktu dari mata melihat hingga kaki menginjak pedal rem), reaksi kendaraan (waktu dari pedal rem diinjak hingga komponen rem bekerja) dan momentum (waktu dari komponen bekerja sampai mobil berhenti). Semua hal itu tergantung pada kecepatan mobil dan kondisi jalan.

Jadi, yang harus Anda perhatikan saat mengerem adalah selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain sesuai kecepatan. Sebab semakin cepat maka semakin jauh jarak iringnya. Pastikan untuk selalu memandang jauh ke depan sehingga selalu siap saat harus mengerem.

Secara teknis, sama saja ketika menghadapi jalan menanjak atau menurun. Hanya saja, dalam hal defense driving, saat jalan menanjak perlu diperhatikan kendaraan yang datang dari arah berlawanan di ujung tanjakan. Pastikan tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang mendahului. Ketika menurun, manfaatkan efek engine brake.

Sementara untuk mesin bensin, umumnya reaksi turbo diperoleh pada putaran lebih tinggi dibanding mesin diesel. Oleh karenanya cermati agar Anda tidak kaget. Perlu diingat, untuk transmisi manual Anda memegang penuh kendali pada transmisi. Sedangkan pada transmisi otomatis pelajari dulu karakter perpindahannya.

Demikian adalah tips mengemudikan mobil mesin turbo. Selalu patuhi aturan lalu lintas dan jadilah pengemudi yang santun dalam berkendara.

Source: cara bawa mobil turbo, cara berkendara dengan mesin turbo, cara memakai mobil turbo, cara mengemudi mesin togel, cara mengemudi truk turbo, panduan mobil dg mesin turbo, pengalaman memakai turbo mobil, pengalaman mobil turbo, ragam harga mbl mesin turbo, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply