Home Modifikasi Motor Modifikasi Yamaha NMax, Cara Petinggi Yamaha Upgrade Performa

Modifikasi Yamaha NMax, Cara Petinggi Yamaha Upgrade Performa

0 3074

Modifikasi Skutik Yamaha NMax, Sejak pertama kali kemunculannya, Yamaha NMax berhasil mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Penjualan skuter matik bertubuh bongsor ini juga cukup memuaskan. Bahkan skutik berlambang tiga garputala ini sempat beberapa kali meraih penghargaan.

Meski tampilannya sudah cukup memikat, namun banyak yang melakukan modifikasi agar tampilannya lebih menarik. Tidak hanya mempercantik tampilannya, ada pula pemilik yang mendongkrak performa NMax. Lalu bagaimana jika pemiliknya adalah petinggi Yamaha sendiri? Ubahan apa saja yang dilakukan agar tenaga Yamaha NMax lebih maksimal?

Berikut akan dibahas hasil upgrade Yamaha NMax milik M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dalam sentuhan upgrade ini, Abidin mengungkapkan dirinya ingin tahu potensi motor matic andalan Yamaha. “Iya, saya ingin tahu potensinya saja, saya upgrade menggunakan part racing bukan buat balap lho. Cuma pakai untuk harian dan turing,” ujarnya, sebagaimana dilansir Motorplus.

Upgrade Yamaha NMax milik Abidin ditangani oleh Muktar Yusuf, modifikator dari bengkel yang berada di Depok, Jawa Barat. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mendongkrak performa mesin.

Upgrade Yamaha NMax 2

Skuter matik itu mendapat sentuhan bore Up sehingga meningkat menjadi 180 cc. Dalam hal ini, piston memakai ukuran 63,5 mm lansiran Wiseco asal Amerika dengan diameter pin 15 mm. Jika dibandingkan, ukurannya lebih besar dari standarnya yang hanya mencapai 58 mm.

Agar bisa memuat piston sebesar itu, boring silinder NMax diganti dengan produk aftermarket Westwood dari Inggris yang berukuran lebih besar. Langkah selanjutnya adalah mengganti setang seher asli dengan milik Yamaha Byson. Setang seher milik Byson mempunyai kelebihan untuk mesin yang sudah di bore up.

“Untuk nyari aman saja. Soalnya, pin piston NMAX ukurannya 14 mm. Jadi, saya pakai yang lebih besar punya Byson yang berukuran 15 mm. Pemasangannya sih tinggal bolt on saja. Stroke masih tetap standar 60 mm,” jelas modifikator yang akrab disapa Ute itu.

Sentuhan modifikasi tidak hanya itu aja. Setang seher Byson tersebut dibuat lebih pendek 1 mm. Kepalanya masih dipapas sedikit lantaran piston Wiseco yang dipakai tipe hi dome.

Kem atau noken as Yamaha NMax ini juga tidak luput dari sentuhan ubahan. Ute sedikit mengubah salah satu lobe VVA (Variable Valve Actuation) di bagian kem in. Lobe pertama dibiarkan standar, sementara lobe kedua dipapar 0,5 mm. Alhasil durasinya membuka 29 sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 62 setelah TMB (Titik Mati Bawah). Lalu untuk ex-nya tetap mempertahankan ukuran standar pabrik.

Upgrade Yamaha NMax 3

Kem NMax yang sudah mendapat sentuhan upgrade mendorong naik-turunnya klep merek Kibblewhite dengan ukuran 22,5 mm dan 19,5 mm (in/ex). Perbedaannya cukup jauh bila dibandingkan dengan standar pabrik yang berukuran 19,5 mm dan 17,5 mm (in/ex). Batang klep juga diganti dengan yang lebih besar. Jika standarnya berukuran 4,5 mm, kini ukurannya menjadi 5 mm. Sementara untuk valve seat mengandalkan albronze dan per klep memakai Kibblewhite.

Agar sentuhan modifikasi motor matic ini semakin sempurna, Yamaha NMax milik Abidin memakai peranti piggyback EJK. Modifikator mengatur air flow ratio (AFR) rata-rata yang ditetapkan 13,8:1. Sedangkan injector bertugas untuk menyemprot dengan kapasitas 160 cc per menitnya.

Upgrade Yamaha NMax 4

Sekedar informasi, Yamaha NMax mengusung mesin liquid cooled 4 stroke, SOHC. Mesin single silinder ini memiliki perbandingan kompresi 10,5:1. Sementara diameter x langkah NMax 58 mm x 58,7 mm. Berbekal mesin tersebut NMax dapat menghasilkan tenaga hingga 11,1 kW pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Img source: http://motorplus-online.com

Source: meningkatkan performa nmax, upgrade performa nmax, upgrade performa yamaha nmax, modif mesin nmax, upgrade nmax, ukuran pen piston nmax, ukuran stang seher nmax, piston nmax, piggyback nmax, diameter piston yamaha nmax, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply