Home Modifikasi Motor Upgrade Performa R25, Tenaga Maksimum Tembus 34,25 Dk!

Upgrade Performa R25, Tenaga Maksimum Tembus 34,25 Dk!

0 1617

Upgrade Yamaha R25, Ada beragam referensi jika Anda ingin mendongkrak performa motor. Untuk Anda pemilik Yamaha YZF-R25 dan ingin meningkatkan daya motor, bisa mencoba tips dari Bambang Prihandoko ini.

Bersama dengan YZF-R25 miliknya, pembalap yang akrab disapa Benk-Benk itu berkompetisi di kelas Pro pada Yamaha Sunday Race (YSR). Bahkan ia berhasil meraih podium.

Berbekal sejumlah ubahan, motor sport full fairing berlambang tiga garputala ini dapat menghembuskan daya sebesar 34,25 dk pada putaran mesin 12.000 rpm dengan torsi maksimum 19,89 Nm pada 12.000 rpm. Tenaganya lebih besar dari kondisi standar yang hanya mencapai 27,5 dk.

Proses modifikasi motor ini diserahkan N2N Racing melalui Paulus Haryanto yang merupakan pemilik dan tunner Bikers Spot (BS) di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Apa saja ubahan yang diterapkan pada motor ini? Berikut adalah detail upgrade Yamaha R25.

Porting polish

Upgrade Yamaha YZF-R25 2

Pemilik BS yang akrab disapa Ari itu melakukan porting-polish pada jalur in dan ex saja. Jalur in dan ex dibuat lebih lurus agar flow rate bisa lebih optimal.

Klep

Sentuhan porting polish yang dilakukan sang modifikator rupanya tidak diikuti dengan penggantian bahan klep. YZF-R25 tetap mengandalkan klep dan per standar bawaan pabrik. Pada tahap ini, Ari masih menguji kemampuan maksimal klep bisa bertahan dan tidak mengalami floating. Nantinya bukan tidak mungkin klep motor tersebut turut diganti.

“Saat ini hanya noken as yang saya hitung ulang. Durasi in 234̊ dan ex 232̊, agar power makin beringas dari rpm tengah hingga atas,” ujarnya, dilansir dari Otomotifnet.

Pengapian

Ubahan selanjutnya adalah dengan memapas magnet sekitar 2 mm. Ubahan ini dilakukan agar mesin dapat bekerja ringan di putaran atas. “Estimasi bobot berkurang sekitar 200-300 gram dengan timing variable tertinggi diset 42̊ di rpm 14.500,” jelas Ari.

Upgrade Yamaha YZF-R25 3

Selain itu ia juga mengatur ulang waktu menyemprot bensin dan timing pengapian. ECU bawaan pabrik dipensiunkan dan diganti Daytona dengan air fuel ratio 12,5:1. Berkat perubahan di sektor ini, tenaganya meningkat drastis di putaran 9.000 rpm ke atas.

Filter udara

Ari juga melakukan modifikasi boks air filter. Kini busa filter dihilangkan, sementara throttle body dilengkapi dua velocity stack yang posisinya ada di bagian dalam boks filter. Lalu bagian belakang dibuat berlubang dan dipasang velocity stack. Hal ini dilakukan agar tekanan udara yang masuk lebih fokus dan besar. Throttle body motor ini memakai BRT dengan ukuran 33,9 mm.

Knalpot

Upgrade Yamaha YZF-R25 4

Agar Yamaha YZF-R25 ini sesuai dengan karakter sirkuit Sentul, Bogor yang banyak bermain di rpm atas, dipakailah knalpot WRX spesifikasi khusus yang sengaja dipesan. Saluran pembuangan gas ini terbuat dari bahan material stainless, dengan silincer yang dibuat lebih panjang. Hasilnya, power atas menjadi lebih maksimal.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan upgrade serupa pada motor ini?

Sebagai informasi, Yamaha R25 mengusung mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged Piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya. Mesin ini diklaim tercepat di kelasnya.

Mesin yang didesain kompak itu dipadukan dengan diamond frame. Bagian roda depan mengandalkan suspensi berdiameter inner tube 41 mm, sementara suspensi belakang memakai tipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffleer sebagai pusat gravitasi.

Img source: http://otomotifnet

Source: upgrade performa mt 25, porting polish r25, velocity stack r25, upgrade performance engine r25, ukuran porting r25, tingkatkan performa yamaha r25, Porting r25, cara meningkatkan performa yamaha r25, noken r25, Noken as racing r25, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply