Home Auto News 4 Skuter Vespa dan Piaggio Terbaru Resmi Hadir di Indonesia

4 Skuter Vespa dan Piaggio Terbaru Resmi Hadir di Indonesia

Skuter Vespa dan Piaggio 2016, Empat skuter baru resmi dirilis PT Piaggio Indonesia. Tiga diantaranya adalah versi penyegaran dari model yang sudah ada, yakni Vespa Sprint, Vespa Primavera dan Piaggio Liberty. Sementara satu model lainnya merupakan produk baru, yakni Piaggio Medley.

Dikutip dari Dapurpacu, President Director PI, Marco Noto La Diega menyampaikan, kehadiran empat motor baru Piaggio dan Vespa ini merupakan jawaban perusahaan atas tingginya antusiasme masyarakat pecinta skuter di Tanah Air.

“Indonesia sangat penting bagi kami. Sejak hadir pada 2011 lalu, kami berkomitmen bukan hanya pada penjualan namun juga menciptakan lingkungan yang baik di segmen ini (skuter),” ungkapnya saat acara launching di Jakarta, Rabu (25/05/2016).

Marco melanjutkan, alasan Piaggio Indonesia menghadirkan empat model baru secara bersamaan karena ingin menunjukkan keseriusan berbisnis di Indonesia. Memperkenalkan produk baru dianggap sebagai strategi pemenuhan kebutuhan konsumen.

“Seperti diketahui bersama, Vespa sudah sangat terkenal di Indonesia. Padahal kami juga memiliki Piaggio. Oleh sebab itu, kami memperkenalkan kembali Piaggio yang bisa memenuhi kebutuhan skuter premium di Indonesia,” jelas Marco.

Skuter Baru Vespa dan Piaggio 2016 2

Perlu diketahui, keempat skuter Vespa dan Piaggio terbaru ini sama-sama dilengkapi dengan mesin baru bernama i-Get. Mesin ini merupakan hasil dari filosofi desain Piaggio Group yang selalu menetapkan mutu lebih tinggi sebagai tujuan utamanya. Setiap unsur dalam desain, baik bentuk ataupun ukuran dibuat dengan tujuan mengoptimalkan dan memaksimalkan performa. Sistem tersebut memiliki injeksi elektronik dan tiga katup untuk menjamin eksekusi mesin terbaik sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Masing-masing unsur mesin, mulai knalpot sampai penutup gearbox mempunyai saluran udara baru yang akan memberikan pengalaman berkendara terbaik kepada penggunanya.

Pada dasarnya, mesin tersebut merupakan evolusi terbaru mesin 3V yang sebelumnya dipakai model Sprint dan Primavera lama.

Dengan demikian, Vespa Sprint, Primavera ataupun Liberty terbaru tidak mengandalkan mesin 3V, melainkan sudah memakai mesin i-Get. Dapur pacu ini diklaim lebih halus, minim getaran dan sanggup meningkatkan daya tahan mesin. Lalu apa perbedaan lain antara mesin baru ini dengan mesin 3V?

Perbedaan tersebut terlihat dari sisi luar. Untuk mesin i-Get terdapat tambahan boks udara yang diletakkan di atas CVT yang lebih besar. Bentuk CVT juga tak sama, dibuat menyerupai bentuk berlian, dengan sisi runcing di bagian luar.

Marco mengatakan, pemakaian mesin baru merupakan tuntutan zaman yang mengharuskan motor tidak hanya ramah lingkungan saja namun juga irit bahan bakar. “Jadi sebenarnya itu (I-GET) dari yang lama ke yang baru ada pengembangan. I-GET itu adalah pengembangan untuk teknologi baru karena memang pasar sudah mengiginkan teknologi baru, baik di empat roda maupun dua roda,” ujarnya.

Igor HO Panjaitan, Sales and Dealer Development Director PID mengatakan, mesin baru berteknologi i-Get merupakan inovasi terbaru dari Piaggio Group. Oleh karenanya tidak menutup kemungkinan produk lain Piaggio yang dijual di Indonesia nantinya akan memakai mesin yang sama.

“Untuk ke depannya Piaggio Group akan menyematkannya untuk di line-up produknya dan kami yakin dengan performa maupun efisiensi bahan bakarnya,” jelas Igor.

Berbekal mesin baru, Igor menyarankan untuk memakai bahan bakar dengan kadar research octane number (RON) 92. Sebab, jika di bawah itu akan berdampak pada kinerja mesin tersebut. “Tapi kalau sudah pakai premium ada pengaruh ke mesin. Jadi, minimal pertamax dengan RON 92,” terangnya.

Source: vespa terbaru meluncur, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply