Home Auto News Piaggio Liberty 150 2016 Indonesia, Kini Ada Fitur ABS!

Piaggio Liberty 150 2016 Indonesia, Kini Ada Fitur ABS!

Skuter Piaggio Liberty Terbaru Indonesia, PT Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan empat motor barunya di Indonesia. Salah satu model andalannya adalah Piaggio Liberty 150 ABS. Menariknya model ini berubah total dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

“Bukan sekedar facelift dari versi sebelumnya. Karena desain, sasis, mesin, kaki-kaki dan fiturnya pun baru,” terang Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID, dikutip dari Otomotifnet.

Tidak hanya desainnya yang terlihat lebih stylish, kini Liberty 150 terbaru sudah menggunakan kombinasi ring 16 dan 14 inci. Lebih besar dari sebelumnya yang hanya 15 dan 14 inci. Oleh karenanya perbedaan ukuran bannya sangat terlihat jelas.

Di samping itu skuter asal Italia ini sudah dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan Anti-lock Brake Sytem (ABS). Peranti ini berfungsi untuk mencegah roda selip karena rem terlalu keras hingga terkunci. Dalam kondisi roda selip karena terkunci, motor akan menjadi sangat sulit dikendalikan.

Walaupn sudah mengadopsi sistem ABS, sistem pengereman motor baru Piaggio ini masih memadukan disc brake di bagian depan dan drum brake di belakang. Dengan demikian, sistem ABS hanya bisa disematkan di bagian depan dan tidak dapat dipasang di rem teromol roda belakang.

“Disebutnya ABS 1 channel,”kata Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT PID.

“Tentu karena cuma satu sisi yang pakai ABS,” tambahnya.

Fitur ABS hanya tersedia untuk rem depan lantaran di jalan raya rem depan lebih banyak dipakai dan paling dominan untuk menghentikan laju motor. Bila rem sampai terkunci dan mengakibatkan roda depan selip, pastinya motor akan sulit untuk dikendalikan. Atas dasar itulah sistem ABS disematkan di roda depan.

Yudi menerangkan secara singkat mengenai cara kerja fitur ini. Pada kaliper depan terdapat sensor yang dapat membaca kondisi ketika kaliper menekan piringan cakram terlalu keras hingga roda berhenti berputar.

Ketika hal itu terjadi, kaliper diperintahkan untuk membuka dan menutup secara cepat sehingga roda tidak terkunci dan masih memperoleh traksi yang baik yang diperlukan untuk mengurangi kecepatan secara optimal.

Source: spesifikasi piaggio liberty 150 abs, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply