Home Komparasi Velg Jari-jari Vs Racing, Mana yang Lebih Unggul?

Velg Jari-jari Vs Racing, Mana yang Lebih Unggul?

0 2075

Velg Jari-jari Vs Racing, Sepeda motor terdiri dari beragam komponen. Setiap komponen memiliki tugasnya masing-masing saat motor dikendarai. Dari sekian banyak komponen yang ada, tentu kita tidak asing dengan pelek. Keberadaan pelek sudah tak terpisahkan lagi dari kendaraan roda dua.

Seperti yang diketahui bersama, pelek untuk sepeda motor ada dua jenis, yakni jari-jari dan casting wheel atau yang lebih akrab disebut pelek palang. Setiap pelek tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas dari dua jenis pelek ini, mana yang lebih unggul?

Walaupun pelek palang tampak lebih kokoh, namun jika dilihat dari sisi durabilitas pelek jari-jari lebih kuat. Dikutip dari Otomania, Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center mengungkapkan, pelek jari-jari lebih kuat sebab mempunyai sifat yang ebih lentur ketika mereda benturan. Di samping itu pelek jari-jari juga lebih ringan.

“Pelek jari-jari itu dibentuk dalam suatu rangkaian, artinya ada tromol, jari-jari, dan pelek. Kelebihannya memiliki sifat seperti suspensi yang bisa meredam benturan meski skalanya kecil, sedangkan pelek palang itu bentuknya kokoh tapi paten, artinya tidak ada sifat lentur saat menerima benturan,” terang Rangga.

Pelek Palang

Sebagai buktinya Rangga memberikan contoh pelek motor-motor off-road. Jika dilihat hampir tidak ada yang memakai pelek palang. Kendati demikian, kedua pelek tersebut tetap memiliki kekurangan.

Pelek palang punya kelebihan dalam hal minim biaya perawatan. Hanya saja saat mengalami kerusakan seperti pecah sulit untuk dibenarkan. Lain halnya dengan pelek jari-jari yang mengharuskan pemilik motor untuk melakukan penyetelan rutin dan mengganti jeruji jika sudah berkarat.

Demikian ulasan seputar pelek jari-jari dan palang. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat membeli motor baru atau ketika ingin memodifikasi motor kesayangan.

Source: modif supra gtr 150 velg jari jari, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply