Home Motor Penyebab Motor Injeksi Brebet dan Kurang Bertenaga

Penyebab Motor Injeksi Brebet dan Kurang Bertenaga

0 2794

Penyebab Motor Injeksi Brebet, Perkembangan zaman juga memberi pengaruh pada dunia otomotif. Seperti yang diketahui, teknologi kendaraan juga semakin berkembang. Kini kita mengenal sistem pembakaran injeksi yang lebih modern dari karburator. Motor injeksi juga semakin diminati oleh masyarakat Indonesia lantaran irit bahan bakar namun tetap berperforma baik.

Meski begitu bukan berarti motor injeksi tidak memiliki kekurangan. Kadang kala ada konsumen yang mengeluhkan tarikan gas motor injeksi miliknya tidak stabil atau brebet. Hal ini berbuntut pada tenaga yang menjadi loyo. Tarikan mesin yang tidak stabil disebabkan oleh beberapa faktor. Permasalahan ini tentu akan mengurangi kenyamanan selama berkendara. Lalu apa saja penyebab motor injeksi brebet dan kurang bertenaga?

Dikutip dari Welovehonda sebagaimana dikutip laman Viva, kemungkinan pertama adalah jarak renggang busi yang tidak tepat. Pada dasarnya mesin memerlukan busi dengan pengaturan kerenggangan yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk membuat kinerja mesin menjadi baik. Ukuran kerenggangan memengaruhi suhu pengapian busi, yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin.

Memperbesar kerenggangan busi akan menciptakan percikan api yang lebih besar. Hal ini cocok untuk beberapa mesin yang dimodifikasi untuk memaksimalkan efisiensinya.

Sedangkan pemasangan busi yang tidak tepat bisa membuat insulator retak. Lalu pengencangan busi yang terlalu keras dapat menyebabkan ulir patah. Hal itulah yang dapat membuat tarikan gas tidak stabil pada motor injeksi.

Mesin Motor Injeksi

Selain itu, tarikan motor injeksi yang tidak stabil juga dapat disebabkan oleh saringan udara yang tidak berfungsi. Fungsi saringan atau filter udara adalah untuk menyaring supaya udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu. Dengan demikian campuran udara dan BBM akan menjadi lebih sempurna. Jika kondisi filter udara kotor, hal tersebut akan mengakibatkan tarikan gas motor menjadi tidak stabil dan berat.

Selain itu motor juga bisa mati mendadak atau mogok jika filter udara yang kotor tidak segera diganti. Penyebab filter udara kotor adalah lingkungan yang berdebu dan usia pemakaian yang sudah lama.

Penyebab berikutnya adalah setelan klep yang tidak sesuai. Penyebab motor injeksi brebet dan kurang bertenaga diakibatkan oleh setelan klep yang tidak sesuai. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar dipengaruhi oleh penyetelan klep atau valve. Apabila setelan klep terlalu rapat tidak sesuai standar, itu artinya klep cepat membuka dan lebih lama menutup.

Pembukaan yang lebih lama akan membuat gas yang masuk lebih banyak. Jika setelan klep terlalu renggang berarti klep terlambat membuka dan cepat menutup. Jika hal tersebut terjadi pada klep masuk, maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.

Faktor selanjutnya adalah sensor injeksi yang rusak. Perlu diketahui, injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dengan mengubah partikel-partikel bahan bakar menjadi kabut. Tetapi, jika injektor kotor akibat pemakaian bensin yang kurang bagus bisa mempengaruhi kualitas semprotan bensin. Hal inilah yang membuat tarikan gas motor menjadi tidak stabil.

Penyebab terakhir adalah putaran stasioner mesin kurang dari standar. Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan akan berakibat buruk pada motor injeksi, terutama pada tarikan gas motor. Jika putaran stasioner terlalu rendah dapat menyebabkan tarikan gas motor tidak stabil.

Setelan putaran stasioner kurang dari standar bisa menjadi penyebab utama tarikan gas motor tidak stabil. Untuk hal ini, pemilik harus membawa motor injeksi ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut.

Source: beat injeksi brebet, honda beat injeksi brebet, honda beat injeksi brebet putaran bawah, tarikan motor injeksi berat, penyebab motor injeksi brebet saat digas, masalah motor injeksi brebet, motor injeksi brebet, cara mengatasi motor injeksi brebet, beat fi brebet, penyebab motor matic injeksi brebet, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply