Home Honda Modifikasi Honda CBR250, Tampil Ala Cafe Bobber Style

Modifikasi Honda CBR250, Tampil Ala Cafe Bobber Style

0 2436

Modifikasi Motor Sport Honda CBR250, Hingga saat ini dunia modifikasi masih ramai digandrungi oleh banyak orang. Tidak hanya di luar negeri saja, builder di Tanah Air juga tak kalah kreatif dalam menghasilkan karya modifikasi. Bahkan kualitasnya juga patut diacungi jempol. Beberapa karya ini bisa dilihat di kontes modifikasi.

Salah satunya adalah modifikasi motor Honda CBR250 karya House of Paint N Restoration yang dipamerkan di hadapan publik melalui ajang Suryanation Motorland 2016. Motor ini rupanya menjadi patokan bagi para modifikator dalam menerapkan sentuhan upgrade pada tunggangan kesayangannya. Lalu apa saja yang dirombak oleh builder asal Bandung itu?

Proses restorasi berawal dari pemotongan frame yang dilanjutkan dengan melakukan custom ulang bodi, seperti tangki dan jok. Bodi disesuaikan dengan konsep Cafe Bobber Style. Selain itu suspensi monoshock juga diganti dengan double shock, lantaran motor tersebut memakai injeksi ABS maka terdapat banyak sensor.

“Dari sensor itulah kemudian saya rampingkan kabelnya, dari double disc jadi drumbrack,” kata Umar, modifikator Hous of Paint ‘N’ Restoration, sebagaimana dikutip Otosia.

Lantas seberapa lama waktu pengerjaan dan berapa uang yang dihabiskan untuk mewujudkan konsep seperti ini?

Modifikasi Honda CBR250 Cafe Bobber 2

Umar mengatakan, proses pengerjaan modifikasi Honda CBR250 tersebut membutuhkan waktu selama 3 bulan. Sementara dana yang dikeluarkan untuk memperoleh ubahan tersebut mencapai Rp 35 jutaan.

Tampilan motor sport berlambang sayap mengepak ini tampak memikat dengan sentuhan cat bernuansa racer yang dikerjakan dengan rapi. Mulai dari epoxi hingga finishing Umar mengandalkan produk Siken. Ia mengungkapkan, pengecaran tersebut bukan perkara yang sulit bagi House of Paint ‘N’ Restoration.

“Untuk motifnya saya menggunakan ferigetliv, kemudian ada teknik khusus yang memerlukan kesabaran sehingga terlihat ciamik,” ujarnya.

Sektor mesin juga tidak luput dari sentuhan modifikasi. Di bagian ini sang builder menyematkan sun blasting. Umar melakukan ubahan di bagian mesin lantaran akselerasi standar pabrikan dinilai belum mampu mendongkrak tenaga CBR.

Udara yang keluar melalui header (knalpot) rakitannya menjadi lebih sempurna dengan dukungan air filter lansiran D-advance Universal Clamp on. Dengan demikian suara Honda CBR250 Cafe Bobber ini menjadi terdengar gahar.

Umar juga tidak mengabaikan aspek kenyamanan dalam berkendara dari motor modifikasi ini. Ditujukan untuk tunggangan harian, motor sport ini membutuhkan keseimbangan untuk berakselerasi. Oleh karenanya Umar memasang suspensi berlabel YSS yang dikombinasikan dengan lengan ayun custom dan tromol SR400.

Agar tampilannya semakin serasi dengan konsep yang diusung, sektor kaki-kaki turut dirombak. Pelek standar diganti dengan pelek TK yang dibalut dengan ban Swallow Classic 4.50-18, 70S untuk bagian depan dan belakang.

Hasil modifikasi motor Honda ini rupanya sukses memikat banyak biker dan buider di Bandung. Umar berharap, motor ini bisa menjadi inspirasi positif bagi para modifikator roda dua di Bandung.

“Saya berharap, lewat ajang Suryanation Motorland ini akan membangkitkan gairah seni para modifikator se-Tanah Air,” jelasnya.

Data spesifikasi modifikasi Honda CBR250:

  • Builder : House of Paint N Restoration
  • Custom Style : Cafe Bobber
  • Owner: Bernard
  • Motor: Honda CBR 250 (KT 5941 EV)
  • Bodi : Tangki kustom, jok kustom
  • Kaki-kaki : Ban Swallow Classic 4.50-18, 70S depan-belakang, shock YSS, arm custom, knalpot kustom, tromol SR400
  • Engine : Sun blasting, air filter D-advance universal clamp on

Img Source: http://otosia.com

Source: cbr250rr modif, cbr 250 modif bobber, modif cbr250rr, cbr 250 abs modifikasi cafe racer, Cbr 250 modif, cbr modif bobber, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply