Home Mobil 8 Modifikasi Mobil yang Membahayakan Pengguna

8 Modifikasi Mobil yang Membahayakan Pengguna

0 1570

Modifikasi Mobil yang Berbahaya, Tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi pada mobil miliknya. Biasanya hal ini dilakukan karena sang pemilik sudah bosan dengan tampilan standar kendaraannya.

Memodifikasi mobil memang tidak ada aturan khusus, sehingga sang pemilik bisa melakukannya sesuka hati. Meski demikian harus diingat, bahwa ubahan-ubahan yang dilakukan bisa saja mendatangkan malapetaka bagi pemilik mobil. Oleh karena itu janganlah sembarangan dalam hal modifikasi mobil.

“Memodifikasi mobil erat hubungannya dengan aksesori atau part aftermarket. Sah-sah saja bila digunakan, tapi tetap harus melihat efek negatifnya apa saja, kita berkendara bukan sendirian tapi ada pengguna jalan lain juga, di sini harus ada etikanya,” jelas Logistic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, Arifani Perbowo, dikutip dari Otomania.

Berikut adalah 8 modifikasi mobil yang berbahaya jika digunakan sehari-hari:

Pelek dan Ban

Pelek dan ban merupakan bagian yang kerap diubah oleh pemilik. Hanya dengan penggantian pelek dan ban, mobil bisa tampil lebih menarik. Hanya saja banyak orang yang memaksakan mobilnya untuk memakai pelek dengan dimensi melebihi standar. Bahkan mobil tersebut juga digunakan untuk kegiatan harian.

Perlu diketahui, melakukan ubahan pada kaki-kaki ada batasannya. Jika melebihi batas tentu akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Lebih buruknya, hal itu bisa membuat mobil tidak layak jalan lantaran susah dikendarai hingga performa handling yang hilang.

Sebagai contoh, modifikasi gaya hellaflush atau stance yang lebih mengincar fitmen tampilan kaki-kaki dengan ban dan pelek sedekat mungkin dengan sasis dan fender. Hal ini boleh saja dilakukan jika tujuannya untuk ikut dalam kontes. Namun jika digunakan untuk harian akan sangat berbahaya.

Modifikasi Mobil yang Membahayakan 2

Merendahkan ground clearance

Modifikasi dengan membuat ceper mobil ini juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Sebab modifikasi ini bisa dilakukan anpa mengganti komponen apapun. Pemilik hanya perlu memotong beberapa ulir pada per standar hingga membuat ground clearance turun. Selain tampilan mobil yang menjadi terlihat stylish, modifikasi ini juga berdampak pada daya aerodinamis yang lebih baik.

Hanya saja modifikasi ceper semacam ini tidak cocok jika ditujukan untuk harian. Sebab ground clearance yang rendah akan menyulitkan pengemudi saat bermanuver dan melintasi jalan berlubang. Selain itu pengemudi juga akan kesulitan saat melewati polisi tidur.

Kaca film

Keberadaan kaca film seolah tak terpisahkan pada mobil. Fungsi utamanya adalah untuk meredam sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Selain itu penggunaan kaca film juga bisa mendongkrak tampilan mobil. Hanya saja tidak sedikit orang yang belum paham betul mengenai intensitas kaca film yang baik dan aman digunakan. Kebanyakan pemilik hanya asal pilih agar terlihat lebih gelap.

Kaca film yang epanya dari dalam justru mempengaruhi visibilitas pengemudi saat berkendara di malam hari. Jarak pandang pengemudi menjadi terbatas. Hal tersebut bisa memicu resiko yang membahayakan.

HID

Lampu utama memang bertujuan untuk membantu penglihatan pengemudi saat berkendara di malam hari. Namun lampu ini juga memiliki fungsi lain, yakni untuk membuat tampilan mobil lebih istimewa. Seperti yang diketahui, saat ini banyak dijual lampu jenis High-Intensity Discharge atau HID. Memakai lampu HID memang tidak dilarang, hanya saja pemilik mobil harus memperhatikan aturannya agar aman dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Pemakaian lampu HID harus melihat intensitas sinar yang dikeluarkan. Jika kelvin lampu terlalu besar akan membuat sinar yang dihasilkan semakin terang. Dampak negatifnya adalah bisa mebahayakan pengendara lain. Oleh karena itu pilihlah lampu HID yang tidak besar. Semakin putih sinarnya, akan semakin menyilaukan dan mengganggu.

Audio

Tidak jarang pemilik yang melakukan modifikasi pada sistem audio mobil kesayangannya. Ubahan ini umumnya dilakukan untuk meningkatkan hiburan di sisi interior sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Hanya saja jika pemasangannya dilakukan asal-asalan akan beresiko.

Modifikasi audio dan perangkat elektronik lainnya sangat berkaitan dengan sistem kelistrikan. Jika hal tersebut tidak diimbangi dengan penambahan daya tentu bisa menimbulkan resiko besar. Selain itu bisa juga berpotensi menimbulkan hubungan arus pendek yang membuat korsleting listrik. Sudah banyak kasus mobil terbakar akibat hal ini.

Karpet mobil

Para pemilik biasanya menambah karpet mobil untuk tujuan kenyamanan saat berkendara. Akan tetapi hal ini juga bisa menimbulkan kecelakaan jika pemasangannya tidak dilakukan dengan benar.

Alasannya, penambahan karpet membuat dimensi dek bawah mobil menjadi lebih naik dari biasanya. Jika hal ini tidak diperhatikan dapat mengganggu sistem kerja dari pedal gas dan rem.

Pedal metal

Pemakaian aksesori bernuansa metal memang bisa memunculkan kesan sporty dan menambah daya tarik dari mobil. Hanya saja, perlu diingat bahwa material pedal mempunyai sifat lebih licin dari karet. Pemakaian pedal metal akan berbahaya saat mobil digunakan untuk berkendara jarak jauh. Karena dengan kondisi yang lelah atau konsentrasi yang sedikit menurun akan membuat pengendara tidak sadar bahwa kaki sudah tergelincir dari kontrol pedal gas.

Bumper

Ubahan ini menjadi salah satu ubahan paling praktis untuk mendongkrak tampilan mobil. Pemilik hanya perlu mengganti bumper depan dan belakang bawaan pabrik dengan produk aftermarket. Namun pemasangan aksesori ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

Memasang bumper aftermarket berpotensi menutup alur sensor airbag pada bagian depan mobil. Hal ini akan membuat airbag tidak berfungsi saat terjadi benturan keras di bagian depan. Ujung-ujungnya nyawa pengemudi dan penumpang yang menjadi taruhannya.

Source: modifikasi mobil polisi ceper, Efek motor ceper, mobil polisi ceper, mobil polisi ceper di dunia, mobil polisis xeper, mobil voli ceper, modifpikasi mobil polisi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply