Home Auto News 5 Mobil Hatchback Terlaris 2016 Kuartal Pertama

5 Mobil Hatchback Terlaris 2016 Kuartal Pertama

Hatchback Terlaris 2016 Indonesia, Di Indonesia, mobil hatchback sempat menjadi model banyak begitu laris di pasaran. Mobil berdimensi kecil dengan lima pintu ini memiliki ciri khas mesin berkapasitas kecil yang efisien dan praktis untuk keluarga kecil. Hanya saja saat LMPV diperkenalkan, perlahan model hatchback ditinggalkan. Alasannya harga LMPV dinilai lebih terjangkau, namun juga memiliki mesin yang sama efisien dan ruang kabin yang lebih lapang.

Meski demikian hatchback tidak kehilangan konsumen setianya. Penjualan mobil di segmen ini juga masih cukup tinggi walaupun tidak sebanyak model lain. Sepanjang bulan Januari hingga April 2016 kemarin, penjualan mobil hatchback di Indonesia mencapai 14.481 unit. Angka ini sedikit menurun dari periode yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai 15.870 unit. Lalu model hatchback apa saja yang laris di pasaran? Berikut adalah hatchback terlaris sepanjang kuartal pertama tahun 2016.

Toyota All New Yaris

Hatchback andalan Toyota ini sukses menjadi model terlaris. All New Yaris membukukan penjualan sebesar 6.244 unit selama kuartal pertama tahun ini. Dari total penjualan tersebut, sebanyak 4.530 unit diantaranya merupakan varian TRD Sportivo. Tipe ini merupakan varian tertinggi yang dibanderol dengan harga Rp 258 juta untuk transmisi manual dan Rp 268 juta untuk transmisi otomatis. Menariknya, walaupun harganya lebih mahal dari Honda Jazz RS yang dijual Rp 252-262 jutaan, Toyota Yaris TRD Sportivo tetap laris dibeli oleh masyarakat.

All New Toyota Yaris 2016 Indonesia

Generasi terbaru Yaris ini mendapat perubahan besar-besaran. Tampilannya jauh berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya. Hal ini sepertinya membuat pamor Yaris meningkat.

Jika sebelumnya tampilan Toyota Yaris terkesan membulat dan feminim, pada generasi terbarunya berubah menjadi sporty dan agresif. Tampilan depan mengusung desain keen look khas Toyota yang dihiasi dengan aksen warna berbeda yang melintasi bumper dan grill. Tampilan mobil ini semakin menarik dengan efek atap melayang melalui penyematan kaca di bagian pilar C.

Toyota menawarkan Yaris dalam tiga varian, antara lain E, G dan TRD Sportivo. Semua transmisi ditawarkan dengan transmisi manual atau otomatis. Di sektor pacu, hatchback Toyota ini mengandalkan mesin 1NZ-FE 1.5 liter DOHC VVT-i yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 109 PS. Harga Toyota Yaris berkisar mulai Rp 227,8 juta sampai Rp 268 juta on the road Jakarta.

Honda All New Jazz

Di tahun ini hatchback kebanggaan Honda berada di urutan kedua sebagai model terlaris di segmen hatcback. Sepanjang Januari-April 2016, Honda Jazz terjual sebanyak 6.060 unit. Di Indonesia, hatchback ini terdiri dari tiga varian, yakni A, S dan RS. Sementara harganya berkisar Rp 208 juta sampai Rp 262,5 juta. Seluruh tipe memiliki versi transmisi manual, hanya saja untuk transmisi CVT tersedia untuk tipe R dan RS saja.

All New Honda Jazz 2016 Indonesia

Diantara ketiga varian tersebut, tipe RS CVT menjadi model terlaris. Varian yang dijual dengan harga Rp 262,5 juta ini menyumbang penjualan sebesar 4.203 unit atau 69% dari total penjualan Jazz di kuartal pertama. Di sisi eksterior, Honda Jazz generasi terbaru memang tidak jauh berbeda dari model sebelumnya. Honda lebih fokus pada aspek fiturnya. Sebagai contoh, All New Jazz sudah dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan dan belakang.

Untuk dapur pacunya, mobil ini dipersenjatai mesin L15A berkapasitas 1.5 liter SOHC yang sanggup menyumbang daya sebesar 120 PS. Mesin yang tergolong handal ini dipadukan dengan transmisi CVT yang lebih hemat bahan bakar dari transmisi otomatis konvensional.

Khusus untuk tipe tertinggi, RS, Honda melengkapinya dengan paddle shift untuk mengatur manipulasi gigi yang dibagi dalam 7-percepatan. Hadirnya fitur ini akan membuat sensasi berkendara menjadi lebih sporty. Dari lima hatchback terlaris, hanya Honda Jazz yang mempunyai transmisi itu.

All New Mazda2

Meski merupakan pendatang baru, Mazda2 nyatanya berhasil meraih penghargaan dari sebuah media nasional. Di sisi penjualan mobil ini juga sukses menjadi hatchback terlaris ketiga di Indonesia. Menurut data penjualan yang dirilis GAIKINDO, All New Mazda2 telah terjual sebanyak 1.374 unit sepanjang kuartal pertama tahun ini.

All New Mazda2 2016 Indonesia

Mazda memasarkan model ini dalam tiga varian, yakni V, R dan GT. Dari ketiga tipe tersebut, konsumen banyak yang memilih tipe R A/T. Harga tipe ini di Indonesia mencapai Rp 260 jutaan. Sementara tipe GT yang menjadi tipe tertinggi dipatok Rp 280 jutaan. Harga tersebut memang lebih mahal dari kompetitornya. Namun hal tersebut adalah wajar, sebab Mazda2 yang ada di Tanah Air merupakan produk impor. Berbeda dari Honda Jazz atau Toyota Yaris yang sudah dilokalisir.

Kendati demikian, hatchback Mazda ini tetap bisa menjadi pilihan menarik bagi pecinta hatchback. Mobil ini memiliki tingkat value for money yang baik. Sebab Mazda membekalinya dengan fitur konektivitas MZD Connect pada layar touch screen 7 inci, berikut kontrol multifungsi yang intuitif. Selain itu Mazda2 merupakan satu-satunya di kelasnya yang memiliki head up display sehingga memudahkan pengemudi untuk memantau informasi penting saat sedang berkendara.

Kia All New Rio

Di tempat keempat ada Kia All New Rio yang merupakan pendatang asal Negeri Ginseng, Korea. Sebanyak 337 unit Kia Rio berhasil terjual pada Januari-April 2016. Perolehan tersebut membuat mobil ini berhasil mengalahkan rival yang sudah lama bersaing di segmen hatchback, Suzuki Swift. Di Tanah Air, harga Kia Rio berkisar Rp 198 juta sampai Rp 255,5 juta.

All New Kia Rio 2016 Indonesia

Melihat tampilan luarnya, Rio memiliki desain yang berbeda dari model asal Jepang. Tampaknya hal ini menjadi salah satu faktor pendongkrak penjualan Kia Rio di Indonesia. Selain itu fitur yang dibenamkan juga tak kalah menarik. Salah satunya adalah lampu utama dengan sistem reflektor dan LED positioning lamp yang membuat tampilan mobil ini terlihat modern.

Tidak hanya eksteriornya saja yang menarik, di sisi interior Rio juga menawarkan desain yang cukp mewah dan memikat. Kabin hatchback ini dilabur dengan warna hitam yang elegan. Di samping itu head unit terintegrasi dengan rapi di layout dasbor yang berorientasi pada seluruh penumpang.

Di sisi performa, mesin Kia Rio lebih kecil dari rival lainnya. Mobil ini menggunkan mesin Gamma 1.4 liter berdaya 107 PS. Sementara sistem transmisinya memakai manual 5-percepatan atau otomatis dengan shiftronic.

Suzuki Swift

Suzuki Swift menjadi hatchback terlaris kelima di Indonesia. Walaupun memiliki jaringan penjualan dan servis yang tersebar di seluruh Indonesia, ternyata Swift belum dapat menyaingi Kia Rio. Di kuartal pertama 2016 mobil ini hanya terjual 180 unit saja.

All New Suzuki Swift 2016 Indonesia

Sebenarnya Suzuki Swift menawarkan fitur yang menarik dan tidak kalah saing dengan kompetitornya. Sebagai contoh lampu utama mengandalkan lampu projektor dan sudah dilengkapi fitur auto leveling. Di samping itu terdapat fitur cruise control yang menjadi fitur inovatif di kelasnya. Fitur ini membantu pengemudi untuk menjaga kecepatan konstan dengan menjaga kecepatan di tingkat tertentu. Hanya saja fitur tersebut tersedia untuk tipe GS saja.

Di Indonesia, Suzuki Swift dibanderol mulai Rp 220 juta. Ada pula varian Sporty yang dipatok lebih tinggi, yakni Rp 327,5 juta. Mobil ini mengandalkan mesin yang sama dengan Ertiga, yakni K14B berkapasitas 1.4 liter dengan daya 95 PS.

Source: hatchback terlaris 2016, Berapa total penjualan yaris thn 2016, penjualan suzuki swift 2016, mobil yaris terbaik dikelasnya thn brp, mobil paling value for money, mobil hacsback terlaris saat ini, mobil bekas paling value for money, hatcback terlaria 2016, diagram penjualan mobil jazz dan yaris di indonesia, daftar mobil kecil jazz yaris, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply