Home Mobil City Car 5 Tips Memilih Mobil LCGC Baru, Pertimbangkan Sebelum Membeli

5 Tips Memilih Mobil LCGC Baru, Pertimbangkan Sebelum Membeli

0 1381

Tips Pilih Mobil LCGC, Kehadiran low cost green car (LCGC) di Tanah Air sukses mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari angka penjualan yang relatif tinggi. Meski masih kalah dengan model lain seperti MPV, mobil murah ramah lingkungan bisa menjadi pilihan untuk konsumen yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah mobil baru.

Tidak hanya itu, LCGC juga menjadi pilihan first car buyer. Meski begitu, tidaklah mudah untuk memilih LCGC. Sebab dengan harga yang bersaing, setiap mobil yang terjun di segmen ini juga menawarkan fitur dan desain yang menarik. Hal ini membuat konsumen kebingungan untuk memilih.

Untuk itu, berikut akan diulas tentang lima tips memilih mobil LCGC yang akan mempermudah Anda untuk menemukan model yang ideal dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Desain bodi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih LCGC adalah desainnya. Seperti yang diketahui, model yang ada di kategori ini mengusung konsep city car dengan 4 pintu dan 2 baris bangku. Namun ada pula yang berwujud Low MPV yang memiliki bangku baris ketiga. Dari segi eksterior, tampilannya sama-sama menarik. Tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika Anda menyukai mobil yang kompak dan sporty, Anda bisa memilih Toyota Agya, Ayla, Brio Satya atau Go Panca. Namun jika ingin mobil dengan tampilan ala kei car Anda bisa membeli Karimun Wagon R. Sementara pecinta MPV bisa memilih Datsun Go+ Panca.

Perlu diingat, setiap model memiliki dimensi yang berbeda, terutama dari ketinggian atap dan panjang bodi. Untuk model dengan atap paling tinggi adalah Karimun Wagon R. Sementara LCGC dengan bodi terpanjang diraih oleh Go+ Panca.

Desain eksterior masuk ke dalam daftar penilaian karena setiap orang pasti memiliki pandangan yang tidak sama untuk urusan desain. Oleh karena itu disarankan untuk mempertimbangkan hal ini sebelum berpindah ke poin lainnya. Selain itu pertimbangkan pula warna bodinya sebab hal ini mempengaruhi psikologi desain. Sebagai contoh, warna eksterior yang gelap akan membuat mobil terlihat kecil. Sedangkan warna terang akan membuatnya tampak seperti besar.

Datsun Go+ Panca 2016

Akomodasi kabin

Setelah menentukan desain yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memeriksa dimensi kabin, termasuk volume bagasinya. Mengingat dimensi bodinya yang kompak, maka Anda harus mempertimbangkan kriteria kabin yang cocok dengan kebutuhan Anda. Perlu dicatat, LCGC bukanlah kendaraan multi fungsi layaknya MPV. Oleh karena itu metode saat mencobanya juga berbeda.

Pengujian lebih khusus pada aspek headroom, jarak antara kepala dengan langit-langit dan legroom, ruang gerak kaki saat duduk di bangku baris kedua. Alasan mengapa pengujian hanya terbatas pada bangku kedua karena LCGC tidak memiliki fasilitas pengaturan bangku maju-mundur. Dengan begitu ruang kabin yang ditawarkan sudah permanen, tidak dapat diubah.

Berikutnya perhatikan volume bagasinya. Untuk Anda yang gemar beraktivitas dan membawa barang bawaan dalam jumlah banyak akan membutuhkan bagasi dengan daya tampung yang lebih luas. Hanya saja, karena dimensinya yang terbatas volume bagasi juga menjadi sedikit. Jika Anda butuh bagasi yang lebih luas lagi bisa melipat bangku baris kedua. Namun konsekuensinya kursi baris kedua tidak dapat digunakan oleh penumpang. Di samping itu Anda juga bisa memilih LCGC dengan tiga baris bangku. Dengan begitu Anda bisa melipat baris bangku ketiga untuk menyimpan barang bawaan, dan tetap bisa memuat penumpang di baris kedua.

Untuk hal ini, bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi tanpa mempertimbangkan bagasi, LCGC 2 baris sudah cukup untuk Anda. Sementara jika Anda membutuhkan daya tampung lebih untuk membawa keluarga kecil, LCGC tiga baris bisa menjadi pilihannya.

Performa mesin dan transmisi

Aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah mesin yang digunakan. Secara keseluruhan, model LCGC dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin. Perbedaannya terletak pada kapasitas dan jumlah silindernya. Rata-rata model yang masuk ke dalam kategori tersebut memiliki dapur pacu dengan 3 silinder segaris. Hanya ada satu model yang mengandalkan mesin 4 silinder segaris. Sementara untuk kapasitasnya, 3 model diantaranya memiliki kapasitas mesin 1.0 liter, sementara model lainnya dipersenjatai mesin 1.2 liter.

Setiap mesin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mesin 3 silinder dipilih pabrikan lantaran dikenal efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Di samping itu mesin ini bisa menghasilkan tenaga sejak putaran rpm rendah. Dan yang tak kalah penting adalah biaya perawatan yang terjangkau karena mengusung komponen yang lebih ringkas. Sementara untuk mesin 4 silinder umumnya ditujukan untuk memperoleh tenaga yang besar.

Terdapat dua pilihan transmisi yang ditawarkan oleh pabrikan, yakni manual lima percepatan dan otomatis. Meski sama-sama memiliki transmisi otomatis, ada perbedaan pada metode pengoperasiannya.

Contohnya, Agya dan Ayla menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Sementara Karimun Wagon R AGS mengandalkan transmisi semi otomatis AMT (Automated Manual Transmission) lalu untuk Honda New Brio Satya memakai transmisi CVT (Continuous Variable Transmission). Meski metodenya berbeda, secara garis besar tetap menawarkan kemudahan dan tetap mengusung huruf P, D, N dan R.

Layanan purna jual

Berikutnya pertimbangkan layanan purna jual atau aftersales service. Yang masuk dalam aspek ini adalah perawatan secara berkala, jaringan dealer dan rentang waktu garansi yang diberikan. Perawatan berkala LCGC berbeda satu sama lain. Oleh karena itu pertimbangkan besaran estimasi pengeluaran yang harus dianggarkan untuk menjaga performa mobil. Selain itu salah satu syarat agar garansi mobil tidak hangus adalah dengan melakukan perawatan di bengkel resmi. Oleh karena itu jangan abaikan hal ini jika tidak ingin garansi hangus.

Perlu diketahui, pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) hanya merekomendasikan konsumen untuk melakukan servis di bengkel resmi sehingga keberadaan jaringan dealer menjadi penting. Jika Anda tinggal di kota besar dan terdapat pusat pelayanan maka Anda tidak perlu kerepotan saat hendak servis.

Semenara untuk masa jaminan, biasanya Anda bisa melihat informasi ini di bagian bawah dari tabel spesifikasi brosur. Umumnya produsen memberi garansi selama 3 tahun atau 100.000 tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Selain itu syarat dan ketentuan juga berlaku.

Fasilitas penunjang

Biasanya orang akan memilih varian terendah untuk mendapat mobil dengan harga terjangkau. Namun dalam kasus LCGC, hal itu tampaknya tidak bisa dilakukan. Berstatus sebagai mobil murah, tentu banyak fitur yang harus dihilangkan agar harga jualnya sepadan. Biasanya varian terbawah model LCGC tidak dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti pendingin udara (AC), power steering pada lingkar kemudi, power window pada pintu atau head unit.

Walaupun fitur-fitur tersebut tidak wajib ada pada mobil, namun tidak adanya fasilitas tersebut tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Sebagai contoh, jika mobil tidak dilengkapi dengan air-conditioner maka akan membuat pengguna kepanasan saat berada di dalam kabin.

Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membelinya, lihat dengan cermat spesifikasi pada brosur. Jangan sungkan untuk bertanya kepada tenaga penjual. Pastikan mobil yang akan dipilih memiliki fasilitas penunjang yang memadai sehingga perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan.

Source: memilih mobil lcgc, pilih city car terbaru, pilih city car atau lcgc, biaya perawatan agya, merawat mobil lcgc, tips membeli mobil lcgc, perbedaan mobil LCGC dan MPV, Pilih Ayla terbaru 2017, pilih ayla atau agya, pertimbangan memilih ayla, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply