Home Motor 4 Motor yang Dilengkapi Fitur Mobil, Ini Pilihannya

4 Motor yang Dilengkapi Fitur Mobil, Ini Pilihannya

0 887

Motor dengan Fitur Mobil, Perkembangan teknologi saat ini juga berdampak pada industri otomotif. Para produsen sepeda motor saling berlomba untuk menghadirkan produk unggulan dengan sederet teknologi terkini. Salah satu hal menarik yang bisa kita jumpai di kendaraan roda dua adalah pengaplikasian teknologi mobil. Teknologi yang lazim dijumpai pada mobil juga hadir di sepeda motor. Tujuannya untuk menjamin keselamatan dan keamanan berkendara.

Beberapa teknologi mobil yang ada pada motor adalah immobilizer, kontrol traksi dan kontrol stabilitas. Setiap fitur tersebut mempunyai fungsinya masing-masing.

Teknologi immobilizer berfungsi untuk mencegah mesin motor hidup bila kunci kontak yang digunakan tidak sesuai. Lalu teknologi kontrol traksi merupakan sebuah mekanisme yang membuat ban tetap dapat mencengkeram aspal dengan baik.

Sementara kontrol stabilitas berfungsi untuk meminimalisir pengemudi terjatuh saat menikung dengan kondisi merebah. Fitur tersebut berperan penting untuk menentukan besaran daya pengereman atau bukaan gas yang aman.

Hadirnya tiga teknologi tersebut tentu mempengaruhi harga motor. Motor dengan fitur tersebut akan memiliki harga jual yang lebih mahal. Oleh karena itu belum banyak sepeda motor yang menggunakan tiga fitur tersebut. Lalu motor apa saja yang sudah memiliki teknologi seperti mobil? Berikut adalah 4 motor yang dilengkapi fitur mobil.

BMW S1000RR

BMW S1000RR

Motor premium asal Jerman ini merupakan sepeda motor full fairing. BMW S1000RR pernah mendapat penghargaan sebagai Sport Bike of the Year 2012. Di sektor pacu, motor sport ini mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 silinder segaris. Sementara tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 193 hp dengan torsi puncak 112 Nm.

Menurut situs resminya, BMW S1000RR sudah dibekali fitur Dynamic Traction Control (DTC) sebagai fitur opsional. Selain itu BMW juga melengkapinya dengan fitur automatic stability control.

Suzuki VStrom 1000 ABS 2015 Touring

Suzuki VStrom 1000 ABS 2015 Touring

Motor berikutnya yang sudah mengadopsi fitur sama dengan mobil adalah Suzuki CStrom 1000. Sesuai dengan namanya, motor ini terjun ke dalam segmen adventure. Untuk dapur pacunya mengandalkan mesin berkapasitas 1.037 cc, 4 tak, 2 silinder, DOHC. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6-percepatan.

Suzuki VStrom 1000 ABS 2015 Touring dibekali dengan fitur Suzuki Advanced Immobilizer System (SAIS), kontrol traksi, dan kontrol stabilitas.

Kawasaki Ninja ZX6R

Kawasaki Ninja ZX6R

Selanjutnya ada Ninja ZX6R yang juga dilengkapi teknologi mobil. Motor sport full fairing ini dipersenjatai dengan mesin 636 cc, 4 tak, 4 silinder sejajar dan berpendingin cair. Berbekal mesin tersebut, motor sport Kawasaki ini dapat menorehkan tenaga puncak 129 hp pada putaran mesin 13.500 rpm dengan torsi 71 Nm pada 11.500 rpm.

Ninja ZX6R merupakan sedikit produk Kawasaki yang dilengkapi dengan teknologi balap motor seperti kontrol traksi yang disebut dengan nama Kawasaki Traction Control (KTRC).

Triumph Tiger 800 XRx

Triumph Tiger 800 XRx

Motor terakhir yang mengadopsi fitur mobil adalah Triumph Tiger 800 XRx. Motor dengan genre adventure ini memiliki ciri khas ground clearance yang tinggi. Alhasil Tiger 800 XRx dapat menjelajah segala medan dengan baik. Di sektor performa, motor Triumph ini mengandalkan jantung mekanis berkapasitas 800 cc yang dapat menyalurkan daya hingga sebesar 95 hp dan torsi 79 Nm.

Sementara fitur ala mobil yang tersemat pada model ini adalah Triumph Traction Control (TTC). Dikutip dari laman resmi, Triumph Tiger 800 XRx dijual dengan harga US& 12.700 atau mencapai Rp 172 jutaan.

Demikian adalah empat motor yang dibekali fitur mobil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Source: fungsi immobilizer ninja zx636r, kawasaki zx6r indonesia, motor yg menggunakan traction control, sepeda motor dengan traction control, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply