Home Auto News Suzuki Jimny Terbaru Diusahakan Meluncur Bulan Ini

Suzuki Jimny Terbaru Diusahakan Meluncur Bulan Ini

0 979

Mini-SUV Suzuki Jimny Terbaru, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air sempat mengungkapkan bahwa pihaknya akan menghadirkan mobil baru. Mobil terebut tidak lain dan tidak bukan merupakan model mini-SUV, Suzuki Jimny. Hanya saja hingga saat ini mobil mungil tersebut belum menunjukkan diri. Lantas kapan tanggal pasti Suzuki merilis Jimny? Pasalnya SIS pernah menjanjikan mobil tersebut hadir pada kuartal II tahun ini.

Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT SIS mengatakan, pihaknya masih harus melalui satu proses. Dengan kata lain Suzuki Jimny belum bisa meluncur hingga saat ini.

“Ada satu proses yang harus kami selesaikan. Begitu proses selesai, kami akan launch. Mohon maaf saya enggak bisa share prosesnya,” jelas Davy, sebagaimana dilansir Okezone.

Ia melanjutkan, pihaknya masih terus berupaya supaya mini-SUV tersebut bisa hadir di Indonesia sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Kami masih usahakan di second quarter. Kan masih ada bulan Juni. Persisnya, saya enggak bisa ngomong sekarang. Nanti saya ngomong malah meleset. Masih ada proses yang harus kami bereskan buat Jimny-nya,” ujar Davy.

Suzuki Jimny 2016 Indonesia 2

Pada awal bulan April kemarin, Davy sempat mengungkapkan bahwa harga Suzuki Jimny telah ditentukan. Hanya saja ia tidak dapat mengungkapkan informasi tersebut. “Sudah, harga sudah putus, fixed, OTR (on the road). Tetapi saya masih belum bisa sampaikan di sini,” kata dia saat itu.

Bahkan beberapa dealer Suzuki juga sudah membuka pemesanan untuk mobil ini. Uang tanda jadi yang harus disetor oleh calon konsumen untuk memesan Suzuki Jimny adalah Rp 5 juta.

Di Jepang, mobil bertubuh kecil ini mengandalkan mesin M13A berkapasitas 1.3 liter VVT sebagai sumber tenaganya. Jantung pacu ini dikombinasikan dengan sistem penggerak empat roda (4WD). Dengan mesin ini, Jimny dapat menghasilkan tenaga sebesar 83 hp dengan torsi maksimum 110 Nm.

Sebenarnya mobil ini bukanlah produk baru bagi Suzuki Indonesia. Suzuki Jimny sudah dipasarkan di Tanah Air sejak 1979. Kala itu mobil dengan kode LJ50 itu mengandalkan mesin berkapasitas 550 cc. Lalu kiprahnya di pasar otomotif nasional dilanjutkan Jimny “Jangkrik” LJ80 yang memiliki mesin lebih besar, yakni 800 cc. Setelah itu Suzuki mulai merakit Jimny SJ40. Model ini mengadopsi mesin berkapasitas 1.000 cc. Pabrikan mobil berlambang “S” khas itu memproduksi Jimny SJ40 di pabriknya yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Suzuki Jimny model terbaru mengusung desain eksterior yang minimalis yang berpadu serasi dengan tubuhnya yang mungil. Melihat tampilan depannya, terdapat bumper besar yang disandingkan grille kecil palang enam yang disusun secara vertikal. Lampu depannya didesain bulat sehingga menghadirkan kesan unik. Sementara bagian belakang terdapat lampu berdesain memanjang ke bawah, berikut satu ban cadangan.

Mini-SUV ini menggunakan sasis ladder frame yang sudah dilengkapi dengan suspensi mumpuni, khususnya untuk menaklukkan medan off-road. Sedangkan sektor kaki-kaki mengandalkan pelek alloy berukuran 15 inci. Untuk tipe SZ3 Suzuki mempermanis interiornya dengan jok bercorak baru.

Hal lain yang ditawarkan Jimny adalah panel instrumen yang dilengkapi Tyre Pressure Monitoring System TPMS) untuk memantau dan mengontrol tekanan ban. Di samping itu Suzuki juga membekalinya dengan Gear Shift Indicator (GSI untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang ideal. Fitur standar yang ada pada mobil ini adalah Electronic Stability Control (ESC).

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply