Home Motor Tips Merawat Motor Tua, Jangan Sampai Lalai

Tips Merawat Motor Tua, Jangan Sampai Lalai

0 1100

Tips Perawatan Motor Klasik, Saat ini banyak beredar sepeda motor baru yang memiliki tampilan modern dan stylish. Selain tampilan yang mengikuti tren saat ini, motor tersebut juga mengusung sejumlah fitur yang siap memanjakan penggunanya.

Meskipun motor baru terus berdatangan, keberadaan motor klasik tetap ada hingga sekarang. Masih banyak orang yang menggemari motor ini. Hanya saja, memiliki motor klasik tidak terlepas dari permasalahan. Perawatan motor jadul tidaklah mudah dan bisa berbeda cara merawatnya. Hal ini juga dipengaruhi kondisi motor tersebut. Jika kondisi masih orosinil dan tidak banyak ubahan, maka perawatannya tidak jauh berbeda dengan perawatan motor pada umumnya.

Meski demikian, Dhamar Ginanjar, pemilik Palugama Garage mengungkapkan, untuk melakukan perawatan pemilik harus mempunyai perhatian khusus pada sepeda motor klasik. Hal ini dinilai penting karena untuk menghindari motor mogok saat dikendarai. Lalu apa saja perawatan yang bisa dilakukan sang pemilik? Berikut adalah tips merawat motor tua yang bisa Anda terapkan:

  1. Salah satu ritual yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik motor klasik adalah penggantian pelumas dan servis rutin. Hal ini dilakukan maksimal setiap satu bulan sekali.
  2. Di samping itu, disarankan untuk memakai bahan bakar dengan oktan tinggi. Tujuannya agar kinerja mesin motor bisa lebih maksimal dan tahan lama.
  3. Apabila terjadi kerusakan pada motor tua kesayangan Anda, segera lakukan penggantian spare part. Jangan tunda penggantian tersebut agar kerusakan tidak semakin parah. Selain itu akan lebih baik jika Anda menggunakan spare part asli.
  4. Tips perawatan yang terakhir adalah lakukan pemeriksaan semua perangkat, meliputi rem, kelistrikan, pengapian maupun rantai paling tidak setiap satu minggu sekali.

Demikian adalah beberapa tips perawatan motor klasik. Dengan perawatan secara berkala, motor tua akan tetap prima saat dikendarai.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply