Home Balap Fakta Sirkuit Catalunya MotoGP, Ada Banyak Hal Menarik!

Fakta Sirkuit Catalunya MotoGP, Ada Banyak Hal Menarik!

0 1062

Fakta Sirkuit Catalunya MotoGP, Sirkuit Catalunya yang menjadi tempat diselenggarakannya Grand Prix Spanyol menyimpan cerita tersendiri. Meski menjadi rumah bagi pembalap Spanyol, di sirkuit ini Valentino Rossi berhasil menjadi salah satu pembalap yang dapat mencetak sembilan kemenangan. Sang legendaris MotoGP itu dianggap sebagai pembalap tersukses. Tidak hanya itu, pembalap Italia itu berpeluang besar untuk meraih poin di MotoGP 2016 seri Spanyol sebelum seri balapan paruh pertama terakhir.

Kesempatan tim Movistar Yamaha untuk mencuri kemenangan di seri ini memang besar. Terlebih lagi Jorge Lorenzo memiliki catatan baik selama bertanding di sirkuit Catalunya.

Namun, di balik itu semua ada fakta menarik seputar lintasan yang memiliki panjang 4,727 km ini. Salah satunya adalah jarang ada pembalap yang berhasil merebut pole position sekaligus menjadi juara. Terakhir kali itu terjadi tepatnya pada tahun 2010, saat Lorenzo keluar sebagai pemenang.

Di samping itu tingkat kesulitan di sirkuit ini adalah masalah pengereman. Sirkuit Negeri Matador ini memiliki 13 tikungan, dengan trek lurus sekitar 1 km. Tidak sedikit orang yang menilai bahwa sirkuit ini mirip dengan Mugello. Tikungan pertama bisa menjadi tontonan menarik. Sebab di saat ini pembalap memiliki kesempatan untuk mengubah posisinya.

Berikut adalah Fakta menarik Sirkuit Catalunya MotoGP:

  1. Pada tahun 1992 sirkuit Catalunya menyelenggarakan balapan untuk pertama kalinya. Tahun ini merupakan yang ke-25 secara beruntun di ajang grand prix.
  2. Sejak generasi motor empat tak MotoGP diperkenalkan pada 2002, Yamaha berhasil menjadi tim tersukses di sirkuit ini. Tim berlambang tiga garputala ini meraih delapan kemenangan, sementara Honda empat dan Ducati dua.
  3. Suzuki pernah mencetak kemenangan di sirkuit Catalunya, tepatnya pada 2000 bersama Kenny Roberts. Sejak era otoGP, hasil terbaik Suzuki adalah finis keempat oleh John Hopkins musim 2006 dan 2007.
  4. Hanya tiga sirkuit yang menyelenggarakan grand prix tanpa jeda lebih lama dari Catalunya, yakni Jerez (Spanyol), Mugello (Italia) dan Assen (Belanda).
  5. Terakhir kali Spanyol tidak memiliki pemenang GP Catalunya di tiga kelas terjadi pada tahun 2002.
  6. Ducati meraih podium terakhir kalinya di sirkuit ini pada 2010 melalui Casey Stoner. Saat itu ia berhasil merebut juara ketiga.
  7. Pada musim lalu, Aleix Espargaro berhasi meraih pole position. Ini menjadi pole pertama Suzuki sejak Chris Vermeulen menjadi yang tercepat di kualifikasi GP Belanda musim 2007.
  8. Sebelum 2015, para pembalap Honda berhasil menguasai pole Catalunya selama empat tahun. Hanya saja tidak satu pun pole-sitter tersebut yang berhasil keluar sebagai juara.
  9. Pembalap Yamaha terakhir yang meraih pole di sirkuit ini adalah Jorge Lorenzo pada musim 2010. Sementara Ducati baru sekali start terdepan lewat Stoner pada musim 2008.
  10. Di sirkuit Catalunya hanya dua pembalap Yamaha yang bisa keluar sebagai juara dari pole di kelas MotoGP. Keduanya adalah Valentino Rossi pada 2006 dan Lorenzo pada 2010.
  11. Rossi menjadi pembalap paling gemilang di Catalunya dari semua kelas. Ia memperoleh sembilan kemenangan (1 x 125cc, 2 x 250cc, 1 x 500cc, 5 x MotoGP). Disusul oleh rekan setimnya, Lorenzo dengan lima kemenangan (1 x 250cc, 4 x MotoGP).
  12. Di kelas premier, para pembalap Spanyol yang pernah meraih sembilan kali kemenangan di Catalunya adalah Alex Criville (1995 & 1999), Carlos Checa (1996), Dani Pedrosa (2008), Lorenzo (2010, 2012, 2013 & 2015), dan Marc Marquez (2014).
  13. Dalam sembilan tahun terakhir, selalu ada pembalap Spanyol yang berdiri di atas podium Catalunya.
  14. Dalam dua musim terakhir, pembalap yang menang di sirkuit ini menjadi juara dunia.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply