Home Auto News Penyebab Motor Rossi Keluarkan Asap di MotoGP Italia 2016

Penyebab Motor Rossi Keluarkan Asap di MotoGP Italia 2016

0 1311

Penyebab Motor Rossi Keluarkan Asap, Seri Mugello kemarin tampaknya menjadi pengalaman terburuk bagi Valentino Rossi. Pasalnya Rossi terpaksa gugur di tengah pertandingan lantaran YZR-M1 yang ia kendarai mengalami kendala mesin dan mengeluarkan asap. Hal ini mengharuskan Rossi untuk berhenti untuk balapan. Padahal MotoGP 2016 seri Italia merupakan kesempatan bagi Rossi untuk meraih kemenangan di kampung halaman.

Sebenarnya permasalahan serupa tidak hanya dialami oleh Rossi. Kuda besi yang ditunggangi Jorge Lorenzo juga sempat mengalaminya. Hasil penyelidikan para insinyur Yamaha di Iwata menghasilkan sebuah fakta. YZR-M1 yang dikendarai kedua pembalap Yamaha itu mengalami gejala seize. Maksudnya, beberapa bagian mesin kehilangan pelumas dan komponennya mulai terkikis hingga berhenti bekerja.

Dilaporkan Autoevolution sebagaimana dilansir Liputan6, kendala teknis yang menimpa Rossi saat balapan di Mugello itu terjadi lantaran kesalahan perangkat lunak. Kouji Tsuya, Kepala Proyek Yamaha untuk MotoGP mengungkapkan bahwa kerusakan software menjadi penyebab mesin motor Rossi overrev alias menjerit dan kemudian hancur.

Tsuya mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan ubahan apapun dan spesifikasi software tidak bekerja semestinya. Kendala teknis ini bisa terjadi saat motor melesat dalam kecepatan tinggi di lintasan lurus dan ketika melintasi jalan yang sedikit bergelombang sehingga membuat limiter kecepatan tidak berfungsi dan merusak sumber tenaga.

Beberapa detik sebelum kejadian, pada trek lurus utama sirkuit Mugello ban belakang Rossi berputar di udara sehingga kehilangan grip. Pada momen tersebut rev per menit meningkat. Ban belakang berputar dengan kecepatan 380 km/jam. Padahal kecepatan maksimum yang ditorehkan YZR-M1 sebatas 341 km/jam saja.

“Kegagalan Valentino disebabkan karena suatu insiden overrev saat akselerasi yang membuat motor terguncang saat kecepatan penuh di ujung trek lurus. Masalah ini tidak terkait dengan kesalahan yang dibuat oleh Valentino di tikungan San Donato di putaran sebelumnya,” ujar Tsuya.

“Kami menggunakan mapping yang sama seperti biasa. Kami sekarang telah menarik kedua mesin tersebut dari alokasi untuk balapan di musim ini,” lanjutnya.

Source: motor rossi ban asap, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply